Oli yang mas bro sarankan apa sudah beneran oli kelas dunia?


Tertarik karena masih ada saja yang menyarankan untuk pakai oli mesin top one, BM-1 dan seterusnya, saya mencoba mencari referensi tentang ke “internasional”-an dari beberapa merek oli. Untuk itu mari kita lihat dulu sebenarnya oli merek apa yang dipakai di dunia internasional.

Kalau menurut amazon.com, oli dengan komentar pengunjung terbaik adalah:
– Royal Purple
– Mobil 1
– Pennzoil
– Valvoline

Kalau di walmart.com oli yang terdaftar adalah:
– Mobil 1
– Valvoline
– Super Tech
– DELO
– Ford Motorcraft
– Pennzoil
– Castrol

Kalau di autozone.com oli yang terdaftar adalah:
– AutoZone (15)
– Castrol (36)
– Chevron (5)
– Coastal (1)
– Havoline (6)
– Kendall (3)
– Mobil (20)
– Motorcraft (5)
– Pennzoil (23)
– Pentosin (5)
– Quaker State (10)
– Royal Purple (16)
– Shell (7)
– Valvoline (51)
– XCEL (3)

Kalau di oreily oli yang terdaftar adalah:
– Castrol (8)
– Havoline (2)
– Mobil (3)
– O’Reilly Oil (9)
– Pennzoil (6)
– Pure Guard (3)
– Quaker State (2)
– Valvoline (10)

oli khusus sepeda motor:
– Bel-Ray (12)
– BikeMaster (3)
– Blendzall (5)
– Castrol (5)
– Klotz (1)
– Lucas Oil (5)
– Maxima (11)
– Mobil 1 (2)
– Motorex (12)
– Motul (12)
– PJ1 (2)
– Red Line (1)
– Repsol Lubricants (9)
– Silkolene (10)
– Torco (9)

Yang di Inggris
– Amsoil(3)
– Castrol(2)
– Fuchs(11)
– Gulf(6)
– Millers(14)
– Motul(9)
– Red Line(17)
– Silkolene

 

Kok nggak ada Top-1 ya? Padahal kalau mencomot tulisan di banner website resmi Top-1, begini katanya:
classic_teaser_640x320
Pure Quality, made in U.S.A., coming early in 2015.

Beritanya juga begini:
TOP 1 IS BETTER

25 August 2014
1. Where is TOP 1 made?

TOP 1 Synthetic Oil is made in U.S.A. was founded by William A. Ryan since 1974 and the Manufacturing Division in Pico Rivera (California) is certified by ISO 9001 international quality standard.
2. What makes TOP 1 better?

The synthetic base oil and special additives formula in TOP 1 products will make engine last longer and better performance.

Setahu saya memang Top-1 itu bahannya dibuat oleh perusahaan di California, Amerika Serikat. Yang jadi pertanyaan, mengapa kok penjual oli di Amerika nggak ada yang jualan Top-1? Kemungkinannya karena yang di Amerika itu cuma bentuk mentahnya, mereka jual aditifnya, sementara oli dasar (base oil) dibeli di Indonesia lalu dicampurkan di pabrik Top-1 di Indonesia. Presiden direkturnya Top-1 adalah orang Indonesia.

 

Kemudian BM-1 yang katanya oli Jerman, saya coba cari contoh di kota Berlin
G.H.Berlin Oil Company
olijerman

Saya coba cari cari, ternyata agak susah cari penjual oli di jerman, nggak tahu bahasanya mungkin. Waktu saya cari dengan kata kunci engine oil BM-1, eh ternyata nemunya di website top-1 yang di taiwan. Filenya adalah sebagai berikut.
JASO Engine Oil Standards Implementation Panel

Di file tersebut disebutkan bahwa produsen dari BM-1 adalah PT. Biru Megah Abadi. Ya pantes nggak nemu, lha wong produsennya di Indonesia. Kalau beneran bisa sampai masuk daftar oli yang dibeli orang jerman maka itu jadi suatu prestasi yang luar biasa.

 

Kesimpulannya, dari hasil searching penulis berpendapat bahwa Top-1 dan BM-1 bukan oli kelas dunia, hitungannya masih oli lokal. Oli yang saya pakai, Valvoline, ada kok di daftar diatas. Jadi mohon maaf bila saya menolak anjuran untuk pakai oli Top-1 ataupun BM-1.

