Motor sport dengan tangki besar terlihat jantan tapi justru mengurangi kejantanan?


Entah ini benar atau tidak, tapi perasaan kok duduk dengan perut nempel tangki motor kok terkesan tidak sehat.

Pagi ini saat macet penulis jadi memperhatikan bahwa tangki motor sekarang pada tinggi tinggi. Rasanya juga trennya menuju ke ukuran tangki yang makin lama makin nggak proporsional. Para rider juga sepertinya lebih suka dengan bentuk tangki yang besar. Tangki besar dianggap lebih jantan, dibanding dengan yang tangkinya kecil/datar.

Foto berikut hanya ilustrasi kalau tangkinya dibesarkan:

Masalahnya, apakah dengan tangki besar tersebut nggak bakal mempengaruhi kejantanan? Karena dengan ukuran atau bentuk tangki seperti itu membuat burung jadi gampang kegencet tangki.

Penulis coba cari referensi, nemu yang berikut ini:

Ancaman Celana Ketat Bagi Organ Reproduksi Pria

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan celana ketat dalam jangka waktu panjang bisa menurunkan produksi sperma secara drastis. Hal ini disebabkan menggunakan celana ketat akan membuat suhu di sekitar testis akan menjadi lebih tinggi (panas) karena adanya tekanan dari celana tersebut.

Padahal testis manusia tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali suhunya lebih dingin dari bagian tubuh lainnya. Jika suhu testis dinaikkan hingga 98 derajat fahrenheit, maka sperma akan berhenti berproduksi. Ketika produksinya terganggu, maka dampak negatifnya bisa berbulan-bulan. Jumlah sperma dapat lebih rendah, kematian sperma serta mempengaruhi morfologi dari sperma itu sendiri.

Seperti diungkapkan dr Eddy Karta, SpKK dalam konsultasi detikHealth, pemakaian jeans ketat berkepanjangan untuk jangka waktu lama memang tidak disarankan karena proses pematangan sperma membutuhkan suhu 1-2 derajat lebih rendah dari suhu tubuh sehingga dapat berlangsung baik dalam kantung skrotum/zakar. Jika memakai jeans ketat, hal ini menyebabkan skrotum tertekan ke atas yang selanjutnya meningkatkan suhu skrotum sehingga mengganggu proses pematangan sperma.

 

Kenapa Celana Dalam Ketat Berbahaya bagi Pria?

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2012, dosen andrologi (studi reproduksi laki-laki) di University of Sheffield, Allan Pacey, menemukan bahwa pria yang memakai celana ketat cenderung memiliki konsentrasi pergerakan sperma yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan celana longgar mungkin menjadi cara murah untuk membantu kesuburan.

Dan satu lagi studi pada 1993, seorang peneliti dalam fisiologi seksual manusia, Profesor Ahmed Shafik menemukan bahwa anjing yang memakai celana poliester selama dua tahun mengalami penurunan jumlah sperma yang signifikan. Termasuk lambatnya pergerakan sperma dan tingginya jumlah sperma yang rusak. Sehingga dia menyarankan untuk
menghindari bahan poliester dan menggantinya dengan katun.

Kemudian Profesor Shafik melakukan penelitian kepada manusia lagi pada 1999. Hasilnya 4 dari 11 laki-laki memakai celana poliester mengalami jumlah sperma berkurang dan perubahan testis setelah 14 bulan.

 

Efek burung yang digencetkan ke tangki menurut penulis efeknya sama dengan pemakaian celana ketat atau bahkan lebih ekstrem. Namun bedanya kalau celana ketat terusan kalau di motor hanya sementara, hanya selama mengendarai.

Penulis juga heran, mengapa duduknya kok sampai harus memaksakan menggencet burung. Dari sisi desain juga terlihat bahwa kemiringan tempat duduk sering mengkondisikan agar burung jadi kegencet. Jadi bila duduk yang tidak tergencet justru jadi cepat lelah.

Posisi tangki juga terkesan makin lama makin mundur, sehingga rider mau tidak mau harus menggencet burungnya agar bisa meraih setang setir. Desain posisi mengendarai jadi memaksa rider harus menggencet burungnya. Bentuk tangki juga dibuat untuk bisa enak untuk rebahan kedepan, yang otomatis akan menggencet burung juga.

Nggak sip juga bila untuk membuat penampilan motor sport terlihat jantan jadi harus mengorbankan kejantanan.

Atau pabrikan sudah memperhitungkan hal ini dan lepas dari perhatian penulis?

23 respons untuk ‘Motor sport dengan tangki besar terlihat jantan tapi justru mengurangi kejantanan?

  1. Klo burung’y ga mau ke gencet, ya ga ush dibawa, simpen aja dirumah. hahahaha…

    Masih tetep pengen dibawa, selain celana jgn terlalu ketat, tangki’y dibikin coakan buat tempat burung’y. Wew.

    Suka

  2. aku naek new vixion kalo kelamaan dan posisi pantat duduk maju ke depan, burung ku lama2 kerasa kesemutan. makanya kalo duduk pantatnya aku mundurin dikit ke belakang.

    Suka

    • Biasa’y ada space jok pengendara, jd bisa mundur sedikit. Tp tergantung jg postur badan & bentuk stang motor, cth Klo badan kurang tinggi biasa’y duduk lebih dekat ke arah tanki ato sebalik’y. Terus bentuk setang jg ngaruh.

      Suka

  3. fu karbu jga ga nyaman bgt bro,jok masih asli dari pabrikan terasa ga enak buat “biji” apalgi pake celana pendek/bonceng,akhirnya ya bagian depan dipapras,yg blkg tetep spaya ga ngerosot,udah enak ga kaya versi pabrikan..apa tinggi rider juga ngaruh?ane tinggi 175+

    Suka

  4. pantesan GSXR/S desain tangkinya tetep kecil seperti Hondanya Marquez, biar ga terlalu nggencet burung n gampang merunduk kali yak…. =)

    Suka

  5. Ane user Verza aman karna tangki Verza agak landai dan jok rider lebih luas ke belakang gk terlalu nggencet “manuk”, thanks 😀

    Suka

  6. […] Motor matik sekarang itu derajatnya lebih tinggi dari motor sport. Motor sport sudah tidak lagi dianggap sebagai simbol kejantanan. Walau di luar ngomongnya motor sport lebih keren, dalam hati tetap menganggap matik lebih jantan. Apalagi karena motor sport memang beneran bisa mengurangi kejantanan: Motor sport dengan tangki besar terlihat jantan tapi justru mengurangi kejantanan? […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.