Istri barusan punya ide untuk beli motor matik baru. Ini membuat penulis berpikir kira – kira motor apa yang cocok diberikan untuk istri. Kalau melihat tren, sekarang sepertinya motor Honda Vario 150 sedang jadi perhatian, istri yang sempat melihat bentuknya menjadi tertarik, jadi paling tidak mencoba mencari yang Vario 125 saja lah. Tapi terus terang penulis tidak ingin istri harus mengalami seperti yang mas Taufik rasakan:
Kalau sampai harus jinjit seperti itu kalau pakai tentu berbahaya, apalagi istri nanti harus membawa anak kecil. Sehingga jadinya Vario 150 atau Vario 125 menjadi motor yang berbahaya untuk dipakai keluarga. Vario menjadi tidak bisa dipilih karena alasan keamanan. Istri paham betul kalau motor tersebut terlalu berbahaya.
Istri pingin motor yang pakainya tidak perlu jinjit. Untuk itu penulis mencoba merangkum data tentang ketinggian tempat duduk, sekalian juga data untuk ground clearancenya.
Namun ternyata, spesifikasi yang tertera di website resmi honda tidak ada keterangan tentang tinggi dari tempat duduk, baik di website astramotor maupun website astra-honda, walaupun ada tempat isiannya, datanya dikosongi:
Tidak tahu maksudnya apa. Untungnya kalau untuk Honda Beat esp masih bisa dicari di blogger, seperti contohnya:
Ergonomi Duo Honda Beat ESP dan Beat POP ESP . .. Paling Rendah Di kelasnnya December 15, 2014
Seperti kita ketahui dari spesifikasi resmi Honda beat ESP memiliki ketinggian tempat duduk (seat height) sebesar 740 mm dan Honda Beat POP ESP memiliki ketinggian Tempat duduk setengah cm lebih rendah yakni 735 mm . . . Dibanding Seat height Suzuki Address (755 mm) dan Yamaha Mio M3 125 (750) sekarang Honda beat ESP series menjadi Skutik dengan seat height Paling rendah di kelasnnya.
Jadi jelas data resmi untuk Honda Beat esp ada, yaitu 740mm, namun sepertinya sengaja dihapuskan dari website.
Website Suzuki mencantumkan kedua data tersebut, yaitu:
Suzuki Nex – Jarak Pijak: 135mm, Tinggi Jok: 735mm
Suzuki Address – Jarak Pijak: 120mm, Tinggi Jok: 755mm
Website Yamaha juga mencantumkannya:
Yamaha Mio M3 – JARAK TERENDAH KE TANAH: 135mm, TINGGI TEMPAT DUDUK: 750mm
Yamaha Mio J – JARAK TERENDAH KE TANAH: 130mm, TINGGI TEMPAT DUDUK: 745mm
Yamaha NMAX – JARAK TERENDAH KE TANAH: 135mm, TINGGI TEMPAT DUDUK: 765mm
Yamaha GT125 – JARAK TERENDAH KE TANAH: 135mm, TINGGI TEMPAT DUDUK: 760mm
Yamaha X-Ride – JARAK TERENDAH KE TANAH: 152mm, TINGGI TEMPAT DUDUK: 780mm
Dari pilihan yang tersedia, urutan dari yang tempat duduknya paling rendah adalah:
– Suzuki Nex
– Honda Beat Pop
– Yamaha Mio J
– Yamaha Mio M3
– Suzuki Address
– Honda Vario
Temuan lain yang cukup bikin kaget penulis adalah ground clearance dari Suzuki Adress yang rendah tapi dengan tempat duduk lebih tinggi. Ground clearance lebih rendah dari Vario Techno yang katanya sering mentok polisi tidur. Apakah ini karena untuk pasar Eropa dan Jepang tidak perlu ground clearance tinggi tapi butuh tempat duduk yang tinggi? Sepertinya Address ini didesain dengan mengikuti selera Eropa dan Jepang juga.
Sepertinya nanti pilihan berkisar antara Nex, Beat Pop, Mio J dan Mio M3. Suzuki Address ketinggian tempat duduknya dan ground clearance sepertinya terlalu rendah. Dan kalau Vario 150 melihat dari foto mas Taufik pakai rasanya miris kalau istri harus seperti itu.
mantep rangkumannya
http://macantua.com/2015/03/03/mt09-abs-rilis-di-jepang-indonesia-nunggu-mt25-aja-deh/
SukaSuka
serbu aja langsung lek main diler masing masing cobain satu satu metik yg pas buat tunggangan sang nyonya
SukaSuka
justru bersyukur riset dulu daripada nanti malu di dilernya. kan sales nggak mungkin sungkan kalau motornya ketinggian, pasti bilangnya untuk orangnya yang kurang tinggi.
SukaSuka
betul bro, harus dicobain satu persatu, karena spek di brosur belum tentu sama dengan kenyataan.
kalau vario yang beratnya 109 kg jelas gak cocok untuk perempuan, udah tinggi berat pula, bisa gak kuat nahan motor.
SukaSuka
setuju. harus coba sendiri. dicoba dinaiki dan dorong.
SukaSuka
info jos…..
kalau saya dan istri selama ini memang berusaha datang langsung ke dealer, coba langsung, rasakan langsung…cocok dipinang gak cocok ditinggalkan
SukaDisukai oleh 1 orang
terima kasih, riset perlu untuk ancang – ancang bisa nggak kaget. Tapi untuk pastinya wajib dicoba langsung dan tidak mengandalkan review online saja.
SukaSuka
trus tinggi tampat duduk vario 150 nya berapa ya?
SukaSuka
Mungkin ini bisa menjawab:
http://kobayogas.com/2015/01/17/all-new-vario-150-dan-125-official-test-ride-tenaga-berlimpah-dari-bawah-hingga-medium-range/
SukaSuka
kalo ketinggian jok :
a. cbr all new 2016
b.honda kharisma
brp dong min tolong jawab
thx š
SukaSuka
CBR:
Test Ergonomi All New 2016 Honda CBR150R . . . dibandingkan dengan New CB150R, Old CBR150R dan Yamaha R15 February 16, 2016
Seat height kharisma nggak nemu
SukaSuka
mungkin anda bisa melihat daftar harga honda di sini http://mrharga.xyz/297/daftar-harga-motor-honda/
SukaSuka
Pak kalo BICARA pelumas. Mana tingkatkan yg paling baik. Castrol magnetec?,shell helix astra? Oli honda mobil? ,Meditran sx, fastron gold? ,… .atw ada pilihan lain,
SukaSuka
Yang murah dan kualitas lumayan adalah fastron. Kalau yang mahal ada mobil 1 dan amsoil.
SukaSuka
Pilih fastron gold ? Castrol magnetec? Helix astra?
SukaSuka
PIlih Fastron gold. lebih murah dan kualitas lebih bagus dari magnatec dan helix astra. Sebanding castrol edge / shell helix ultra.
Magnatec dan helix astra itu sebandingnya dengan fastron techno.
SukaSuka