Bantahan bro aksan aria terhadap hoax gap mesin modern lebih kecil dan harus pakai oli encer


Berikut adalah bantahan terhadap asumsi bahwa mesin modern itu butuh oli lebih encer. Justru malah jadi sumber penyakit:

teksnya:

@otomotiftrend
Hahah pcx 160 clearance 0.15 = 150 micron. Pasti blm ngukur sndiri. dijamin macet.

Jaman pre 2008 dulu saja supra x, mio, fu, shogun, primus masih 200 micron. jd wajib inreyen. gas ngawur lhsg macet. Ini skrg jaman ini. dapat angka 250 micron sdh langkaaa. yg ada 300-350. bbrp ada yg 380-400 micron. kebanyakan informasi tp ga praktek lgsg.

@adenizzat4362
malah kendaraan jaman sekarang justru makin longgar celah mesinnya pak

@otomotiftrend
@adenizzat4362 benar celah sempit. jalur kecil hanya dongeng. ga ada pabrikan yg bikin oil line dibawah 2 mm. yg ada makin gede semakin kemari. klo pernah bongkar head wrv, crv turbo. jalur oli naik ke head lbh besar dr generasi L15 dan crv sblm2nya. pistonnya saja 420 micron dg liner. seencer apapun oli jika pernah lihat org telat ganti oli ke 12-14 rb shgga timbul oli menggumpal kecil2. 5 mm pun lewat kesulitan.

Blunder toyota di mesin 1sz avanza, rush lama bagian oil jet di metal.. yg jalur oli dibikin besar kemudian dibatasi jet kecil yg lubang 2-3 mm saja srg banyak kasus tersumbat gara2 oli lewat 2-5 rb km.. silahkan itu biar tanya ke bengkel2 mobil. skrg dibuat rata sampai tujuan di mesin nz, nr, zr. apalagi diesel segede gaban. maklum sooth diesel mau seencer apapun oli. gumpalan sooth ttp besar.

@b2015
@otomotiftrend kalau gumpalan sooth besar apakah artinya celah ring piston dengan liner di mesin diesel rata-rata lebih besar daripada di mesin bensin pak?

@otomotiftrend
@b2015 klo liner piston ga strict. sooth nyumbat ke jalur yg terlalu kecil.

karena celah liner tergantung bahan liner dan piston. piston dan liner baja bisa sempit, alumunium yg plg lebar. untuk sooth klo diliner, besarpun klo ga kedorong ke atas atau kebawah balik ke kalter. ga bikin macet.

@otomotiftrend
@kupasotomotif iya sama sama om. jatuhnya stlh reyen +10-20 micron dg sisi yg sdh halus dan klop. jd mesin awet lama. karena klo non inreyen seharusnya pas 250 micron biar pemilik mesin bisa senang karena umur mesin lbh lama. yg msh konsisten dg clearance 250 micron adalah npp dan fukuyama silinder set. sejak dulu smpe skrg.

bahkan di tahun 90an jika ada piston siljnder yg balik dari kolteran dg hasil enteng/ piston jatuh atas bawah dg mudah.. leluconnya masak barang ori kaya npp & fukuyama yg mmg kolteran sdh enteng no inreyen. eeh mlh skrg mbahnya ori yamaha honda ada yg 400 micron. pdhl oli mulai susut di 550 micron piston mulai bunyi di 670 micron. usia mesin yg sgt singkat.

@otomotiftrend
@kupasotomotif sama sama. klo ga lgsg jatuh kisaran kolteran model lama yg mlh presisi. klo skrg jgnkan jatuh mudah. diketuk pistonnya saja sdh bunyi. tp mmg klo ada oli atau ada ring pistonnya ya ga bakal bunyi. tp ya klo paham pasti kecewa.

btw all new beat saja saya dapet km msh 100 dulu. cb saya bongkar saya kebagian 340 micron. pdhl trmsk lbh halus dr all new beat esaf lain. biarpun mmg ada yg lbh halus sdkt.

klo kasar org2 yg beli jika lapor ke beres pasti dijawab. mmg motor irit 1:50 keatas pasti kasar. pdhl teknisnya jika clearance motor baru yg wajar saja. dibawah 280 micron. pastinya sgt halus kaya motor2 baru jaman dulu

