Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor


Ada hal yang menurut penulis mengganggu pemandangan pada foto foto saat touringnya moto Honda CBR250RR di Bali, yang dimuat oleh mas kobayogas di artikel berikut ini:

Yang mengganggu pemandangan itu adalah spakbor belakang.

Entah mengapa pihak pabrikan masih memaksakan model spakbor seperti itu. Dari sisi fungsi melindungi lumpur rasanya juga tidak banyak gunanya. Di jalan basah maka motor yang belakang masih kecipratan, yang menaiki sendiri pun masih kena imbas kotor kalau jalan lebih dari 40km/jam.

cbr250rr-dengan-spakbor-belakang

Air lumpur yang loncat dari roda memang tidak kena badan pengendara secara langsung. Namun akan terlempar ke bodi. Kalau kecepatan loncatan air agak tinggi maka air akan memecah dan menyebar. Bila kendaraan jalan agak kencang maka akan ada angin buritan yang arahnya dari belakang bawah menuju ke depan karena turbulensi. Angin ini akan membawa pecahan air menuju badan pengendara dan hasilnya baju jadi kotor.

Spakbor yang bentuknya seperti itu jelas tidak berguna menahan cipratan air lumpur.

Bodi juga jadi lebih panjang yang bikin parkir lebih ribet kalau tempatnya sempit.

 

Dari sisi keindahan, kalau menurut penulis sih itu jelek. Nggak sip sama sekali.

bila-spakbor-belakang-honda-cbr250rr-tidak-dilepas-iwb

Spakbor macam Honda CBR250RR tidak keren dan tidak melindungi cipratan. Sepertinya fungsinya cuma untuk menahan plat nomer saja dan tempat lampu belok saja.

 

Daripada seperti itu, mengapa lampu dan plat nomornya tidak ditempel ke bodi saja? Rasanya bakal lebih ok penampilannya. Contoh contoh bisa dilihat di artikel berikut:

Kalau masih butuh untuk melindungi dari cipratan air mending pakai slebor atau mud guard saja, seperti yang ada di artikel berikut:

 

Dari sisi penampilan, menurut penulis jauh lebih bagus bila tanpa spakbor. Tampilan jadi seperti berikut ini.

cbr250rr-tanpa-spakbor-belakang-dilepas

bila-spakbor-belakang-honda-cbr250rr-dilepas-iwb

 

Kalau menurut penulis sih tampilan jadi lebih keren.

Akan lebih bagus lagi bila pabrikan menyediakan kit untuk pemindahan plat nomer dan lampu belok ke bodi. Juga kalau perlu kit mudguard yang benar benar menutupi roda.

Update:
Ternyata Honda beneran sudah menyiapkan asesori untuk biar bisa melepas spakbor belakang.
Daftar Harga Accessories Resmi Honda CBR250RR, Hand Guard Cuma Rp, 350ribuan

Eliminator Fender(Spakbor Belakang), Harga Rp 600,000

honda-cbr250-rr-fender-eliminator

honda-cbr250-rr-fender-eliminator-2

4 thoughts on “Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor

  1. motor jaman sekarang memang banyak yang ngejar tampilan “sporty” (apapun itu artinya) dibandingkan fungsionalitas real dilapangan yang sebenarnya nonsense menurut saya, led silau, gak ada behel belakang, motor terlalu nungging, ato pantatnya terlalu pendek macem xabre, spakbor seuprit, kadang saya berpikir, kok motor jaman sekarang makin alay yah

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s