Yang penting bukan soal penjualan Sonic kalah sama Satria FI ataupun MX King, tapi mengapa Sonic kok bisa kalah sama Supra X dan Revo


Beberapa hari ini banyak bro yang membahas meledaknya data AISI untuk distribusi kendaran Suzuki Satria. Banyak yang memberitakan bagaimana rilis Suzuki Satria injeksi menghancurkan penjualan Honda Sonic. Contohnya berikut ini:
Satria F150 Lawas Salip Penjualan Sonic 150R, Honda hanya berhasil menjual 2.687 unit, sementara Suzuki 2.981 unit.
Kehadiran Suzuki Satria FU 150 Injeksi Bikin Honda Sonic Mendem Di Februari.., Posted on 12/03/2016
Suzuki Satria F Injeksi Berhasil Tumbangkan Honda Sonic 150R, By Hurry – Mar 11, 2016

Banyak yang berasumsi bahwa peningkatan ini terjadi karena keunggulan dari Suzuki dibidang tenaga. Namun penulis tidak setuju. Walau penulis termasuk penggemar Suzuki, namun penulis melihat penurunan angka Honda terjadi bukan karena rilisnya Suzuki Satria injeksi namun karena di Hondanya sendiri. Karena angka dari Suzuki Satria sendiri tidak bisa dibilang naik bila dibandingkan dengan Yamaha MX King. Bisa dilihat berikut ini:
Jupiter MX King Kuasai Segmen Bebek Super Bulan Februari 2016 13 Maret 2016
Kira-Kira Data MX King Ini Bikin Ngiler Honda Gak Ya?

Distribusi Sonic, Satria Injeksi dan MX King di Februari 2016:
Sonic 150R = 1.910 unit
Satria Injeksi = 10.065 unit
MX King = 12.075 unit

Di data tersebut perbandingan antara Satria dan MX king tidak jauh berbeda dari data sebelumnya:
Dalam 3 Bulan, Penjualan New Honda Sonic 150R Kalahkan Suzuki Satria F dan Mepet Yamaha Jupiter MX King [ AISI Oktober 2015 ] November 14, 2015
data penjualan2

Terlihat bahwa yang terlihat jauh berbeda adalah data dari Honda. Dibanding yang lain terlihat penjualan Honda Sonic jauh sekali berkurang. Penurunan terlihat jelas bila kita melihat data berikut:
Penjualan Suzuki Satria F Injeksi Langsung Meledak di AISI Februari 2016, Honda Sonic Tenggelam Maret 11, 2016
data penjualan

Penurunan penjualan Satria di bulan Januari bisa jadi karena konsumen menunggu terbitnya Suzuki Satria Injeksi. Namun juga aneh karena data penjualan Honda di Januari juga turun.

Apakah ini yang menyebabkan banyak bro membandingkan Satria dengan Sonic? karena bila melihat data tersebut, peminat Sonic berpindah menjadi peminat Satria. Untuk MX King sepertinya tidak terpengaruh keduanya.

Mari kita coba bandingkan rencana penjualan dari masing masing pabrikan. Yang menunjukkan perkiraan seberapa laku motor berdasarkan perkiraan pabrikan untuk produksi:
TPT Suzuki Satria FU Injeksi selesai . . . Confirm 147 cc, Diproduksi 39.380 unit untuk tahap pertama, December 2, 2015

TPT Yamaha Jupiter MX-King 150 Selesai . . . YIMM siap Produksi 154.600 Unit Untuk Tahap Pertama, December 18, 2014

Rencana Awal Mass Pro Honda Sonic 150R dimulai Hari Jumat ini, 10 Juli 2015

 

Yang lebih aneh lagi adalah karena ternyata data penjualan dari motor Bebek Honda yang lain jauh lebih tinggi daripada Honda Sonic.
Sepuluh motor terlaris di bulan Februari 2016 11 Maret 2016

1. Honda BeAT Series 185.817 unit;
2. Honda Vario Series 83.619 unit;
3. Yamaha Mio Series 45.489 unit;
4. Honda Scoopy 41.599 unit;
5. Yamaha V-Ixion 21.139 unit;
6. Honda Revo 15.324 unit;
7. Yamaha NMAX 13.999 unit;
8. Yamaha MX King 12.075 unit;
9. Honda Supra X 10.335 unit;
10. Honda CB150R Street Fire 10.148 unit.

Terlihat bahwa penjualan Honda Sonic kalah jauh dengan penjualan Honda Revo dan Honda Supra X. Jadi jelas konsumen masih suka motor bebek Honda, tapi nggak suka dengan Honda Sonic. Revo sebagai motor bebek yang tenaganya paling lemah justru paling laris. Harga dari Honda Sonic juga sebenarnya juga tidak jauh beda dari Honda Vario, tapi penjualan jauh banget bedanya.

Terus terang ini mengingatkan penulis akan Honda CS-1. Dulu banyak yang menyalahkan bentuk CS1 yang terlalu unik. Namun melihat yang terjadi pada Honda Sonic, bisa jadi konsumen kurang begitu suka dengan Honda bebek super. Apakah ini yang menghambat rilis dari bebek Honda 150cc yang bodinya mirip Vario?

