Rupanya ada yang benar benar jengkel ketika motor Honda PCX 160 nya mengalami masalah coolant rembes. Sampai jengkelnya, motornya pun dijual:
Ternyata sikap ini pun juga (inginnya) diikuti pula oleh yang lain:
Tapi ada pula yang menganggap bahwa bila mensugesti diri sendiri bahwa itu bukan suatu masalah, maka itu tidak akan menjadi masalah:
Walau ada yang protes juga karena sudah dikeluhkan di bengkel resmi, sudah ganti water pump, masih juga merembes:
Katanya menurut AHASS Surabaya, masalah ini adalah normal (ini aslinyavideo):
Setelah 2 ribu km ganti water pump, ternyata coolant bisa berkurang cukup banyak:
Walau pernyataan ini sempat dibantah:
Dan diragukan:
Contoh lagi sudah ganti water pump tapi nggak sembuh:
Motor penulis Yamaha NMAX. Penulis sempat punya kekecewaan yang amat sangat ketika tahu motor penulis kena fuel dilution dan ditolak jaminan garansinya. Tapi berikutnya mencoba tabah dan “dinikmati” sambil cari solusi. Yang salah Yamalubenya sih, bukan motornya. Oleh karena itu sekarang gencar promo “anti yamalube”.
Entah kalau mengalami masalah sendiri seperti di atas bakal ambil sikap apa. Yang jelas hal ini kembali jadi bukti bahwa seahli ahlinya Honda, kemampuannya masih terbatas. Rupanya teknologi radiator masih terlalu tinggi levelnya untuk Honda. Karena penulis beberapa kali baca testimoni motor Honda mengalami overheat. Baca ada yang air radiatornya habis. Baca mesin bermasalah karena radiator bocor.
Maaf, tapi reliabilitas Honda lokal tidak bisa dipercaya.
Kalau mesin cb150r near square reliable tdk ya, tdnya sy sempat tertarik krn model model motor sport yg praktis, masih Ada behel biasa, Ada kick starter dan bengkel resminya banyak
SukaSuka
vs bandit 150 yang sudah monoshock
SukaSuka
banyak potensi masalah pelik, diantaranya :
1. tensioner mudah letoy
2. karet damper balancer mudah prothol
3. balancer bisa ambrol, patah
4. konstruksi DOHC lemah
5. terjadi ketidakseimbangan pada noken as DOHCnya
6. mudah klothok2 pada head sebagai dampak nomer 5 dan 6
7. saringan oli model saringan ampas parutan kelapa
8. tidak terdapat filter ganda, model kertas macam vixion
9. sebagai akibat no 8 dan 7 mengakibatkan kotoran oli tidak bisa tersaring maksimal, menyebabkan komponen mudah aus terutama sektor head
10. kalo harus bersihkan filter oli repot musti bongkar bak mesin
11. biar supaya onderdil awet mesin baiknya tidak di forsir, sebagai dampak konstruksi mesin yg lemah dibeberapa bagian seperti disebut diatas
12. sasis pada sumbu X rawan terjadi retak bahkan patah karena salah konstruksi, sebaiknya tidak untuk beban berat dan dihajar di jalan rusak.
dah itu sejauh ini yg ane ketahui minusnya
SukaDisukai oleh 1 orang
Terima kasih sudah disebutkan rinci š
SukaSuka
kalo yg komen konsumen honda ya berarti emang bermasalah ini motor
SukaSuka
Kalo rembes nya diluar gitu kan beresinnya gampang,
Tambah paking ga usah bongkar mesin, heran deh
Ngapain juga ganti pompa
SukaDisukai oleh 1 orang
masalahnya sudah ganti pompa juga masih bocor juga.
SukaSuka
Nah itu, apa hubungannya pompa sama bocor?
Biasanya kalo bocor itu yang di cek ya sambungan2nya,,
Misal air di rumah rembes, masa solusinya ganti pompa?
SukaSuka
Emang baik solusi maupun saran pada nggak masuk akal semua. Ada yang kena lagi ya rekomendasinya ganti pompa juga.
SukaSuka
Sepertinya si om lebih expert dari pada montir ahass nya,
SukaSuka
montir ahass jangan dianggap ahlinya ahli, mungkin bisa jadi berpikir bisnis juga IYKWIM
SukaSuka
iya
SukaSuka
Dicoba gnt paking dah. Gw mw liat.
SukaSuka
Klo yg habis di motor biasanya sih bensin ama oli samping. Klo radiator gw dr beli smp gw kuras 10rb km msh aman.
SukaSuka
Iya, normalnya memang begitu.
SukaSuka
Saya punya Xeon GT sama MxKing udah 6 tahun dari beli, itu radiator ga pernah di tengok. Jangan tiru saya ya.. Hehehe..
Mungkin yang rembes lagi ga beruntung aja, ini kan kasusnya 1 dari sejuta unit, gitu katanya
šš
SukaSuka
@ Pugman
Mendingan punya saya dong Xeon RC yg lebih tua, malah hampir lupa kalau ada radiatornya wkwkwk….
SukaSuka
Walah.. Bisa lupa gitu.. š š
SukaSuka
Iya beneran hampir terlupakan, untung ada artikel ini. Bulan depan pas ganti oli mau nengok radiator sekalian nih, sudah berapa tahun ya ga pernah diurusin š
SukaSuka
ha ha, iya, harusnya coolant itu sampai lupa
SukaSuka
@pugman Dulu pernah Xeon GT 2014 ane wkt beli pernah rembes pas sambungan pipa bawah, malah sampe overheat garaĀ² kehabisan coolant. Pas udh d kencengin klem sambungan na baru aman.
SukaSuka
Berarti itu human error aja, bukan salah desain. Hihihi…
Sepertinya motor liquid cooled AHM tidak sekuat yang lain. Sama-sama kondisi normal dan standard juga CBR250RR dan R25 batch awal, lebih banyak CBR yang kepanasan.
SukaSuka
atau coolantnya bermasalah?
SukaSuka
ha ha, iya, padahal banyak yang mengeluh.
SukaSuka
[…] Sebenarnya kalau dibilang ringan, ya ringan. Tapi ada juga yang menganggap masalah ini masalah berat sehingga batal beli, cancel inden atau bahkan motor dijual lagi. […]
SukaSuka
Himbauan buat yg punya The all new honda grand pcx 160rr.. ganti aja mesinnya pake mesin suzuki skydrive dijamin aman, halus dan maknyus..
SukaSuka
setuju š
SukaSuka
Apa bisa pasang paking dibuat double saja?
SukaSuka
sepertinya itu o ring?
SukaSuka