Jupiter Z1 motor realistis, dari “yang lain semakin ketinggalan lagi” menjadi “pengejar impian”


Selama ini motor Yamaha Jupiter Z1 itu dijual dengan slogan yang membuat kita risih.

Bagaimana tidak risih, ini motor tenaganya cuma 7,4 kw. Beda sedikit dengan Yamaha Freego. Tapi lawannya cuma Revo yang nggak jelas fokusnya apa. Dan Smash yang jelas fokus super irit.

Namun rupanya di versi baru yang dirilis di Malaysia, walau motor sudah ditambahi suspensi belakang tabung, slogan menjadi lebih realistis:
2020 Yamaha Lagenda 115Z SRT GP Limited Edition launched at Malaysia Cub Prix – priced at RM5,580

2019 Yamaha Lagenda 115Z GP Edition unveiled – RM5,580

Warna yang dipilih untuk motor unik, pakai model Petronas, dan bukan Monster:

Suspensi sekarang sudah pakai tabung:

Dengan tabung dalam yang murahan bisa dipastikan suspensi ini merek Jepang:

Tapi tentu wajar kalau motor kelas ini pakai suspensi murahan. Harga kalau di rupiahkan di bawah 19 juta rupiah.

Speedometer masih dipertahankan klasik:

Lainnya sepertinya klasik juga.

Nggak yakin versi lokal akan diupdate. Rugi tentunya.

12 respons untuk ‘Jupiter Z1 motor realistis, dari “yang lain semakin ketinggalan lagi” menjadi “pengejar impian”

  1. Era Jupiter Z sudah habis setelah pergantian ke “jupiter z robot” yg suara kenalpotnya begitu “noisy” itu, mulai mesin hingga chassis semuanya ganti total, berharap ingin mengulang kejayaan eranya jupiter z 5TN 110cc tetapi yg ada malah semakin nyungsep semakin masuk kedalam jurang terdalam, ane highlights ada beberapa update yg justru adalah suatu kemunduran yg bikin orang ogah melirik:
    1. Chassis yg tidak selincah dan seluwes jupie z 110cc lawas handlingnya.
    2. Diameter piston mengecil, tapi stroke memanjang, maunya biar irit dan bertorsi namun fakta dilapangan tidak seperti diharapkan (ada kaitan dg no. 3)
    3. Kopling pake model sentrifugal bukan seperti kopling 5TN yg ala motor laki, model sentrifugal tidak cocok buat tugas berat dan bikin lemot akselerasi (lambat bereaksi, delay engagement), yg artinya secara tak sadar menuntut kita buka gas lebih banyak = boros.

    Suka

  2. Ni motor harusnya dikembangin YIMM buat kapasitas 125cc
    terus dimodel ala motor bekril (bebek trail) macam kanzen dulu
    Tapi tangki BBM melar dengan mengarah sedikit tambahan di atas rangka backbone. sehingga kapasitas tangki BBM menjadi minimal 5 liter
    dan tentunya swing arm belakang sedikit memanjang dan suspensi depan pakai punya scorpio (ala ayago)
    Tentu akan jadi penyemangat baru di kelas bebek.
    Apalagi, sudah banyak orang mengubah motor bebek jadi bebek trail.
    Kalau saja banyak pabrikan yang bisa dan mau mencari celah pasar yang diminati masyarakat, tentunya dengan harga 15-17 jutaan saja.

    Suka

  3. Saya pernah punya Jupiter Z lawas, tahun 2004 dan 2006.
    Motor 4 tak terbaik yg pernah di produksi di Indonesia. Mesin super bandel.
    Di produksi terakhir tahun 2009 (harga second masih tinggi).
    Motor bandel jelas sangat merugikan produsen motor, makanya jangan harap bakal di produksi lagi. Wkwkwkwkwk.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.