Honda CBR250RR kok tidak pakai fitur Combined ABS?


Saat sedang menulis artikel tentang CBS, penulis baru sadar bahwa ternyata di Honda CBR250RR sama sekali tidak disebut sebut soal Combined ABS, versi combi brake system untuk motor Honda yang pakai ABS. Padahal sebelumnya Combined ABS ini ditawarkan di Honda CBR250R.

Aneh juga karena tidak ada yang membahas ini. Manfaat yang dirasakan karena adanya combined brake ini sepertinya tidak signifikan bila membaca testimoni berikut, malah terkesan negatif :
2013 Optional ABS VS 2014 Deluxe ABS

Stichill: Some CBR250R riders who track their bikes in 250-class racing rely 100% on the front lever only for their braking. They report the ABS model being out-braked by the non-ABS models and the Ninja 250s. It is noteworthy that the current-generations CBR300R with ABS no longer has Combined ABS and the second hose is gone from the front caliper. So Honda has apparently reconsidered their philosophy.

My 2012 CBR250R has Combined ABS. I did occasionally apply some light rear pedal when I felt I was a little hot going into a corner. With C-ABS, this also gave me light pressure on the front brake (after a brief delay that I would say is 0.25 sec).

Dikatakan bahwa para pembalap CBR250R bilang bahwa versi ABS untuk sisi pengeremannya kalah dengan versi non ABS dan ninja 250.

Perilaku combined brake sendiri diceritakan sebagai berikut: Bila saat masuk ke tikungan terlalu cepat menekan rem belakang sedikit, maka rem depan akan juga ikut mengerem setelah sekitar 0,25 detik.

 

Kesan rider juga diceritakan di diskusi berikut ini:
Combined ABS at slow speeds?

billyedtimmy: this Honda is the first ‘combined’ ABS I’ve ridden, so the whole front activation when the rear locks is all new to me.

Anyway, yesterday I was pulling into my driveway and there was a bunch of wet grass on the pavement from mowing the other day, so I decided to slam the rear brake on it just to see how the combined part of the ABS works (I was in 1st gear, thus going pretty slow). Well, the rear definitely locked up, but so did the front, and as a result the front wheel began to turn (as they tend to do when sliding). Naturally, I immediately let off the brake and managed to recover, but the fact that I have 2 (rather than 1, or zero) skids marks in the grass on the driveway is a bit perplexing. Shouldn’t the ABS have kicked in, or do I have to be going a certain speed for that? I know I’ve activated it before (and it worked) at a quick stop in the rain once, but wonder if this wet grass and/or slow speed condition is different or something.

etiainen: I think the manual says that it only turns on above a certain speed.

CBR250R ABS: ABS activates only above 6 MPH. Brake linkage from back to front always activates even at slow speeds. So it is possible that you were below the threshold of ABS activation and locked up both wheels.

r100: The combined function is hydraulic. It has no brain. ABS is electronic. It observes and decides.

Michael: From the Owner’s Manual:
Combined ABS
This motorcycle is equipped with a Combi Brake. Operating the front brake lever applies the front brake. Operating the rear brake pedal applies the rear brake and a portion of the front brake. For full braking effectiveness, use both the lever and pedal simultaneously, as you would with a conventional motorcycle braking system. As with a conventional motorcycle braking system, excessively hard application of the brake controls may cause wheel lock, reducing control of the motorcycle.

This model is also equipped with an Anti- lock Brake System (ABS) designed to help prevent wheel lock up during hard braking on uneven or other poor surfaces while running straight. Although the wheel may not lock up-if you are braking too hard in a turn the motorcycle can still lose traction, causing a loss of control. In some situations, a motorcycle with ABS may require a longer stopping distance to stop on loose or uneven surfaces than an equivalent motorcycle without ABS.

ABS cannot make up for road conditions, bad judgment, or improper operation of the brakes. It is still your responsibility to ride at reasonable speeds for weather, road surface, and traffic conditions, and to leave a margin of safety.

ABS is self-checking and always on. ABS may be activated by riding over a sharp drop or rise in the road level. It is important to follow the tyre recommendations (page 37 ). The ABS computer works by comparing wheel speed. Non-recommended tyres can affect wheel speed and may confuse the ABS computer. ABS does not function at low speeds (approximately 10 km/h (6 mph) or below). ABS does not function if the battery is discharged.

Dikatakan bahwa saat motor dipakai pelan di rumput, setelah rem belakang di tekan ternyata kedua ban terkunci, sehingga di rumput terlihat dua jejak ban. Jadi sistem hidrolisnya melakukan pengereman sekaligus depan dan belakang.

Selain sharing bahwa sistem combi nya berfungsi pada kecepatan berapapun, juga disharing info dari buku manual yang lebih menjelaskan soal ABSnya. Di buku manual disebutkan bahwa:
Motor dilengkapi dengan combi brake. Tuas rem depan akan mengoperasikan rem depan. Pedal rem belakang akan mengoperasikan rem belakang dan sedikit rem depan. Untuk berhenti maksimal, harus menggunakan tuas rem depan dan pedal rem belakang seperti halnya cara pengereman pada umumnya. Seperti halnya sistem konvensional, penggunaan rem yang berlebihan tetap membuat ban terkunci, mengurangi kontrol motor.

