Janji ketersediaan komponen yang sering tidak sesuai dengan kenyataan


Berasal dari keluhan pembaca di artikel tentang Viar, penulis mencoba menggali sebenarnya bagaimana kenyataan tentang janji ketersediaan komponen dari produsen motor di Indonesia.

Berikut keluhan dari pembaca:
Bagaimana sebenarnya kesan dari pengguna Viar terhadap kualitas sepeda motor Viar?

Maaf nich untuk dealir viar…..orderdil agak sulit ya… saya pesan piston sama ring nya utk motor roda 3 (tiga) 150 cc, 3 minggu kemudian datang barang pesanan saya . eh…….ternyata yg dtg utk yg 200 cc, kt nya brg yg sy pesan sudah tidak ada ( barang ” JADUL ” ) kt bagian marketing padahal motor tsb keluaran tahun 2010, gmn bisa disebut jadul ? dan katanya barang tersebut tidak bs ditukar (padahal barang blm di pake ) tp akhirnya sy nego gmn supaya barang pesanan saya ada atau uang kembali, ternyata saya disuruh nunggu lagi beberapa hari dan akhirnya datang lah barang tsb, tapi ternyata barang tersebut bkn untuk viar tapi merk CB biasanya piston tsb di gunakan untuk Honda Mega Pro. hanya bungkus nya saja Viar ( tp itupun bungkusnya sudah bekas ). dan jelas lah tidak cocok karena terlalu longgar. ini terjadi ini di dealer Viar jl. Cipoho ( sukabumi ). Tolong dong ….. Viar …kemana saya harus pesan barang tsb. klu di corter kan sayang ….mesin masih bagus………

Kalau dari pernyataan Viar sendiri di artikel July 8, 2014:
Viar Serius Tingkatkan Layanan Purnajual

TIDAK mau dikenal sebagai pabrikan sepeda motor “kacangan”, Viar mencoba memperbaiki berbagai layanan purnajual mereka bagi konsumen. Dimulai dengan pemberian servis gratis, garansi motor selama 3 tahun hingga ketersediaan suku cadang yang mencukupi dan terjangkau.

Entah karena perbaikan layanan belum tuntas atau sepertinya Viar hanya menyediakan ketersediaan hanya sampai 3 tahun saja. Apakah itu bisa dianggap jelek karena pabrikan jepang berjanji menyediakan spare part hingga 10 tahun?
Isu mengejutkan….Suzuki tidak rilis motor baru tahun ini. Banyak produk akan discontinue??…

Iwanbanaran – February 20, 2014
Standart pabrikan Jepang ketika discontinue sparepart disediakan sampai rentang 10 tahun bro

Mari kita lihat contoh satu – satu. Biar adil penulis ambil contoh dari pabrikan populer.
Kawasaki Ninja:
Senin, 24 Februari 2014 17:41 WIB,
Discontinue 2015, Spare Part Ninja 150RR Tetap Ada Sampai 2025!

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memastikan Ninja 150RR sudah stop produksi pada Juli 2015 mendatang. Padahal segmen sport menengah di rentang harga Rp 35 jutaan ini berkontribusi besar pada penjualan Kawasaki di Tanah Air. Sebagai gantinya, Kawasaki meluncurkan Ninja 250RR Mono sebagai gantinya.

Tapi bagaimana dengan pemilik Ninja 150RR yang ingin bertahan dengan mesin 2-tak nya. Apakah ketersediaan spare part-nya masih dijamin oleh PT KMI.

“Oiya, tentunya kami akan tetap menjamin spare part-nya sampai 10 tahun kedepan, sampai 2025,” ungkap Yusuke Shimada, Asistant General Manager Marketing PT KMI.

Kenyataannya, posting tanggal 15-02-2014
Serba-Serbi Kawasaki Ninja 150 Versi 25 – Part 3

cari sparepart ninja sekarang susahnya minta ampun. cari rumah membran aja sama paking bak kopling susah bgt. udah cari di ramayana, oscar bonjer ga dapet. semua dealer jabodetabek dan surabaya saya udh telp…kosoooong semua. untung ada suhu novandreas..jadi tinggal sisan rumah membran aja yg belum dapet. takut ke depannya sparepart ninja 2 tak makin susah nih. dapet info katanya gudang PT. Kawasaki Motor Indonesia nya lagi pindah ke cikarang, jadi supply ke dealer2 emang agak terhambat. apa emang bener ya ? share donk untuk yang tau..kacau deh kalo sekarang KMI cuma jualan motor aja tp ga jualan sparepart

 

Yamaha, maaf contohnya motor lain:
Yamaha: Spare Part RX-King Aman Sampai 2014

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang menjadi sole agent merek motor Yamaha di Indonesia berjanji akan terus memproduksi suku cadang RX King ini hingga tahun 2014 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden YMKI Dyonisius Beti ketika dihubungi detikOto, Rabu (24/3/2009).

