mcnews memberitakan bahwa motor trail dual purpose Suzuki DR200S 2017 sudah masuk secara resmi di Australia.
Suzuki’s DR200S coming to Australia in 2017
Powered by a 199cc single-cylinder air-cooled four-stroke engine, with just the right amount of torque and horsepower to power your ride, the DR200S offers efficient fuel economy of 44.9km/L.
Lumayan irit juga untuk motor kelas 200cc. Mungkin karena pakai pakai sistem SOHC 2 valve sehingga bisa irit. Dari sisi tenaga juga sepertinya ok, menurut motorcyclespecs.co.za tenaga dari Suzuki DR200S mencapai 15,5 kw (20 hp) di 8500 rpm, dry weight 113kg. Sebuah spesifikasi yang lumayan untuk motor trail. Performa motor ini bisa dibilang lebih unggul motor Suzuki GSX-S150 yang DOHC, yang tenaganya dibilang 14,1 kw di 11000 rpm dengan dry weight 127kg.
Pantas rasanya motor ini dipergunakan untuk mengganti motor Kawasaki KLX 150.
Suzuki Suplai Motor Trail Baru buat Polisi Indonesia
Ratusan Suzuki DR 200 S terlihat dipakir rapi di salah satu gudang Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Pulo Gadung, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2016). Rupanya, model ini pesanan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai pengganti Kawasaki KLX 150.
Dari sisi performa memang jauh lebih unggul dari Kawasaki KLX 150 yang punya tenaga 8,6 kw di 8000 rpm, dengan berat 116kg. Mungkin pak polisinya sudah beneran riset cari yang performanya lebih baik.
Dari sisi harga bikesales.com.au menyebutkan sebagai berikut:
Suzuki DR200S 2017 lebih mahal 16 persen daripada Kawasaki KLX 150BF 2017. Mungkin kalau di Indonesia harga Suzuki DR200S bisa sekitar 35 jutaan. Mestinya lebih cocok daripada harus beli Honda CRF 250 Rally yang 60 jutaan.
Lampu belakang dan depan sepertinya masih belum LED:
Spedo juga analog:
Knalpot tidak lewat bawah tapi melewati ruang mesin:
Rem depan cakram, terlihat ada kawat spedo:
Video dan suara:
Berikut spesifikasi yang ada horsepowernya, versi 2014. Karena spesifikasi mesin masih sama, penulis anggap bisa mewakili yang versi 2017:
www.motorcyclespecs.co.za Suzuki DR200S 2014
Engine | Four stroke, single cylinder, OHC, 2 valves per cylinder. |
Capacity | 198.5 cc / 12.1 cu in |
Bore x Stroke | 66 x 58.2 mm |
Compression Ratio | 9.4:1 |
Induction | Mikuni BST31 |
Max Power | 15.5 kW / 20 hp @ 8500 rpm |
Max Torque | 18.6 Nm / 1.9 kgf-m / 13.7 lb-ft @ 7000 rpm |
Dry Weight | 113 kg / 249 lbs |
Wet Weight | 126 kg / 278 lbs |
Sementara itu spesifikasi resmi:
2017 DR200S Specifications
Engine | ||
Engine | 199cc, 4-stroke, air-cooled, SOHC | |
Bore x Stroke | 66.0 mm x 58.2 mm (2.60 in x 2.29 in) | |
Compression Ratio | 9.4 : 1 | |
Fuel System | MIKUNI BST31SS, single | |
Starter | Electric | |
Lubrication | Wet sump | |
Drive Train | ||
Transmission | Wet multi-plate | |
Transmission | 5-speed constant mesh | |
Final Drive | Chain, DID525V9, 110 links | |
Chassis | ||
Suspension Front | Telescopic, coil spring, oil damped | |
Suspension Rear | Link type, coil spring, oil damped | |
Brakes Front | Disc brake | |
Brakes Rear | Drum brake | |
Tires Front | 70/100-21 M/C 44P, tube type | |
Tires Rear | 100/90-18 M/C 56P, tube type | |
Fuel Tank Capacity | 13.0 L (3.4 US gallons), 12.0 L (3.2 US gallons) CA model | |
Color | Champion Yellow No. 2 / Solid Black | |
Electrical | ||
Ignition | Electronic ignition (CDI) | |
Spark Plug | NGK DR8EA or DENSO X24ESR-U | |
Headlight | 12V 60/55W | |
Tail Light | 12V 21/5W | |
Dimensions and Curb Weight | ||
Overall Length | 2155 mm (84.8 in) | |
Overall Width | 805 mm (31.7 in) | |
Overall Height | 1140 mm (44.9 in) | |
Wheelbase | 1405 mm (55.3 in) | |
Ground Clearance | 255 mm (10.0 in) | |
Seat Height | 845 mm (33.3 in) | |
Curb Weight | 126 kg (278 lbs) | |
Warranty | ||
Warranty | 12 month unlimited mileage limited warranty. |
Foto foto lain:
Pantas rasanya Suzuki untuk memasukkan motor ini ke Indonesia. Entah kapan.
Dijual utk umum jozz kayanya
SukaSuka
iya
SukaSuka
Wah smoga dijual dsini. Mesin jadul teknologi biasa tapi power to weight ratio nya termasuk istimewa utk ukuran motor kcil dsni.
Material Header knalpot juga OK bgt, bukan pipa cat hitam murahan kya kbyanyakan motor dsni
SukaSuka
Iya.
SukaSuka
Ente mabok kang? Kayak gitu mo jadi mass pro untuk konsumen yang 80% udah kena cuci otak? Ya sama saja menurunkan harga diri Suzuki sendiri lah.
Filosofi Suzuki juga bukan all-rounder.
Suzuki punya pencintanya sendiri.
SukaSuka
mau banget kalo dijual di indo, 200cc ga bohong… kayaknya harga bisa 30 an deh, tau sendiri kawak ngasih harga semena2
SukaSuka
iya
SukaSuka
DR200S + Maxi Burgmann180 + GSX-R250, suzuki back to the league!
SukaSuka
setuju.
SukaSuka
Ane dukung suzuki masukkan ke indonesia
SukaSuka
sip
SukaSuka
Ciri khas suzuki piringan cakram disebelah kiri
SukaSuka
Motor matik sekarang di kiri juga cakramnya.
SukaSuka
[…] Penulis lupa padahal dulu pernah buat berita soal DR200: Suzuki DR200S performa mengungguli GSX-S150 sudah masuk Australia […]
SukaSuka