Selama ini motor Yamaha Jupiter Z1 itu dijual dengan slogan yang membuat kita risih.
Bagaimana tidak risih, ini motor tenaganya cuma 7,4 kw. Beda sedikit dengan Yamaha Freego. Tapi lawannya cuma Revo yang nggak jelas fokusnya apa. Dan Smash yang jelas fokus super irit.
Namun rupanya di versi baru yang dirilis di Malaysia, walau motor sudah ditambahi suspensi belakang tabung, slogan menjadi lebih realistis:
2020 Yamaha Lagenda 115Z SRT GP Limited Edition launched at Malaysia Cub Prix – priced at RM5,580
2019 Yamaha Lagenda 115Z GP Edition unveiled – RM5,580
Warna yang dipilih untuk motor unik, pakai model Petronas, dan bukan Monster:
Suspensi sekarang sudah pakai tabung:
Dengan tabung dalam yang murahan bisa dipastikan suspensi ini merek Jepang:
Tapi tentu wajar kalau motor kelas ini pakai suspensi murahan. Harga kalau di rupiahkan di bawah 19 juta rupiah.
Speedometer masih dipertahankan klasik:
Lainnya sepertinya klasik juga.
Nggak yakin versi lokal akan diupdate. Rugi tentunya.
Era Jupiter Z sudah habis setelah pergantian ke “jupiter z robot” yg suara kenalpotnya begitu “noisy” itu, mulai mesin hingga chassis semuanya ganti total, berharap ingin mengulang kejayaan eranya jupiter z 5TN 110cc tetapi yg ada malah semakin nyungsep semakin masuk kedalam jurang terdalam, ane highlights ada beberapa update yg justru adalah suatu kemunduran yg bikin orang ogah melirik:
1. Chassis yg tidak selincah dan seluwes jupie z 110cc lawas handlingnya.
2. Diameter piston mengecil, tapi stroke memanjang, maunya biar irit dan bertorsi namun fakta dilapangan tidak seperti diharapkan (ada kaitan dg no. 3)
3. Kopling pake model sentrifugal bukan seperti kopling 5TN yg ala motor laki, model sentrifugal tidak cocok buat tugas berat dan bikin lemot akselerasi (lambat bereaksi, delay engagement), yg artinya secara tak sadar menuntut kita buka gas lebih banyak = boros.
SukaSuka
Terima kasih infonya. Iya, yang sekarang sepertinya bukan fokus performa lagi. Padahal dulu Jupiter Z itu motor kencang.
SukaSuka
padahal di brazil dan argentina kllo ga salah masih dijual tuh vega R new yg bermesin 110cc generasi 5TN Jupie Z itu, mesinnya terkenal bandel, irit, dan yg penting bertorsi, tarikannya njengat spontan.
SukaSuka
sip. Brazil memang beda sih pasarnya. Motor larisnya Honda di sana itu bebek 🙂
SukaSuka
Ni motor harusnya dikembangin YIMM buat kapasitas 125cc
terus dimodel ala motor bekril (bebek trail) macam kanzen dulu
Tapi tangki BBM melar dengan mengarah sedikit tambahan di atas rangka backbone. sehingga kapasitas tangki BBM menjadi minimal 5 liter
dan tentunya swing arm belakang sedikit memanjang dan suspensi depan pakai punya scorpio (ala ayago)
Tentu akan jadi penyemangat baru di kelas bebek.
Apalagi, sudah banyak orang mengubah motor bebek jadi bebek trail.
Kalau saja banyak pabrikan yang bisa dan mau mencari celah pasar yang diminati masyarakat, tentunya dengan harga 15-17 jutaan saja.
SukaSuka
Ini maksudnya jadi adiknya MX 150? bisa juga. Tapi yang sekarang orang sudah pilih matik, termasuk kalau untuk “offroad”nya.
SukaSuka
Itu lampu depannya banyak amat ya!
SukaSuka
ha ha, iya.
SukaSuka
Buat saya pribadi saya lebih suka jupiter z burhan 2008 dari mesin dan model body 😁
SukaSuka
sip 🙂
SukaSuka
Saya pernah punya Jupiter Z lawas, tahun 2004 dan 2006.
Motor 4 tak terbaik yg pernah di produksi di Indonesia. Mesin super bandel.
Di produksi terakhir tahun 2009 (harga second masih tinggi).
Motor bandel jelas sangat merugikan produsen motor, makanya jangan harap bakal di produksi lagi. Wkwkwkwkwk.
SukaSuka
sip 🙂
SukaSuka