Tidak roboh tanpa dipegangi tidak hanya motor Honda saja yang bisa tapi juga ada sepeda buatan mahasiswa dan Google


Penulis kagum juga saat membaca di iwanbanaran.com tentang motor buatan Honda yang bisa berdiri sendiri tanpa perlu dipegangi. Ini mmebuat penulis tertarik untuk mengetahui sebenarnya bagaimana teknologinya.

Video demonstrasinya sebagai berikut:

 

Disitu terlihat bagaimana motor bisa menyesuaikan posisi dengan melakukan koreksi stir kiri dan kanan.

Kalau melihat demonya, dimana ridernya pakai helm dan merentangkan tangan, rasanya masih jauh dari kemungkinan untuk cengkruk duduk duduk diatas motor tanpa pakai standard tengah, bakalan roboh otornya. Motor mestinya juga tidak bisa bangun sendiri. Teknologi tersebut sepertinya cuma cocok untuk parkir di tempat aman yang nggak dilewati orang atau anak kecil. Dengan teknologi tanpa gyro, maka motor mestinya tidak bisa menahan dorongan dari samping.

Teknologi tersebut juga sepertinya butuh permukaan jalan yang tidak licin dan harus rata. Di permukaan yang lebih licin atau tidak stabil maka perhitungan ECU jadi tidak sesuai. Jadi sepertinya teknologi ini tidak akan mudah diterapkan.

Teknologi BMW yang dikatakan pakai gyro itu videonya adalah sebagai berikut:

 

Penulis cari cari ternyata ada teknologi yang mirip yang dikembangkan pada sepeda motor. Dengan cara yang sama juga yaitu dengan mengkoreksi kemudi.

Penulis nemu 3.
Ada yang orang jepang pakai robot sepeda miniatur:

 

Yang kedua adalah mahasiswa teknik yang memasang teknologinya pada sepeda mini biasa. Yang ini bisanya cuma sedang jalan. Jadi sepeda bisa dikendalikan tanpa pengendara

 

Yang paling canggih adalah yang dibuat oleh Google berikut. Dinamai Google Self-Driving Bike.

 

Canggih banget, sepeda di dorong ke samping nggak roboh. Dari saat posisi tersandar, sepeda bisa bangun dan berjalan menuju pengendara. Bisa menyetir sendiri. Bahkan bisa pakai laptop selama naik sepeda. Ditunjukkan pula bisa membawa bayi keliling sendiri.

Sayangnya itu adalah 1st April fool, sebagai salah satu tradisi lelucon 1 April. Nggak beneran, video pembuatan ditunjukkan sebagai berikut:

 

Tapi konsepnya bagus tuh. Dua contoh video sepeda diatas bisa dipakai sebagai acuan. Prototype roda dua yang tidak roboh walau diterjang dari samping juga sudah ada, seperti contohnya berikut ini, didorong, ditendang, bahkan dilempari ban dari samping nggak roboh:

 

Mungkin itu yang dimaksud oleh Honda sebagai teknologi gyro yang bikin berat. Memang bikin berat, tapi rasanya bakalan lebih aman dijalan. Teknologi dari Honda juga sepertinya tidak didesain biar bisa tahan kalau didorong dari samping. Coba bayangkan saat bro lagi nyombong motor bro bisa berdiri sendiri tanpa dipegangi, lalu tiba tiba ada yang iseng mendorong dari samping terus roboh. Malu deh.

 

Produk yang memanfaatkan teknologi anti roboh sebenarnya sudah banyak. Mungkin banyak yang sudah pernah dengar segway.

 

Di mall juga sedang rame sewa alat semacam berikut:

 

Ada juga yang pakai satu roda macam berikut ini:

&nbsp

Sebenarnya motor yang bisa berdiri sendiri tanpa dipegangi ini sudah pernah penulis dengar. Dengarnya dari bapak mertua saat cerita motor jaman dulu. Motor bisa tidak roboh selama mesin tidak mati. Kalau tidak salah buatan jerman. Motor CC besar. Sayangnya penulis nggak nemu waktu cari. Apa ada bro yang tahu motor apa?

Kalau sepeda motor yang bisa tidak roboh saat berhenti sekarang ini yang populer ya contohnya Yamaha Tricity, atau Piaggio MP3, maklum roda tiga sih.

Iklan

6 thoughts on “Tidak roboh tanpa dipegangi tidak hanya motor Honda saja yang bisa tapi juga ada sepeda buatan mahasiswa dan Google

    • Wah iya, baru tahu. Terima kasih infonya. Ternyata Tricity nggak dilengkapi dengan fitur self balancing. Harus pakai standar samping. Kalau berhenti juga masih harus menjulurkan kaki untuk menahan bodi.

      Kalau di Piaggio MP3 ada fasilitas ngelock sehingga roda kiri dan kanan seimbang. Butuh skill juga untuk ngelock roda di Piaggio MP3:
      Demystifying the Piaggio MP3

      When you stop you can lock the front wheels with a touch of a button. A blinking yellow light becomes a constant yellow informing you that the wheels are now locked and the MP3 will stand up all by itself. As you slow down to stop the blinking light comes on the moment you are traveling slow enough to lock the wheels. With a bit of practice and coordination you can engage the lock without ever putting your feet down.

      For an experienced rider used to balancing at slow speeds and manipulating a variety of controls it’s a pretty simple process. But for a new or inexperienced rider it just gets confusing. Do it wrong and you are sitting there thinking the wheels are locked and they aren’t and down you go. And even if you do have them locked don’t touch the throttle. A little inadvertent twist automatically disengages the lock and if you are moving—down you go. I’ve read about lot’s of new MP3 owners dropping their new machines. My advice–don’t touch the wheel locking button at all until your are completely comfortable riding the MP3 without it.

      Untuk bisa berdiri sendiri harus tekan tombol. Repotnya fungsi lock bisa lepas kalau di gas.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s