30 persen lebih irit dengan overdrive, kapan diterapkan ke motor matic ya bro?


Bagi bro yang mengendarai mobil matic mungkin pernah perhatikan tentang adanya tombol overdrive. Fungsi tombol overdrive ini dijelaskan sebagai berikut (menurut manual Toyota Yaris):
overdrive

Menurut wiki:
Overdrive (mechanics)

An overdrive (OD) is a mechanism that allows an automobile to cruise at sustained speed with reduced engine RPM, leading to better fuel economy, lower noise, and lower wear. Overdrive allows the engine to operate at a lower RPM for a given road speed. The automatic transmission automatically shifts from OD to direct drive when more load is present. When less load is present, it shifts back to OD.

Jadi overdrive ini tujuannya untuk membuat mesin bekerja lebih ringan dan irit di rpm rendah walau di kecepatan tinggi. Keunggulannya adalah irit dan awet, kelemahannya daya dorong atau akselerasi jadi berkurang sehingga perlu ada tombol untuk mematikannya.

Saya pernah melihat efek langsung ini saat mengendarai Kia Carnival. Saat Overdrive nyala, rpm terjaga di kisaran 2000 rpm, walau saat jalan lumayan kencang. Dengan rpm yang terjaga tetap rendah, maka pemakaian bahan bakar jadi lebih irit karena bensin tidak disemprotkan sebanyak kalau rpmnya tinggi. Katanya penggunaan overdrive ini bisa membuat berkendara lebih irit hingga 30%.

Namun saat overdrive menyala, akselerasi jadi lemot. Akselerasi jadi seperti merambat. Sehingga lebih baik kalau mau menyalip kendaraan lain overdrive ini dimatikan.

Di motor matic laju kendaraan seringkali terhubung ke putaran mesin. Jadi kalau mau kencang putaran mesin juga harus kencang. Ini dijelaskan dengan detil sekali oleh otojava:
CARA KERJA CVT PADA SEPEDA MOTOR MATIC TRANSMISSION

Pada saat putaran mesin naik hingga kecepatan menengah, gaya centrifugal yang diterima roller pemberat pada drive pulley cukup besar, sehingga roller terlempar keluar, menekan puli geser pada bagian drive pulley untuk bergerak kearah menyempit dan mendorong sabuk kebagian diameter drive pulley yang lebih besar. Panjang sabuk tetap sehingga sabuk pada bagian driven pulley ke posisi yang lebih lebar (diameter mengecil). Keadaan ini membuat rasio transmisi mengecil sehingga laju kecepatan sepeda motor bertambah.

Saya membayangkan bila biasanya di jalan antar kota kita jalan 90kpj di 8000 rpm, kalau pakai overdrive kita bisa jalan di 2000 rpm, mungkin jadi 4 kali lebih irit kali ya?

Tapi kapan ya bro? Apa bisa?

4 thoughts on “30 persen lebih irit dengan overdrive, kapan diterapkan ke motor matic ya bro?

    • Kalau melihat gelagatnya, teknologi ini dilengserkan untuk menghemat biaya. sebenarnya ini mungkin bisa dilakukan dengan mengatur roller weight atau per cvtnya. tinggal pilih akselerasi atau iritnya. permanen tapinya, nggak bisa tinggal pencet tombol.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s