Kalau disuruh memilih produk Indonesia, sebagai cinta dalam negeri, rasanya lebih suka dengan Evalube, karena pakai peneliti orang Indonesia. Tidak seperti BM-1 atau TOP-1 yang pakai / beli teknologi / bahan dari luar.
Evalube Uji Pelumas Motor 6 Ribu Kilometer

WGI merupakan produsen pelumas atau oli Evalube. Sejak tahun 2000 LAPI ITB telah bekerjasama dengan Evalube dalam membantu mengembangkan pelumas Evalube.

31 thoughts on “Oli yang mas bro sarankan apa sudah beneran oli kelas dunia?

    • terima kasih. memang sepertinya banyak yang percaya sama kemasan. Kebanyakan beri saran pakai standar oli, padahal di lapangan walau standarnya sama tapi kok performa beda…

      Suka

        • standard API tidak selalu untuk performa, ada beberapa peningkatan limit yang tujuannya agar lebih ramah lingkungan. Jadi oli standar lebih rendah tetap bisa mengungguli performa oli standar yang lebih tinggi. Penjelasan akan saya coba bahas di artikel berikutnya.

          Suka

          • Kebetulan saya membandingkan hanya antara 2 macam oli yaitu SGO dan Enduro racing. Dulu pake SGO karena gratis, belum sampe 1000km motor rasanya gak enak, tapi setelah ganti Enduro (api nya lebih tinggi) sampe 1500km motor masih enak, belum pernah coba lebih dari 1500km sih. Dan sampe sekarang gak pernah coba pake oli lain, nggak ada anggaran Mas. Oh ya, motor saya satria F.

            Suka

            • terima kasih infonya. kalau dibanding dengan SGO, memang lebih cenderung Enduro sih. Kalau soal harga, murah belum tentu lebih jelek, mahal belum tentu lebih bagus. Namun perlu percobaan (pengorbanan). Untuk dalam negeri pertamina menurut saya lebih baik dari oli asli produsen motor, lebih baik dari oli lokal lain.

              Saya terlanjur suka Valvoline. Sayang sekali langka. Saya beberapa hari yang lalu beli Valvoline 10W40 seharga 40 ribu satu, mestinya lebih murah dari Enduro ya? Yang jual nggak sadar kalau masih punya. Di toko terlihat tinggal beberapa saja dari puluhan merek lain…

              Suka

    • Untuk shell lumayan, untuk motul mungkin perlu yang mahal. Walau oli luar, kalau modelnya yang paling murah bisa saja kalah bagus dengan oli lokal model paling bagus. Tapi ini berlaku hanya untuk pertamina atau evalube. tidak berlaku untuk top one.

      Suka

    • Wah oli kelas tinggi itu. Rasanya selama limit rpm masih standard, cukup pakai oli bagus yang biasa saja.

      Juga kalau motornya motor laki atau moped usahakan mencari yang khusus motor karena ada plat koplingnya. Terlalu licin bisa mengganggu kerja plat kopling. Kalau motor matik plat kopling kan terpisah / tidak ada olinya jadi aman pakai oli licin sekali untuk di mesinnya.

      Suka

  1. nah jadi bisa atau tidak yaa gan kalau sepeda motor matic bore-up’an saya pakai oli royal purple, kalau bisa pakai sae yang berapa ?

    Suka

    • Harga berapa mas? Klo harga dibawah 100rb, bisa dipastikan klo bahan ester nya cuman sangat dikit sekali, bisa di bawah 0,1 % – 1 %. Lain halnya jika harga diatas 200rb, seperti oli motul 7100 yg harganya berkisar 270rb, ane baru percaya klo oli tsb mengandung ester dalam jumlah yg signifikan banyak. Karena ester bahan dasarnya saja memang mahal harganya, blm lagi zat aditif oli, packing botol, dsb.

      Suka

    • perlu dipertimbangkan. harga berapaan ya?

      soal molekul pintar yang disebut oleh pure guard atau castrol, itu istilahnya aditif anti wear dan extreme protection dan friction modifier.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s