Perubahan desain lampu depan motor sport fairing dari melotot jadi sipit melebar


Sekarang ini sepertinya motor sport fairing di Indonesia mengedepankan desain lampu depan yang sipit. Seperti sharing barusan yang diduga merupakan spy shoot dari the next R15, dishare oleh bro Maman Ytm. Bisa dilihat di link berikut:
Facebook – Otomania.com
foto-depan-r15

foto-belakang-r15

 

Terlihat bahwa lampu depan Yamaha R15 menjadi lebih sipit. Beda dengan desain lama yang melebar:
lampu-depan-yamaha-r15-lama

Penulis membayangkan lampu depan Yamaha R15 seperti Suzuki Tornado, dengan sedikit mirip Suzuki GSXR-150 ditengahnya:
lampu-depan-suzuki-tornado2

 

Honda dan Suzuki juga sudah mengeluarkan model lampu depan yang sempit juga.
lampu-depan-suzuki-gsxr-150

lampu-depan-honda-cbr250rr-2016

lampu-depan-cbr150r-2016

 

Sebelumnya model lampu CBR itu lebar:
lampu-depan-cbr150-import-thailand

lampu-depan-cbr150-k45

 

Entah untuk Kawasaki model berikutnya bakal seperti apa. Penulis pernah juga membahas mengapa kok pabrikan suka banget bikin lampu lebar:

Ternyata sekarang sudah pada sempit semua. Namun rasanya masih nanggung. Mengapa kok tidak sekalian diperkecil. Lampu dari CB150R, Satria FI dan Xabre kan lumayan bagus juga, mengapa pabrikan tidak pakai itu.
lampu-depan-yamaha-xabre

lampu-depan-satria-fi

lampu-depan-honda-cb150r

 

Untuk desain sepertinya desainer untuk motor Indonesia cenderung mengarah ke lampu depan Ducati, yaitu sebagai berikut.
Panigale
ducati-panigale-959

Supersport, mengingatkan pada CBR250RR
ducati-supersport

Monster
ducati-monster

Diavel
ducati-diavel

Yang XDuavel lumayan juga ada DRLnya.
ducati-xdiavel

 

Atau mungkin mengacu pada desain aprilia yang juga lebar:
RS4 125
aprilia-rs4-125

RS125
aprilia-rs125

Shiver 750
aprilia-shiver-750

Penulis sendiri lebih suka desain lampu depan Cagiva / MV Agusta:
Rivale 800
2012-mv-agusta-rivale-800

F3 800, bayangan bila lampunya pakai punya Xabre, Satria FI atau CB150R.
mv-agusta-f3-800

 

Berbeda dengan di luar negeri dimana pabrikan tidak bisa sembarangan rilis model pakai lampu LED karena ada halangan di soal kesehatan dan glare / silau, pabrikan Indonesia mestinya bisa lebih luwes menyesuaikan model tanpa dibatasi lagi dengan desain yang diperuntukkan untuk lampu halogen. Model bisa dibuat lebih aneh aneh lagi tanpa perlu takut reflector atau kacanya leleh.

Punya Honda sudah lumayan. Yang penulis kurang sreg itu yang punya Suzuki dan Yamaha. Semoga juga Kawasaki pakai model yang lumayan menarik.

Satu respons untuk “Perubahan desain lampu depan motor sport fairing dari melotot jadi sipit melebar

  1. kalo yamaha pengen yg sedikit beda dengan yg beredar, kalo suzuki bingung krn kurang inspirasi, sedangkan kawasaki lebih realistis ke fungsional….

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.