Cara setel rantai yang benar adalah bukan di sandarkan tengah, tapi harus dinaiki


Melihat banyak orang yang bertanya – tanya mengapa rantai mereka cepat kendor, penulis jadi teringat pengalaman pribadi. Banyak yang menebak bahwa rantai sepeda motor mereka cepat kendor karena kualitas rantai yang jelek atau karena tenaga motor yang terlalu besar. Penulis memberikan satu alasan lagi, panjang skok yang tidak sesuai dengan posisi ideal rantai. Penyebab utamanya adalah karena posisi engsel lengan ayun suspensi belakang tidak sama dengan posisi poros gir depan.

rantai2

rantai1

Perbedaan dari pusat dari gir depan dan poros engsel lengan ayun menyebabkan jarak antara gir depan dan gir belakang menjadi berbeda di sudut kemiringan lengan ayun yang berbeda. Posisi terjauh terjadi pada saat poros engsel, poros gir depan dan poros gir belakang semuanya segaris. Posisi yang tidak segaris akan membuat jarak antar gir semakin pendek. Perbedaan dari jarak antar gir ini membuat kekencangan dari rantai berubah.

Kekencangan rantai yang ekstrem bisa terjadi dua macam. Yang pertama adalah bila saat di sandar tengah jarak gir berada di kondisi terjauh (poros engsel lengan ayun, gir depan, gir belakang semuanya segaris), sehingga saat dinaiki rantai akan jauh lebih kendor dari saat disetel. Yang kedua adalah bila saat disandar tengah jarak gir berada di kondisi dekat, dan saat dinaiki berada di kondisi terjauh, sehingga saat dinaiki rantai menjadi terlalu kencang yang bisa jadi melebihi dari kekuatan yang bisa ditahan oleh rantai (bukan karena tenaga).

 

Kondisi yang kedua itulah yang sering membuat rantai cepat kendor dan aus. Karena rantai dipaksa untuk bekerja di kerenggangan yang terlalu rapat, maka rantai akan dipaksa bekerja lebih keras. Saat dikendarai juga tidak nyaman karena kekencangan rantai memaksa lengan ayun belakang untuk mulet / melengkung mengikuti kekencangan rantai, sehingga motor serasa terseak seok saat berada di jalan bergelombang. Lengan ayun belakang akan dipaksa melenggok kekiri saat gir dipaksa menjauh, karena kekencangan rantai salah setel.

Ini yang pernah saya alami di Supra Fit X New saya. Sempat saya pikir itu karena kesalahan suspensi. Tapi setelah problem tetap terjadi walau suspensi sudah dikomplinkan dan diganti baru, baru saya sadar bahwa ini kesalahan desain dari Honda.

 

Masalah ini sepertinya juga terjadi pada motor lain yang suspensinya empuk. Seringkali montir di bengkel resmi pun tidak tahu masalah ini. Karena capek bila harus menjelaskan panjang lebar setiap servis, saya lebih memilih untuk selalu berbekal kunci pas untuk setel rantai setiap kali servis di bengkel resmi. Masalah juga bisa terjadi bila rider mengganti skok standard dengan skok modifikasi atau saat merubah ukuran dudukan skok.

Masalah ini umum terjadi namun jarang jadi perhatian, jadi coba bro perhatikan apakah motor bro juga mengalami masalah yang sama.

Bila rantai mas bro sering terlalu kendor atau sering terlalu kencang, coba dirubah cara menyetel rantainya. Menyetel kekencangan rantai saat di sandar tengah jelas adalah cara yang salah. Cara yang benar adalah rantai disetel saat sepeda motor dinaiki.

 

Contoh cara mengencangkan bisa dilihat di blog motogokil:
Gejala Rantai Kendur, Kencangkan Sebelum Merusak Komponen Lain

Untuk posisi center roda, ada baiknya tidak terlalu terpaku pada penunjuk di kunci as, tapi lebih baik juga dipastikan secara visual bahwa roda belakang benar – benar sudah lurus dengan ban depan.

19 respons untuk ‘Cara setel rantai yang benar adalah bukan di sandarkan tengah, tapi harus dinaiki

  1. Standar kekencangan rantai motor yamaha contohnya itu posisi standar tengah trus distel trus jarak bebas ayunan rantai 2-3cm utk motor bebek..saya ngomong gini karna pernah kerja dibagian final inspection YIMM bukan standar ngawur

    Suka

    • terima kasih sharingnya. iya, kalau desain motor bener, maka setelah tanpa standar tengah, jarak main nggak banyak beda. Terutama kalau yang pernya keras. Nggak bakal beda banyak.

      Yang repot yang skoknya empuk dan desain nggak pas, setelan saat standar tengah bisa beda dari saat diberdirikan.

      Suka

  2. Lagi googling eh masuk ke sini ternyata. Saya lagi ribet urusi ban ga center, karena sendiri ya ga bisa setel seenak udel. Aduh gimana ya tipsnya ma admin. Gada standar tengahnya, cuma pake paddock murah yg belum tentu simetris wkwk. Thanks before.

    Suka

    • Iya. kadang jadi dilema kalau antara rantai dan ban nggak sinkron. Saya biasanya meluruskan dari rantainya. Kalau nggak senter, maka rantai di gir belakang akan menyisih ke samping. Saat menyetel, saya buat agar rantai sebisa mungkin tetap di tengah gir. Kalau hasilnya ban jadi miring saya biarkan selama nggak parah. Kalau parah berarti perlu center bodi. Kalau motor Honda sih seringnya miring.

      Kalau tidak bisa standar tengah, bisa pakai di dorong, dan dilihat apakah setelah maju beberapa saat rantai jadi miring ke satu sisi.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.