Mengapa harga Yamaha X-Max cuma beda satu juta dengan Yamaha R25 kok dianggap murah ? Bukti motor matik lebih tinggi derajatnya .


Sekarang ini memang motor matik sudah tidak lagi diremehkan. Buktinya saja, banyak blogger yang berpendapat bahwa harga Yamaha X-Max yang 55,35 juta rupiah itu dianggap murah.

Padahal harga itu cuma beda satu juta dengan Yamaha R25, yang 56,2 juta rupiah:

Harga juga 8 juta lebih mahal dari Yamaha MT-25.

Mengapa Yamaha X-Max 250 kok sampai dianggap murah? Apa sih sebenarnya kelebihan dari X-Max?

Berikut beberapa kemungkinannya:

  • Motor matik sekarang itu derajatnya lebih tinggi dari motor sport. Motor sport sudah tidak lagi dianggap sebagai simbol kejantanan. Walau di luar ngomongnya motor sport lebih keren, dalam hati tetap menganggap matik lebih jantan. Apalagi karena motor sport memang beneran bisa mengurangi kejantanan:
    Motor sport dengan tangki besar terlihat jantan tapi justru mengurangi kejantanan?
  • Motor matik lebih nyaman dan cocok untuk keluarga. Harus diakui bahwa motor sport itu nggak nyaman baik. Dipakai sendirian nggak nyaman, apalagi kalau sampai harus boncengan. Menyiksa. Disinilah motor empuk dan rileks ala matik jadi daya tarik yang kuat. Apalagi yang tangkinya besar macam X-Max 250.
    Tangki besar tapi nggak nyaman jalan jauh, yang nyaman malah tangkinya kecil

  • Motor matik praktis. Nggak usah nambah givi sudah ada bagasinya. Apalagi kalau sudah ditambahi givi, bakal lebih banyak lagi daya muatnya. Mau pasang speaker di motor pun lebih luwes kalau di motor matik:
    Menarik banget, bagasi motor matik dipasangi speaker besar niru di bagasi mobil

  • Motor matik itu nggak bikin kotor baju. Spakbor motor sport itu bagian depan kependekan, bagian belakang nggak berguna. Kalau lewat jalan becek berlumpur, jalan sendirian pun baju bisa kotor. Kaki dan sepatu jadi kotor, yang dibonceng bisa basah semua baju belakangnya. Beda sama matik. Kaki nggak kecipratan, penumpang juga nggak khawatir baju belakang kotor.
    Spakbor motor sport itu ternyata pada melanggar peraturan semua

  • Motor matik mudah dipergunakan. Bagi yang punya pacar atau istri juga bisa dapat lebih banyak sokongan kalau belinya X-Max karena nanti pinjamnya lebih gampang. Alasan yang kuat bagi jomblo atau suami untuk menjatuhkan pilihan ke matik.

  • Bodinya X-Max lebih gede dari R25 ataupun MT-25. Duduk lebih tinggi, bodi lebih tinggi, bagian depan lebar, pantat lebih lebar, lebih kelihatan seperti moge, kalau malam kelihatan bagus banget. Kita juga sudah terbiasa motor lebih gede lebih tinggi derajatnya di jalan.

  • Performa mesin sudah nggak penting lagi. Orang sudah nggak lihat spek mesin tapi cuma lihat cc. Tenaga X-Max di spek cuma 15 kw, dibanding motor sport Yamaha yang 26 kw. Bobot juga seperti kalau bawa beras sekarung. Walau begitu yang penting cc nya sama sama 250cc. Walau performa di jalan beda jauh, yang penting orang lain tahu bahwa itu 250cc. Kesannya performanya sama kalau ccnya sama. Biarpun aslinya performa juga kalah sama yang 150cc yang penting X-Max mesinnya 250cc. Kalah sama motor bebek juga no problem, yang penting 250cc, 250cc bro.

 

Sebagian besar alasan sepertinya adalah di kenyamanan dan kepraktisan. Mungkin juga karena tampilan terlihat elegan. Padahal motor sport sebenarnya juga ada yang tidak menggencet burung, nyaman dibuat boncengan ataupun dipakai jalan jauh. Hanya saja pabrikan motor ketipu sama sebagian kecil orang yang mengusulkan motor sport harus begini atau begitu padahal juga kalau beli lebih memilih motor matik.

