Penulis kaget juga ketika tadi isi bensin dan menjumpai mulut tangki bensin ada karatnya. Maaf nggak kefoto, tadi sudah keburu penulis hapus karatnya, tapi kira kira seperti berikut ini:
Mulut Tangki BBM Motor Berkarat Apa Solusinya?
Penulis tidak pernah mengalami hal ini ketika masih belum musim hujan. Dan baru isi kali ini penulis amati jadi ada karat. Jadi sumbernya dari air hujan. Karena perasaan saat belum musim hujan nggak ada seperti itu walau sering cuci motor. Ingat air juga bisa muncul di mulut tangki hasil dari penguapan bensinnya. Sehingga ada yang bilang pertalite bikin karatan:
Saya dulu make pertalite.. trus karatan, padahal selalu ngisi full. Skrg ganti ke pertamax, tankinya bersih.. berdasarkan pengalaman aja sih. Membandingkan dan akhirnya ga pernah pake pertalite lagi. – Noor Azlia
Karat bisa terbentuk karena adanya oksidasi. Oksidasi ini menyebabkan bagian luar logam mengalami karat, sekitarnya mengalami korosi. Reaksi akan makin parah bila ada bagian lain yang tidak terlindungi cat:
Corrosion
Memang yang bagus adalah dengan segera mengeringkan sisa air di sekitar mulut tangki. Tapi ribet banget.
Ada yang menyarankan untuk pakai minyak. Memang minyak bisa melapisi, tapi repot juga karena minyak bakal larut oleh bensin. Belum lagi soal kompatibilitas minyak yang dipakai terhadap sealnya. PAO, oli grup II dan III itu membuat seal kisut. Oli mineral membuat seal mengembang. Jadi baiknya melumasi karat itu pakai oli mesin baru biar tidak timbul masalah di seal. Selain itu juga mengurangi oksidasi karena oli mesin ada aditif anti oksidasinya. Jangan pakai oli bekas.
Karena pakai minyak ribet dan bikin kotor, penulis mau coba solusi yang biasa dipakai sultan, yaitu sacrificial anode. Tujuannya adalah agar yang korosi dulu adalah anode tambahannya. Hal ini akan membuat logamnya akan lebih awet. Begini contohnya penerapannya, yang warna putih putih:
What is the most effective sacrificial anode in seawater? By Brandon Mason
Anode itu adalah bagian yang mudah mengalami korosi:
How to Define Anode and Cathode
Maaf penulis mau jelaskan lebih panjang tapi terus terang penulis nggak pede bisa menjelaskan dengan benar. Kira kira gambaran prosesnya seperti berikut ini:
Cathodic protection explained
CATHODIC PROTECTION BASIC PRINCIPLES
Video penjelasan soal karat:
Disebutkan bahwa yang bisa dipakai sacrificial anode adalah bahan magnesium, zinc dan aluminium. Hubungannya dengan tingkat reaksi berikut:
Corrosion of metals
Metal Electrode potential, volt Gold +0.42 Silver +0.19 Stainless steel (AISI 304), passive state +0.09 Copper +0.02 Tin -0.26 Stainless steel (AISI 304), active state -0.29 Lead -0.31 Steel -0.46 Cadmium -0.49 Aluminium -0.51 Galvanized steel -0.81 Zinc -0.86 Magnesium -1.36
Bahan anode bisa mudah kita dapatkan. Tapi penulis kepikiran, mengapa nggak pakai tambal panci saja ya? Karena kan tambal panci itu nama lainnya adalah aluminum tape.
Entah apakah lem perekatnya akan menghalangi proses ini. Karena kalau iya, ada kemungkinan karat terjadi lebih parah atau logam penutup tangkinya yang jadi berkarat. Namun penulis akan coba dulu. Menempelkan tambal panci di bagian keliling luar mulut tangki bensin.
Nanti akan penulis share hasilnya
berapa hari kemudian hasilnya ternyata ……sama karat ternyata
SukaSuka
ha ha ha, nanti coba dilihat deh. Masih mau coba.
SukaSuka
maaf pak OOT, tadi pagi saya mau coba top speed pake mio J jalanan sekitar 1 km di fly over. bahan bakar pertalite oli pake evalube runner baru ganti. tapi yg saya heran pas kecepatan 80km/jam tiba2 tenaga ngempos dan motor mogok loss kompresi ( tiba2 langsung inget YZR M1 nya Rossi yg juga mogok kemaren 😂 ) itu kira2 apa gara bensin pertalite nya atau oli nya ya pak? oh iya pas ngetap oli sebelum nya oli langsung abis kira2 400ml padahal blm sampe 2000 km, emang mesin diasil vampir oli itu betul adanya, padahal saya pake mesran super SAE 20w60 yg di honda beat pernah saya tap oli nya di 4000 km cuma berkurang 100ml..
SukaSuka
ralat* oli mesin kira2 susut kurang lebih 300ml.
SukaSuka
Itu rasanya dua duanya jelek. Sepertinya terjadi karena ada kerak di valvenya. Bisa jadi oli barunya tidak bisa menghilangkan kerak lama dan malah menambahi. Selain itu bensinnya juga bikin kotor juga. Bukan karena harganya, tapi karena bensin kurang aditif pembersih, sementara itu olinya juga minim aditif pembersih (dan minim aditif lainnya).
Iya, itu memang ciri vampir oli.
SukaSuka
Kalo tanki dalam bodi, atau pake kondom, pabrikan blm kepikiran ya pake tanki plastik, atau malah kemahalan
Honda jazz aja udah pake tanki plastik
Tapi emang blm ada kasus sih kayak tanki bocor, kecuali Tiger dkk yg tankinya diluar hehe
SukaSuka
Iya, mungkin dianggap kurang durable tangki plastiknya? Seharusnya tangki juga sudah dilapisi mengingat bahan bakar sudah 10% ethanol.
Rasanya tangki kena air juga tapi cuma percikan. Memang nggak pernah dengar kasus tangki bocor karena karat kalau di matik, termasuk di NMAX.
SukaSuka
Aluminum utk SACP harus mengandung indium om.. aluminum tape utk panci sepertinya tdk ada kandungan indiumnya, belum lg perekatnya yg jd penghalang, krn anode dan logam yg akan diproteksi hrs terkoneksi lsg & dlm 1 media (elektrolit).
Kalo berada di luar media, mending dicoating/cat aja..
SukaSuka
Iya, itu juga yang mungkin jadi penghalang. Untuk soal iridium nggak tahu, teorinya katanya cuma butuh aluminiumnya. Ingin coba. Nanti dilihat gagal atau sukses. Nanti dilihat apa sekitarnya masih berkarat atau tidak.
SukaSuka
Indium om, bukan iridium.. 😀
Krn bidang sy di CP, awal2 dulu pernah penasaran jg soal ini, sampai ganti baut besi ke aluminum utk di rangka motor tua, tp hasilnya msh ttp muncul oranye hahaha
Nevertheless,
Monggo dicoba saja om, nanti dishare hasilnya 👍
SukaSuka
terima kasih koreksinya, nggak sadar itu n dan bukan ri. Yang muncul oranye di mananya? ok. akan dishare hasilnya.
SukaSuka
[…] Sebelumnya penulis sudah membahas teknik sacrifice anode, teknik yang dipakai orang kapal untuk mengurangi karat dengan menempel logam lain yang lebih mudah berkarat. Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci? […]
SukaSuka