Akhir akhir ini rame kabar Suzuki akan kembali ke ajang WSBK. Salah satu contoh beritanya adalah berikut ini:
Suzuki Siap Kembali Ke WorldSBK bersama Tony Elias dan Guintoli Tahun 2018 ?
Yap di Tahun tahun sekarang, Suzuki GSX-R1000 seperti sedang di Ujicobakan di beberapa kejuaraan balap Superbike regional seperti misalnya AMA di USA dan BSB di Inggris . . walaupun sebagai sarana race Riset, Suzuki tidak main main dengan pilihan pebalapnya sob . . . DI Amerika, Tony Elias yang membesut GSX-R1000 dan ahsilnya ia memenangkan 8 dari 12 Kali race disana. di BSB ada sylvain Guintoli . .
Oleh Sebab itu rumor tentang kembalinya Suzuki Ke Ajang WorldSBK pun dikaitkan pula dengan kedua pebalap penuh pengalaman ini . .. Yap Squad Suzuki WorldSBK pun diperkirakan akan diperkuat Tony Elias dan Sylvain Guintoli Musim 2018 yang akan datang menurut GPOne . . .
Penulis penasaran sebenarnya bagaimana performa Suzuki dibanding motor lain di WSBK. Kebetulan ada dua balapan yang lokasinya sama dengan WSBK.
Yang pertama adalah balapan British Superbike di Donington. Hasil bisa di download di link berikut:
British Superbike
Di balapan ini Suzuki tidak juara, lap tercepat Suzuki di race pertama diraih oleh Sylvain Guintoli, 1:30.104, yang gagal finish. Sementara itu lap tercepat balapan diraih pembalap Yamaha Josh Brookes di 1:29.539, diikuti pembalap Kawasaki Leon Haslam di 1:29.551 yang menjadi pemenang lomba. Lap tercepat yang paling lambat 1:32.437, motor Suzuki.
Di race kedua Sylvain Guintoli meraih lap tercepat 1:30.103 dan finish urutan ke 7. Lap tercepat di capai oleh pembalap Kawasaki Leon Haslam di 1:29.085 yang juga jadi pemenang lomba. Lap tercepat yang paling lambat 1:32.255, motor Suzuki.
Menariknya, Suzuki menang di balapan superstock 1000cc:
Catatan waktu di WSBK di Donington rata rata lebih cepat beberapa detik. Hasil balapan bisa di download di link berikut:
World Superbike Result
Di race 1 di donington, lap tercepat diraih oleh pembalap Kawasaki Jonathan Rea di 1’27.655, tapi nggak finish. Pemenang lomba Tom Sykes, pembalap Kawasaki. Lap tercepat paling lambat 1’30.856, motor Kawasaki.
Di race kedua, lap tercepat diraih oleh pembalap Kawasakai Tom Sykes di 1’27.815, finish urutan kedua. Pemenang lomba Jonathan Rea. Lap tercepat paling lambat 1’30.904, motor Kawasaki.
Sementara itu di MotoAmerica lomba di lintasan yang sama terjadi di Mazda raceway Laguna Seca. Hasil bisa dilihat di link berikut:
MotoAmerica Result
Entah mengapa kok disebut sebagai Honda championship padahal di lomba nggak ada motor Hondanya, ya sudahlah. Di race pertama urutan satu dua ditempati Suzuki. Tapi lap tercepat diraih oleh pembalap Yamaha Cameron Beaubier di 1:25.016. Lap tercepat paling lambat 1:31.913, motor Kawasaki.
Di race kedua urutan satu dua juga masih Suzuki. Tapi lap tercepat diraih pembalap Yamaha Josh Herrin di 1:24.701. Lap tercepat paling lambat 1:32.433, motor Kawasaki.
Sementara itu balapan WSBK di Laguna Seca beberapa detik lebih cepat juga. Di race pertama lap tercepat dicapai oleh pembalap Kawasaki Jonathan Rea di 1’23.533, yang finish urutan kedua. Juara adalah pembalap Ducati Chaz Davies dengan lap tercepat 1’23.597. Lap tercepat yang paling lambat 1’26.139, motor Kawasaki
Di race kedua lap tercepat dicapai oleh pembalap Kawasaki Jonathan Rea di 1’23.275, yang finish urutan pertama. Lap tercepat yang paling lambat 1’25.682, motor Kawasaki
Melihat hasil perbandingan diatas, sepertinya Suzuki masih punya kesempatan untuk bisa kompetitif di WSBK. Hasil akan juga ditentukan oleh pembalap dan dukungan sponsor dan pabrikan. Peluang bisa jadi lebih baik dari Honda, yang penulis akan bahas selanjutnya.
Ada kemungkinan tim Suzuki di WSBK akan di dukung pabrikan seperti disebut berikut:
Interview: Suzuki President on turbo-charged revival plans, 30 November 2016
MCN: Will Suzuki return to WSB racing with a factory-backed team?
TS: It is under consideration. First we want to launch the new GSX-R1000 into the market and after we have received customer feedback, we will consider a return to WSB.
GSX joz! Bangkitlah. Bosan itu-itu mulu.
SukaSuka
Suzuki GSXR 1K sudah berhasil dengan mudah menumbangkan Yamaha R1 yg sudah beberapa tahun terakhir cukup mendominasi di Motoamerica, pasti karena track di USA typenya high speed sehingga lebih menguntungkan engine GSXR terbaru yg punya power monster.
SukaSuka
Mungkin juga. Contoh kebetulan adalah sirkuit lambat laguna seca, yang kalau tidak salah cuma bisa memanfaatkan sampai gigi 4 di superbike.
SukaSuka
Itu adalah sebuah keharusan. Tinggal cari rekan elias. 10r vs 1000r? thats what daddy like!
SukaSuka
Secara kasat mata, lap tercepat dianalogikan sebagai motor yang superior dari segi output tenaga, padahal belum tentu demikian. Tenaga yang terlalu besar justru menyulitkan pebalap untuk bermanuver di tikungan (ada kalanya rem tidak sanggup meredam dorongan kelebihan power sehingga ‘nyelonong’ dari racing line, kadang pula saat keluar tikungan malah muncul gejala spin berlebihan, semua itu merugikan secara efektivitas waktu) sementara motor bertenaga inferior namun mempunyai ‘powerband’ merata itu yang paling diuntungkan. Dari beberapa ajang balap yang ada, sepertinya Honda di MotoGP dan Suzuki di AMA SBK mempunyai karakter itu, mereka cenderung lebih smooth sehingga bisa melakukan tusukan2 dalam di setiap model tikungan. Sementara Ducati di motoGP dan Suzuki (lagi) di BSB sepertinya overpowered sehingga sulit mengail kecepatan efektif di tikungan dan mengakibatkan catatan waktunya sulit menjadi pemenang laptime.
SukaSuka
Setuju. Selain akselerasi di jalan lurus, pengendalian tenaga, pengurangan tenaga pakai throttle control sekarang jadi faktor yang penting
SukaDisukai oleh 1 orang