Yamaha bikin gebrakan perkenalkan ECVT di motor matik NMAX, sayang disebut turbo


Yamaha barusan memperkenalkan udpate terbaru dari nmax, Yamaha NMAX NEW NEW, yang disebut dengan NEO atau TURBO:

Fitur andalan utama adalah TURBO:

Penulis asli merasa terlalu dipaksakan menggunakan kata semaxin dan turbo. Tapi kita bahas satu satu.

Tampilan depan yang baru dari NMAX sendiri menurut penulis nggak keren. Keren cuma kalau di foto saja:

Depan makin oversize, belakang makin pipih tapi lebar. Menurut penulis tidak meningkat.

Tapi fiturnya bisa dibilang gila gilaan, seperti harga yang gila gilaan juga
32700 = neo, spedonya biru, belum keyless

33700 = neo s, dengan smartkey dan Y-connect
37750 = turbo, dengan CEVT, masih speedo biru:

43250 = turbo tech max, dengan ABS, TCS, Start stop, sudah TFT

45250 = turbo tech max ultimate, ada windshield besar, performance damper:

Untuk mengendalikan menu dan mode turbo, pakai tombol yang mayoritas ada di bagian kiri. Asli jadi banyak:

ada charger, tapi entah hpnya taruh mana.

Fitur Turbo yang jadi unggulan adalah fitur kendali CVT lewat ECU. Jadi perubahan rasio gigi tidak lagi lewat roller yang membuat rasio makin besar saat rpm makin tinggi, tapi semua dikendalikan ECU:

Dengan begitu tentu bisa macam macam. seperti deskripsi berikut:
https://www.yamaha-motor.co.id/archives/news/product/2024/06/yamaha-luncurkan-nmax-tercanggih-di-dunia-dilengkapi-mesin-berteknologi-turbo/

Selain adanya Riding Mode, dengan menggunakan YECVT NMAX “TURBO” juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift* yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “TURBO” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

Agak membingungkan juga penjelasan soal seberapa kencang fitur turbo ini, karena dari pengukuran jarak, bedanya adalah jarak juga:

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S. NMAX “TURBO” mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter**.

Apa maksudnya di jarak 200 meter motor bisa beda 9 meter? Ngeri kalau beneran tapi entah apa ini dibandingkan dengan nmax new atau old.

Dengan selisih harga sekitar 4 juta, rasanya bakal lebih mantap paket boreup daripada fitur turbo ini. Tapi fitur yecvt merupakan terobosan yang sangat menarik karena motor jadi bisa pindah pindah mode tanpa harus mode kirian.

Di sisi lain, yang mau modif kirian opsinya jadi terbatas karena banyak trik yang jadi nggak bisa diterapkan.

2 respons untuk ‘Yamaha bikin gebrakan perkenalkan ECVT di motor matik NMAX, sayang disebut turbo

  1. mnrt saya sengaja pasang harga segitu tinggi ya karna 5 thn kedepan akan era listrik jd inilah saatnya jual mahal buat motor baru tsb , ini nmax lbh baik mnrt sy drpd beat 2024 yg paksa like vario dan harga nya itu yg terlalu tinggi mnrt sy karna mesin tak berubah, kl ini nmax harga naik tp smua berubah ya wajar harga segitu ini hy pendapat saya makanya sebagai smart buyer lihat dompet dan kemampuan

    Suka

    • atau karena 5 tahun ke depan orang sudah menerima bahwa motor listrik sekelas nmax harganya 80 juta ya.

      Sip iya sih, di beat tenaga makin lemah, bodi makin tipis. semua diturunkan. sementara nmax memang menawarkan hal yang betul betul baru.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.