Model ini dilengkapi ABS yang membantu mengurangi roda terkunci pada situasi pengereman keras, atau permukaan jalan tidak rata atau jelek saat sedang berjalan lurus. Walau roda tidak terkunci saat mengerem dengan keras, saat ditikungan masih tetap bisa menyebabkan kendaraan lepas traksinya dan menyebabkan lepas kontrol. Pada beberapa situasi, motor dengan ABS akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk berhenti di permukaan jalan tidak rata atau berpasir, daripada motor yang tidak menggunakan ABS.

ABS tidak selalu bisa mengatasi masalah yang disebabkan oleh situasi jalan yang jelek, salah ambil keputusan atau pengoperasian yang salah. Tetap disarankan untuk mengendarai dengan kecepatan aman sesuai cuaca, permukaan jalan dan lalulintas, dengan masih dalam batas aman.

ABS akan selalu aktif dan melakukan pengecekan sendiri otomatis. ABS akan dapat aktif bila melewati jalan yang mendadak naik atau turun. Penting untuk mengikuti rekomendasi ban. Sistem ECU ABS bekerja dengan membandingkan kecepatan roda. Ban selain yang disarankan dapat mempengaruhi pembacaan kecepatan dan membuat ECU bingung. ABS tidak bekerja di kecepatan rendah. 10km/jam atau lebih pelan. ABS tidak berfungsi bila aki mati.

 

Penjelasan tentang cara kerja combined ABS bisa dibaca di link berikut:

 

Prinsip dasar kerja sistem combined ABS adalah mirip dengan sistem CBS di matik Honda, yaitu bila tuas rem belakang ditekan, maka rem depan akan juga ikut ngerem. Namun ada bedanya, yaitu di CBR250R rem depan baru akan ngerem bila rem belakang ditekan melebihi tekanan tertentu. Ini karena keberadaan delay valve. Bila tekanan rem melebihi tekanan tertentu, sistem hidrolis akan mengaktifkan satu kaliper di rem depan. Sementara itu sistem rem depan tetap independen mengatur dua kaliper yang lain.

Bisa dilihat di grafik berikut, jalur hijau menunjukkan jalur tuas rem depan yang independen. Sementara itu jalus merah adalah jalur pedal rem belakang, yang juga akan menaktifkan satu kaliper di rem depan.

Di Honda CBR250R yang tipe combined ABS ada tulisan Combined ABS di spakbor. Sistem rem ada tiga kaliper dan dua selang hidrolis, serta satu kabel berfungsi untuk sensor kecepatan ABS.

Di Honda CBR250RR, yang versi abs di spakbor depan ada tulisan vertikal ABS dan ada kabel (mungkin untuk sensor kecepatan ABS)

Yang versi non ABS, tidak ada kabel sensornya dan tidak ada tulisan ABS.

 

Dari adanya artikel yang khusus membahas soal Combined ABS, rasanya fitur ini merupakan fitur unggulan saat itu. Agak aneh karena saat Honda CBR250RR terkesan tidak ada yang menanyakan hal ini. Tidak ada yang ngomong misalnya “Sayang sekali CBR250RR ini tidak dilengkapi dengan combined ABS”, dst.

Dulu fitur ini dianggap fitur keselamatan hebat yang pertama di dunia untuk kelas 250cc:
Honda CBR 250R pakai Combined ABS, teknologi pengereman tercanggihnya Honda

Lalu mengapa sekarang kok sama sekali tidak terdengar beritanya? Rasanya bukan soal harga, karena Honda kan juga bisa pakai cara murahan seperti yang diterapkan di Honda Vario CBS dan Beat CBS. Tinggal diberi kawat dan per untuk menyambung pedal rem ke tuas rem depan. Asumsi penulis kemungkinannya:

  • blogger menganggap fitur combined ABS nggak penting
  • Honda sekarang menganggap combined ABS nggak penting
  • rider menganggap combined ABS nggak bermanfaat / mengganggu
  • untuk selanjutnya Honda nggak bakalan menawarkan combined ABS

Aneh juga tidak ada berita apa apa soal ini.

Soal Combined ABS bikin lambat untuk balapan, penulis akan bahas satu versinya di artikel berikutnya

8 respons untuk ā€˜Honda CBR250RR kok tidak pakai fitur Combined ABS?ā€™

  1. Klo CBS di model matik Honda sih berhubung rem belakang teromol jd penghubung CBS nya pake model kawat, klo sama2 cakram mungkin pake delay Valve.

    Suka

  2. Harusnya judul artikelnya ditambahin, “Melawan Lupa!!!”

    Blogger tidak mau membahas karena mereka sudah dibayar oleh pabrikan yg bersangkutan tersebut, buat apa membahas hal-hal yg lebih menjurus ke hal negatif kalau bahas yg positif-positif saja ada bahannya, daripada mereka nanti tidak dapet komisi hayo…!!

    Suka

  3. […] Motor dilengkapi suspensi up side down, rem cakram depan belakang yang dilengkapi dengan CBS. Bisa dilihat di rem cakram depan kabel untuk sistem hidrolis ada dua. Prinsip sepertinya mirip dengan sistem CBS / combined ABS pada Honda CBR250R yang pernah penulis bahas sebelumnya. […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.