Crash Jack Miller bukti bahayanya rem depan dan kata Lorenzo adalah peringatan tuhan untuk tidak meremehkan bahayanya MotoGP .


Jack Miller dikatakan beruntung bisa selamat di kecelakaan tunggal yang dialaminya di Free Practice di sirkuit Le Mans Perancis. Kecelakaan tersebut sangat ekstrem sehingga motor menabrak dinding dan berputar putar.

Kecelakaan ini dijelaskan oleh Miller sebagai berikut:
Lorenzo: Miller’s Le Mans MotoGP practice crash a warning from God

“It was a nasty crash and I’m lucky to walk away with just some bruises, I had some locking on the front through turn one which sent me towards the wall and when I saw I wasn’t going to stop in time I let go before I hit the wall.” Miller said.

Dikatakan bahwa kecelakaan sangat berbahaya dan ia beruntung bisa lolos hanya dengan sedikit cedera. Ban depannya sempat terkunci di tikungan pertama yang menyebabkannya mengarah ke tembok, dan ketika tahu bakal tidak bisa berhenti ia melepasnya sebelum menabrak tembok.

Terkuncinya ban depan penulis tebalkan untuk meyakinkan pembaca bahwa pembalap profesional pun bisa celaka karena pemakaian rem depan. Jangan terlalu pede mengandalkan rem depan atau mengerem mendahulukan rem depan. Akhir akhir ini rame lagi ajaran safety riding mendahulukan rem depan. Padahal ngerem depan dulu itu justru malah sumber celaka. Repotnya ada saja yang tidak bisa bedakan antara ngerem belakang dulu dan ngerem belakang saja. Ngerem belakang saja itu memang nggak bagus, sementara itu ngerem belakang duluan lalu diikuti rem depan itu justru lebih aman dan lebih pakem rem depannya.
Safety riding mengerem mendadak mendahulukan rem depan itu sangat berbahaya, ngerem tidak bisa pakai angka rasio

 

Komentar Lorenzo terhadap kecelakaan tersebut:

“I think that today God picked him up and said, ‘Today isn’t the day you get hurt’. It gave him a warning that MotoGP is no joke. It’s now up to him if he takes this advice onboard or not. In my opinion, [Miller] is one of the riders that that doesn’t pay enough attention to the risk involved. He plays with it, and isn’t as conscious of the risks of riding these bikes [as he should be].”

Ia berpendapat bahwa kejadian tersebut merupakan Tuhan memegangnya dan berkata ‘Hari ini bukan hari kamu celaka’. Ini akan memberik Miller peringatan bahwa MotoGP bukan mainan. Terserah dia apakah Miller bakal merasa atau tidak. Menurut Lorenzo, Miller adalah rider yang kurang memperhatikan resiko yang bisa terjadi. Dia main main dan tidak sadar terhadap resiko mengendarai motor MotoGP.

Kejengkelan Lorenzo terjadi karena sebelumnya Jack Miller nyeletuk kasar pada waktu pertemuan keselamatan soal ban:

“Yesterday in the safety commission he gave a really rude response. He basically told me to shove my opinion up my arse, or something like that. Very rude. I think that’s something you shouldn’t say to any rider in front of the others, and certainly not to a five-time world champion.”

Menurut Lorenzo di pertemuan safety comssion Miller memberikan komentar yang sangat kasar padanya. Itu sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan seorang rider pada orang lain, juga tidak layak dikatakan pada juara dunia lima kali.

Pertemuan itu memutuskan bahwa konstruksi ban depan Michelin akan pakai rangka yang keras lagi di balapan berikutnya di Itali:
MotoGP riders will be switched back to Michelin’s harder construction front tyre as used at the end of 2016 from next month’s Italian Grand Prix at Mugello.

Rossi was joined by a number of other riders, including world champion Marc Marquez, in expressing an interest in reverting to the stiffer end-of-2016 front following the Qatar season opener. Of the 23 riders on the grid, 20 voted in favour of reverting to the stiffer tyre and the change will be made from the Mugello event on June 2-4.

Dikatakan bahwa Rossi, Marquez dan beberapa pembalap lainnya menginginkan agar ban dikembalikan menjadi rangka yang keras lagi setelah balapan Qatar. Dari 23 pembalap, 20 memutuskan untuk meminta agar rangka ban depan dikembalikan ke yang keras. Perubahan akan dilakukan mulai dari balapan di Mugello Itali di 2 sampai 4 Juni.

Lorenzo dan Vinales termasuk yang menolak.
Lorenzo, along with his Yamaha replacement Maverick Vinales, was against the switch.

Yang unik, kedua pembalap motogp tersebut termasuk yang mengandalkan rem belakang. Ban rangka empuk tidak begitu masalah bagi mereka dan malah bisa meningkatkan kecepatan.
Motor MotoGP bagian 1: Pengaruh konfigurasi mesin ke handling bikin Lorenzo kesulitan mengendarai Ducati dan Rossi kesulitan pakai ban Michelin

Keduanya sama sama mengeluh soal ban depan yang kurang gripnya, sehingga carcass yang empuk akan membantu:

Sementara itu untuk Rossi carcass empuk mengganggu handling, sehingga mengurangi kecepatan di tikungan. Oleh karena itu ROssi ingin ban depan yang carcassnya lebih kuat:
Salah mengartikan bisa jadi salah analisa problem ban Rossi karena carcass di ban itu bukan tekstur, daging ataupun kompon

Iklan

29 respons untuk ‘Crash Jack Miller bukti bahayanya rem depan dan kata Lorenzo adalah peringatan tuhan untuk tidak meremehkan bahayanya MotoGP .

