Motor ini dari sisi spesifikasi tidak menarik, dari sisi tampilan ada yang bagus ada yang nggak sip. Tapi dari sisi latar belakang sangat menarik.
Dari samping Bajaj V terlihat lumayan keren:
Latar belakangnya menarik karena dikatakan bahwa motor ini dibuat dari logam hasil leburan dari kapal induk. Berikut videonya:
Kapal induk yang dimaksud adalah yang berikut ini:
INS Vikrant, Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
INS Vikrant (Sansekerta: berani) adalah kapal induk kelas Vikrant dibangun oleh Cochin Shipyard Limited untuk Angkatan Laut India dan merupakan kapal induk pertama yang dibangun oleh India. Kapal Induk INS Vikrant dengan bobot 40.000 ton, menjalani uji coba intensif hingga 2016 sebelum resmi dimasukkan ke armada Angkatan Laut India pada 2018. Saat INS Vikrant beroperasi penuh tahun 2018, India akan menjadi negara kelima yang telah merancang dan membangun kapal induk sendiri, bergabung dengan klub elite meliputi: Inggris, Perancis, Rusia dan Amerika Serikat.
Bagian yang merupakan hasil leburan bodi kapal induk itu sepertinya yang berikut ini, ada yang bilang tangkinya, tapi menurut penulis bisa jadi cuma tutup tangkinya:
Modelnya dari samping terlihat lumayan:
Awalnya merah merah yang difoto pertama itu penulis pikir adalah lampu rem. Ternyata yang difoto barusan kok jadi hitam. Ternyata lampu remnya beda, lebih mirip scoopy/fino:
Suspensi bukan monoshock. Knalpot kelihatan keren juga.
suara knalpot juga mantap, mengingatkan tiger revo:
Desain spedo unik. dikesankan digital dengan indikator lampu LED:
Bensin tinggal sedikit indikator bensin jadi merah:
Yang agak mengagetkan (atau normal?) adalah lampunya, besar:
Makin didepan makin terlihat besarnya:
Terus terang penulis nggak bisa bilang mantap, karena kalau acuannya modern sekarang trennya lampu sipit, sementara kalau motor retro trennya lampu bulat.
Padahal desainnya pakai lampu bulat juga. Banyak dari desain awal yang dirubah yang menurut penulis jadi berkurang keindahannya:
Dari sisi performa termasuk tenaga cukupan untuk kelas santai. Dari review yang jadi kelemahan adalah mesin yang bergetar saat dipakai kencang:
Bajaj V15 dijual dengan harga sekarang untuk Delhi adalah 63 Lakh.
Sebagai perbandingan harga Bajaj Pulsar NS200 adalah 96 Lakh.
Di Indonesia harga Pulsar NS 200 adalah 23.9 juta (harga lama)
Engine | ||
---|---|---|
Type | Single cylinder, 4 stroke, SOHC 2 valve, Air cooled, DTS-i | |
Displacement(cc) | V-15 : 149.5 V-12 : 124.5 |
|
Max power(PS @ RPM) | V-15 : 12.0 @ 7500 V-12 : 10.7 @ 7500 |
|
Max torque(Nm @RPM) | V-15 : 12.7 @ 5500 V-12 : 10.9 @ 5500 |
|
Suspension | ||
Front | Telescopic | |
Front fork dia. ( mm ) | V-15 : 33 V-12 : 30 |
|
Rear | Twin shocks, Nitrox(Gas filled) V-15 : Twin-Spring loaded hydraulic type- with gas filled V-12 : Twin shocks, Nitrox(Gas filled), 106 mm rear wheel travel |
|
Brakes | ||
Front | V-15 : 240 mm Disc V-12 : 130 mm Drum |
|
Rear | 130 mm drum | |
Tyres | ||
Front | V-15 : 90/90 – 18, Tubeless type V-12 : 2.75-18, Tube type |
|
Rear | V-15 – 120/80-16, Tubeless type V-12 – 100/90-16, Tube type |
|
Fuel tank | ||
Total litres | 13 L | |
Usable Reserve | 1.7 L | |
Electricals | ||
System | 12 V,4 Ah VRLA | |
Headlamp | V-15 : 55/60 W V-12 : 35/35W |
|
Tail Lamp | LED tail lamp | |
Battery type (MF/Low Maintenance) | V-12 : 4Ah VRLA | |
Tail/Stop lamp | V-12 : LED tail lamp tail mode : <25mA, Stop mode : <250mA. |
|
Dimensions | ||
Length(mm) | V-15 : 2040 V-12 : 2040 |
|
Width(mm) | V-15 : 785 V-12 : 785 |
|
Height(mm) | V-15 : 1069 V-12 : 1066 |
|
Ground clearance(mm) | 165 | |
Wheelbase(mm) | 1315 | |
Kerb weight(kg) | V-15 : 133 V-12 : 137 |
|
Saddle height(mm) | 780 |
Membangkitkan rasa cinta produk dalam negeri dgn membawa jasa kapal perang negara.
SukaSuka
iya
SukaSuka
Bajaj mengajak warga negaranya untuk mempertahankan produk negeri sendiri. Mungkin sedang terancam oleh Jepang ya.
SukaSuka
ada yang bilang ini trik pemasaran sih
SukaSuka
Huahahahahaaaahahahahahahahshahahahaaaa
SukaSuka