Fitur merepotkan bikin motor sport sudah ada ini dan itu tapi tetap saja matik yang makin laris

Kalau nanti X-Max ternyata terjual lebih laris dari MT-25 ataupun R25, maka itu akan jadi bukti bahwa walau banyak yang memuji muji motor sport, tapi dalam hati derajat motor matik tetap jauh lebih tinggi.

Rasanya sudah saatnya pabrikan mengeluarkan motor touring, scrambler dan bobber cc kecil biar motor sport tidak disepelekan lagi. Nggak perlu mewah banyak fitur, yang penting motornya tidak mengurangi kejantanan, nyaman dipakai baik sendiri atau boncengan, lincah dan elegan. Nggak butuh top speed tapi yang penting kenyamanan dan handling.

19 respons untuk ‘Mengapa harga Yamaha X-Max cuma beda satu juta dengan Yamaha R25 kok dianggap murah ? Bukti motor matik lebih tinggi derajatnya .

  1. Top speed tetap butuh lah Mas. Minimal nyentuh 150 kmpj lah, ga usah sampe 299 kmpj. Yang penting gas dibetot pol, motor depan kosong dapat udara bersih dari depan.

    Suka

  2. pembeli mulai jenuh dengan motor sport performa tinggi,,,udah banyaaaaaak,,,,,
    yg dicari sport nyaman,torsi melimpah,akomodasi banyak,,,ya paling tidak sprti suzuki Vstrom 250,,,
    pasar adventure/touring tdk trlllu mikir merk,,
    pasarnya orng dewasa/mapan.

    Suka

  3. elegan sih tapi bagi saya teteap mahal ah karena itu matic, wkwkwk.
    kalo saya sih motor yang menurut saya “jantan” itu seperti desain suzuki GS1000 / katana/ gsx1400 atau kawasaki z1/z2 onizuka. itu bener2 manly!

    kalo matic cukup adress ato beat punya istri.

    selera sih ya om. saya emang suka manual, mobilpun begitu, matic coret.

    Suka

  4. sekarang nyari motor sport yg kecil ringan nyaman udah susah… dulu ada win, l2s, a100 dll… makanya aku masih setia sama old vixion lampu bulat paling nyaman deh… oh ya aku juga beli estrella itu juga nyaman buat harian… istri suka boncengnya karena jok pendek dan empuk..
    sekrang matik kencang kencang banget yah… ngeri aja lihatnya di jalanan… banyak yg suka nyalip samai melebar dan dobel dobel… kalo bawa motor sering mau adu kambing aku… hiii ngerriii… mending bawa mobil deh buat harian, macet juga biarin yg penting aman….

    Suka

    • Iya setuju. Mungkin dianggap pabrikan orang Indonesia nggak suka. Di luar negeri motor kecil ringan nyaman itu masih dijual oleh Honda, Suzuki dan Yamaha.

      Iya, sekarang memang matik pun kencang. Jok juga makin tinggi. Nggak jelas mengapa kok ditinggikan. Yang nyaman memang yang seperti Estrella. Sip.

      Suka

  5. memang dikasih harga segitu,, nanti juga peslip erdualima juga bakal terkerek jauh harganya mendekati cbr25prr…
    mau ditaroh dimana muka penyemplak sport yamaha kalo harganya sama ama metiknya

    Suka

    • Iya, jadi ingat Aerox R dijual lebih mahal dikit dari Vixion baru walau tenaga lebih lemah. Barangkali nanti dibuat dua versi juga, versi 255 vva dan 250cc tanpa vva, ha ha.

      Suka

      • ymh ngeluarin 2 jenis vixion buat ngroyok cb,,sprti kasus aerox 155&Nmax buat ngurangi populasi wario150,,nanti jg ada R25 standart dan R25R+vva+usb charger+SSS,mngkin,,hhehe,,minimal mengganggu MS Ninja Fi& CBR 250RRRR

        Suka

  6. Praktis, gengsi moge lux, budaya circuit ngk ada di sini, budaya bebek balap liar & dah ngk nyambung, beli mobil baru ngk nyampei duitnya😂, bekas ogah- XMax alternatif logis forza 70jutaan , citra nya priyayi tua muda moge lux ntar turing Akap jg jd murah 😂 apalagi klw roda jd 3 kaya becak ,😂 Xmax roda3

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.