21 thoughts on “Yang penting bukan soal penjualan Sonic kalah sama Satria FI ataupun MX King, tapi mengapa Sonic kok bisa kalah sama Supra X dan Revo

  1. Sonic nya banyak keluhan kank.. Sedikit demi sedikit bobrok nya mulai terbongkor.. Di grup sonic jga banyak yg ngeluh… Msh wajar klo keluhanya bukan di area engine lha mosok mtr blm umur 1thn dah banyak keluhan?
    Jdi calon consumen yg melek inet mengurun kan niat boyong sonic.. Stok dealer msh banyak distribusi tersendat kan ga mungkin dealer di kirim unit trs klo di dealer stok msh banyak.. Mumet tho sales nya

    Suka

  2. Sebenarnya ada bagusnya Honda keluarkan Sonic dan NCB..karena klu tidak begitu Satria dan Vixion hanya main di warna dan striping doank

    Suka

  3. Apakah ini yang menghambat rilis dari bebek Honda 150cc yang bodinya mirip Vario?
    – – –
    Hah, siapa? Sonic?
    Kyknya ga ada miripnya sama sekali dengan Vario.

    Yg pasti sih pasar ayago konsumennya lebih mudah pindah merek. Karena sektor mesin menjadi salah satu prioritas paling tinggi. Apa lagi dengan isu yg menerpa sekarang.

    Suka

  4. Di kepala konsumen saat ini bebek Honda cuma mentok SupraX125. Mereka gak tahu kalo dulu Honda punya Sonic. Bebek super yg mereka tahu cuma SatriaFU (ayago) dan MX(kini jadi MXKing). Sonic harus bangun brand dari awal (akibat terlalu lama rilis). Tambahan mesin DOHC150 Honda gak powerfull. Malah kini banyak masalah pula !!! (Maklum produk kejar tayang… ) Kondisi ini bikin jualan Sonic ancur2an !!!

    Suka

  5. sonicnya oversquare pula, nggak overbore, udah gitu banyak masalahnya, yang bikin ane ngeri ini mesin ke new cbr juga, niat mau minang, mungkin wait and see 1 tahun kedepan masih banyak masalah nggak, masa iiya beli motor baru langsung bermasalah di mesin

    Suka

    • Iya, dari mesin yang sudah lama saja sering ada cerita motor tiba tiba tidak bisa dinyalakan. Di tengah jalan nggak bisa jalan, di lampu merah mesin mati tidak mau menyala, dll. Mending lihat lihat dulu pengalaman yang lain.

      perlu baca baca di grupnya sebelum memutuskan.

      Suka

    • New supra fit ane th 2006 saja belum turun mesin,cuman skir klep doang sama ganti rantai kamrat.sanggup 76 kpl cuman ganti karburator kit nya 20 rb.lumayan buat ngejar motor matik umur 3 tahunan yg penyakitan…

      Suka

    • Logo Sayap berusaha mewarnai pasar bebek sport maupun sport 150 cc, melawan kompetitor utama seperti yamaha, suzuki dll, sebagai perusahaan besar profit oriented, terbukti ahm secara global masih menguasai share market diatas 50% penjualan nasional tiap tahunnya, meski di kelas ini rapor penjualan dibawah target mereka, terlepas dari kualitas produk sepeda motor secara utuh tiap unit sebelum di kirim ke dealer pasti sudah melewati serangkaian test dan quality control, kalau produk cacat bisa sampai ke customer berati ada yang tidak benar dengan qc nya. Menyikapi berita simpang siur soal buruknya kualitas mesin honda yg terpasang di sonic dan all cb seris sepertinya tidak di anggap persoalan serius oleh ahm karena pasar bebek sport dan sport 150cc di indonesia hanya prosentase yang kecil dibandingkan dengan dengan total keuntungan yg honda raih. Menurut gw sie, honda belum serius 100% hanya ikut meramaikan saja sebagai test pasar atas type bebek sport seperti sonic mau di lanjutkan atau stop..sebelum meluncurkan hsx150 dan blade 150 head to head yamaha mx king, Bukan suatu yang sulit bagi honda menciptakan mesin yang lbh kencang, lbh irit dan lebih murah seperti kemauan orang indonesia, tapi kl mesin biasa aja bisa laku dijual mahal kenapa harus bikin yang luar biasa, hehehe… Motif ekonomi pengejar profit…

      Suka

      • Perlu diakui, Honda hebat di desain, lihat saja mogenya. dapat pujian dimana mana. Tapi penyelesaian akhirnya yang kurang, di pembuatan produknya. Seandainya Honda bisa membuat motor murahnya lebih awet dan kualitasnya bagus, maka pangsa pasar bisa meningkat tajam.

        Kelemahan bukan cuma bug tapi ada yang memang sudah diikhlaskan begitu sama pabriknya. Seperti contohnya soal suara, sudah kuatlitas bahan rendah, konsumen disuruh pakai oli jelek pula. Semua orang mengalami itu.

        Saya nggak yakin AHM mampu bikin produk murah karena sepertinya organisasinya yang besar dan komplek. Untuk kualitas dan performa yang sama, maka produk AHM lebih mahal. Kalau harganya sama, berarti ada yang dikorbankan, dan AHM memilih mengorbankan kualitas. Saking tidak efisiennya pabriknya, harga lebih mahal juga kualitasnya jelek.

        Mengapa saya sebut AHM karena kalau Honda thailand harganya setara dengan motor lain tapi kualitas jauh lebih bagus dari Honda Indonesia. Kalau kualitasnya bagus dan awet, Sonic bisa jadi sesuatu yang bisa disarankan. Kalau tidak, maka sebaiknya jangan dipakai motor andalan.

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s