Merubah lampu LED penerangan ruangan jadi lampu 12V bisa untuk motor


Ini percobaan sederhana. Cocok banget bagi yang ingin pasang lampu LED di motor atau mobil tapi malas beli LED khusus motor yang biasanya harganya mahal. Bisa untuk lampu kolong atau DRL atau rem.

Lampu yang penulis pakai adalah lampu merek Kenmax 3 watt yang kalau tidak salah seharga 5 ribuan. Karena sudah redup maka penulis coba buat eksperimen.
lampu-penerangan-ruangan-kenmax-3-watt

 

Bagian dalam lampu ternyata berisi 6 buah LED. Ada rangkaian kecil yang merubah sumber listrik AC menjadi sumber listrik DC. Sistemnya sepertinya adalah capacitive transformer, menurunkan tegangan memakai pembagi tegangan dengan kapasitor.
board-lampu-penerangan-ruangan

6 buah LED tersebut terhubung dengan posisi seri. Ini bisa dilihat dari penampakan PCB dari belakang. Ini juga penulis pastikan pakai multitester.

board-belakang-lampu-penerangan-ruangan

 

Masing masing LED bisa dinyalakan dengan dua batre 1.5V (total 3V). Oleh karena itu penulis berpikir bisa menyalakan dengan 12V. Pertama semua komponen dilepas dulu, termasuk chip, kapasitor.

Ternyata pakai 12V tidak bisa menyalakan LED tersebut bila masih terhubung seri 6 buah. Oleh karena itu penulis coba dengan jumlah sedikit. Dan ternyata LED benar bisa menyala bila di seri 4.

Hasilnya lumayan terang.

Namun karena yang 2 jadi tidak terpakai maka penulis penasaran dan ingin melihat apakah bisa dinyalakan dengan jumlah lebih sedikit. Dengan di seri 3 maka 3 yang lain juga bisa dinyalakan secara paralel. Namun ternyata bermasalah:

Lampu jadi kadang mati kadang menyala, beberapa juga berkedip. Jadi pemakaian 3 kurang cocok.

Penulis coba juga menyalakan dua di seri, namun satu lampu sampai hangus dan jadi redup. Jadi yang pas adalah di seri 4.

Sesudah berkali kali coba coba, solderan jadi berantakan:
pcb-lampu-led-penerangan-rumah-sesudah-di-modif

Saat diukur arusnya, cuma terpakai 30mA. Ini kecil sekali, 30mA itu 10% dari arus yang terpakai oleh relay. Kalau dihitung maka daya yang terpakai adalah 12V dikali 0.03A = 0.36 watt. Padahal kalau pakai listrik 220V katanya listrik yang dipakai 3 watt.
bacaan-lampu-led-sesudah-pakai-12v-cuma-30ma

 

Kesimpulannya lampu LED penerangan ruangan bisa dimodif untuk bisa dipakai di motor. Cocoknya untuk lampu LED yang 3 watt adalah bila dipakai hanya 4 buah saja.

Hasilnya terang. Lebih terang dari lampunya HP. Hati hati jangan melihat cahayanya karena bisa mengganggu pengelihatan.

Lampu yang berbeda mungkin susunannya berbeda. Tingal disesuaikan. Selamat mencoba.

4 thoughts on “Merubah lampu LED penerangan ruangan jadi lampu 12V bisa untuk motor

  1. dibuat headlamp motor bisa g tu om kira” ? ane ragu soalnya motor ane lampu ambil listrik dari spull jdinya g stabil
    .
    kalo panasnya gmn om ? kira” aman gak nih reflektor am mikanya hhehhehe
    .
    tp btw ni ide menarik buat dicoba😀

    Suka

    • Memang rencana mau dibuat di motor, cuma masih bingung implementasinya. Rencana setiap led mau dilepas lalu disusun di fiting lampu rusak. Bagian kaca bolam dilepas lalu led ditempel ke bagian logamnya pakai lem besi, mungkin bisa didalam atau di luar.

      Kalau listrik tidak stabil maka pancaran jadi tidak konstan, tapi mestinya bisa dibantu tambahi kapasitor.

      Soal panas, rasanya LED bakalan rusak duluan sebelum sempat melelehkan rumahnya. Kalau pancaran sinar rasanya tidak akan bakalan bikin panas reflektor. Karena yang bikin panas itu arus yang lewat ke LEDnya, sementara cahaya LED sendiri tidak bikin panas. Panas itu pertanda arusnya terlalu besar. Di contoh diatas, kalau LEDnya cuma pakai 3 jadi panas tapi akhirnya lampu jadi kedip kedip. Kalau LEDnya 4 lampu nyala konstan dan tidak panas.

      Untuk amannya pemasangan sebaiknya pakai sekring juga.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s