@otomotiftrend
@kupasotomotif sama sama om. iya mau irit sbgmanapun klo bensin ga mungkin jauh dari stoichiometric. juara mesin irit tp daya ttp tinggi, reliability ttp bagus macam vw toyota. yg diutik2 desain, dan model pembakaran. intake exhaust. dan girboks supaya loss smkn sedikit, menyatukan alternator dg transmisi, ac jd electric. regenerative energy, turbo. mesin jg ttp halus.

cmn ya sayangnya karena standar euro smkn menuntut mpg tinggi. oli direkom kan smkn encer. pdhl ya ga signifikan. contoh zenyx hybrid. antara 10w40 dan 0w20 jg luar kota msh dapat kisaran 30 kpl. biarpun msh irit w20 1 ke 1.2 kpl. tp yg pake ini pinaltinya 100rb km mana ada yg w20 knalpotnya ga basah oli.

@otomotiftrend
@kupasotomotif masalahnya sprti di crv/raize turbo yg oli pake 0w20.km blm tinggi, knalpot basah oli bkn karena penguapan, tapi disertai turunnya kompresi jika diukur. artinya ring piston/ liner aus.

padahal kasus oli encer bikin mesin ambrol sdh lama terjadi. kaya yg biasa terjadi sdh lama di mesin K nya suzuki, oli dibawah 5w30 = pompa oli ambrol. pdhl km msh 75rb kebawah. Hal ini ga terjadi di yg pake 10w40. karena populasi terbanyak K ada di ertiga. maka ertiga lah yg terkenal di bengkel2 klo pompa olinya pake oli encer gmpg ambrol. bisa om tanya2 dibengkel atau search di medsos/ komunitas pastinya ada dan ga sedikit pemilik yg ngeluh.

@otomotiftrend
@kupasotomotif iya ada anehnya lagi. teman istri saya cewek pake crv prestige turbo 1.5. km 80 rb an. servis rutin ga prnh telat mlh awal dr jadwal. oli w20 dan dealer sarankan per 10rb km. 2x terakir oli berkurang bnyk pas ganti.

terakir kisaran 600 ml di 4000 km an, sampai diajari istri saya cara cek oli krn ganti oli yg lalu di diler dimarahi katanya oli ga prnh dicek. lah..

trus tanya mekanik kenapa oli kok brkrg pdhl dari baru pasti nurut apa kata beres dan manual. jgnkan kunjungi bengkel luar. lampu kabin putus saja ganti diberes.

katanya karena mesin turbo, trus srg dibuat ngebut. cewek saja sdh merasa jawaban ga make sense. karena dulu kakaknya prnh punya charade versi turbo yg ga prnh ada macem2. pdhl jgnkan beres, bengkel, semua di lakukan sendiri ganti oli, filter2 bahkan mesin ga pernah mbuka baut 15 tahun lbh. yg diutak atik hanya nyuci filter kabin dan mesin(udara) secara pengetahuan otomotif jg minim karena ya profesi notaris.

@otomotiftrend
@kupasotomotif iya silahkan dishare. Sekalian biar pada intip crv2 turbo dijalanan yg taun masih sgt muda. 2020 keatas. rata2 knalpot sdh basah oli hitam.

masak kalah sama carry pikup yg sdh 24 tahun ga ada knalpot basah oli. baru ada asap hitam dan pincang tanda busi mati atau karbu kotor. busi diganti, karbu dicuci lgsg asap hilang lagi.

6 respons untuk ‘Bantahan bro aksan aria terhadap hoax gap mesin modern lebih kecil dan harus pakai oli encer

  1. Assalamualaikum Pak..

    Ijin usul ya Pak, bahas mengenai ban tubeless, kalopun udah pernah diulas, mungkin lebih detail lagi karena akhir akhir ini semakin banyak kasus ban benjol (menggelembung/ bulge / bunting) di ban tubeless ring 14 baik di merk lokal maupun internasional, banyak perdebatan antara kualitas vs kondisi jalan vs gaya berkendara. Dan juga kayaknya semakin sulit mendapatkan ban compound keras / hard. Matur nuwun_

    AL

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.