  1. Ajaran safety riding yg mengutamakan rem depan dulu memang bertujuan “untuk mengurangi jumlah penduduk di negeri ini, karena kita memang dianggap sebagai disposable people”, hwehehehe….

    Suka

    • ho oh, sayangnya terkesan begitu. Sayangnya banyak yang percaya dan tidak sadar walau mereka ngeremnya jadi takut takut, jadi sering nggak nutut, kalah cepat sama kalau ngerem pakai ABS. Motor sport ngeremnya kalah cepat sama bebek padahal ban lebih lebar dan gede.

      Suka

  2. safety riding kan cm buat mnghindari cone dari plastik,,
    sama sekali bertolak belakang bila brtemu, orang nyebrang ngawur,gerobak,becak belok,kucing lewat,truk dll…dalam kecepatan tinggi.
    pokoknya dlam real situasi darurat dijalan,ajaran safety riding gk masuk akal.

    Suka

    • setuju, iya. acara praktek safety riding itu cuma lomba slalom terselubung yang lebih mementingkan perencanaan dan akurasi. sementara itu di jalan butuhnya respon cepat, strategi dan skill akselerasi dan pengereman.

      Suka

  3. sudah saatnya motoGP disuport oleh ban Federal, IRC, Swallow, Gajah Tunggal, Intirub, Mizzle, Blackstone dan sejenisnya.

    Suka

  4. Bapak Admin yang terhormat, sebelumnya saya minta maaf nanya di luar topik. Saya takut kalau bertanya di posting yang sesuai tema bahasan ga dibalas (postingannya admin sudah cukup lama).

    Saya ingin dapat rekomendasi admin, oli untuk GSX R150 apa ya? Saya suka kebut sesekali pas jalan lurusan kosong. 30-50% menghadapi macet (ramai lancar juga). Mohon informasinya. Terima kasih banyak. Sukses dan semoga maju terus blognya!

    Suka

    • tidak masalah. saya menyarankan motul 5100 ester. alternatifnya fastron techno 10W40. kalau kurang licin atau kurang senyap ditambahi minyak goreng 10% atau boleh coba pro capacitor. Untuk yang lebih encer tidak saya sarankan karena tenaga lumayan besar.

      Suka

      • Tahap penggantiannya seperti apa ya? Saya ga paham soal itu, yang terbayang mesti dikuras dulu lalu dibersihkan gitu kaya air isi ulang galon.

        Mohon maklum berkenan jawab pertanyaan sepele saya, jujur baru belajar mendalami, selama ini saya cuma tau sekian km/bulan bawa ke tempat servis resminya (sewaktu pakai produk Honda hingga akhirnya kecewa, pindah merk deh).

        Suka

        • Nggak perlu flush atau semacamnya, justru malah mengotori. Oli bagus itu sudah ada cairan semacam flusher juga. Kalau oli sebelumnya jelek, tinggal pemakaian pertama diperpendek. Oli mineral, sintetik grup III, sintetik PAO atau minyak nabati itu 100% kompatibel. tapi rasanya oli suzuki lumayan bagus.

          Saya penggantian oli mendasarkan pada periode yang disarankan dan suara kasar. Kalau suara mesin kasar ya ganti oli walau belum waktunya, sambil ganti merek. Kalau sudah waktunya ya ganti walau oli masih bening. Oli berkurang perlu ditambahi.

          Waktu penggantian mestinya ada di buku manual. kalau motor sport mungkin 7500km.

          Suka

          • Terima kasih banyak, saya putuskan setelah 1 tahun mungkin akan digantinya atau kurang dari itu, juga atas informasinya terima kasih admin. Sangat padat dan jelas, saya bersyukur nemu blog seperti ini. Pandangannya selalu berbeda tapi tidak asal-asalan. Ditambah respon admin ke komentator yang tidak ‘seperlunya’ jika diminta penjelasan, bikin betah terus baca-baca. Goodluck!

            Suka

        • Menurut saya efek negatif ester itu nggak sampai separah itu. Ester justru dipergunakan untuk memperbaiki kompatibilitas terhadap seal dari oli PAO. Ester juga dipergunakan untuk bikin PAO bisa dikasih lebih banyak aditif. Ester sendiri punya film strength kuat sehingga bisa memperbaiki film strength PAO atau grup III yang jelek.

          Berikut ada hasil analisa kandungan oli, banyak kok oli yang pakai ester walau di bungkus tidak tercantum:
          Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya

          Oli PAO rata rata pakai ester. Apa itu artinya oli dengan bahan PAO tersebut merusak? Apa oli mobil 1 atau amsoil signature series itu jelek? Menurut saya tidak. Semua tetap tergantung resep dari pabrik olinya. Sayangnya resep ini kita nggak tahu.

          Memang saya pernah membaca sendiri sales oli menjelek jelekkan bahan ester. Katanya kalau beli oli PAO suruh yang nggak ada esternya. Tapi toh saat ditanya bagus mana antara amsoil XL (tanpa ester) dengan amsoil SS (pakai ester), tetap saja bilangnya lebih bagus amsoil SS. Kadang sales juga asal ngomong.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.