“Tenang saja kami akan tetap memproduksi spare part RX King sampai jangka waktu 5 tahun sejak di discountinue,” ungkap Dyonisius.

Yang dilaporkan tentang kesulitan spare part Vixion di Medan di 2011:
Ketersediaan Part Vixion… Kecewa dengan Aftersales Yamaha

Dengan kecewa saya lanjutkan untuk mencari ke bengkel dan toko spare part resmi yamaha lainnya… tidak juga ketemu.. setelah hari menjelang sore, saya pun putus asa.. dan memutuskan untuk membeli headlamp Yamaha Vixion yang bulat (fullset kecuali baut2 dan damper tadi.. ckckck) di Toko Muda, karena walaupun dijual tidak lengkap(sama seperti headlamp facelift), headlamp bulat vixion tidak memiliki banyak komponen pendukung dan sebagian besar komponen tersebut masih ada di headlamp saya yang rusak.. hanya beberapa baut mesti beli di toko bangunan. bayangin klo saya, ga punya part pendukung tuh headlamp.. masa mau modifikasi pake headlamp motor lain?

 

Honda:
Bengkel Motor AHASS – Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda

Lengkapkah Spare Part Motor Honda di AHASS..?
Tentu saja, karena AHASS adalah bengkel resmi sepeda motor Honda yang mendapat sokongan penuh dari PT Astra Honda Motor selaku pabrikan motor Honda di Indonesia. Sehingga ketersediaan spare part motor honda Anda bisa Anda dpatkan secara lengkap di AHASS. Mulai dari motor honda baru sampai motor honda tipe lama juga ada.

CS-1:
Akhir perjalanan Honda Tiger dan Honda CS-1 di tahun 2014, Maret 13, 2014

PT Astra Honda Motor (AHM) menghentikan produksi CS-1 karena tidak mencapai skala ekonomis. “Kami sudah memutuskan tidak akan mengembangkan CS-1 lagi. Sampai semester pertama tahun depan (2014), hanya akan memasarkan unit yang tersisa,” jelas Thomas Wijaya, Deputy GM Sales Division AHM di Pulau Umang, Serang, Banten (13/12/2013).

Bagi konsumen CS-1 jangan khawatir, Honda memastikan tetap menjamin ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual. “Untuk hal ini, kami tetap berkomitmen sampai 10 tahun ke depan. Kami jaga,” lanjut Thomas. Pada tahun ini, berdasarkan data AISI, CS-1 cuma terjual 6 unit.

Setelah Resmi Discontinue, Spare Part Tiger dan CS-1 Tersedia Selama 7 Tahun

“Meski motornya sudah tidak diproduksi, namun kami menjamin ketersediaan spare partnya. Sesuai regulasi dari prinsipal, kami akan terus memproduksi komponen hingga tujuh tahun ke depan,” ungkap Margono Tanuwijaya, Marketing Director PT AHM akhir pekan lalu di Pontianak.

Walau dikatakan akan diproduksi sampai 10 atau 7 tahun lagi, kesulitan sudah terjadi di Juni 2011:
Nama gede sparepart terjamin? Yakin???, Posted by Aluvimoto on 11 Juni 2012

Lanjut, urusan sparepart? whaiki.. katanya sparepart komplit. masa sih? Seminggu ini nyari visor cs1 dengan kode 5320B-KWC-900 (nganti apal :mrgreen:) di berbagai AHASS di seputaran kota jogja-sleman, NIHIL alias ga ada stock! Ebuseeet, tanya ketersediaan sparepart di AHASS 1 disuruh cek ke AHASS lain, begituuuu terus sampai 11 AHASS telah saya sambangi. Ga percaya noh saya sampe inget AHASS mana aja yang ga stok, sekalian dengan kualitas pelayanan tiap-tiap AHASS.
Lucu kan? Padahal CS1 salah satu motor yang layak dikoleksi lho dibanding motor lainnya, alasannya? unik, performa ajib, apik lah pokoke. Jadi kebayang gimana para pengendara CS1. Nasibnya gimana ya kira kira, kalau sparepart yang penting misal jeroan mesin harus inden dan ga tau kapan sparepartnya dategnya:mrgreen:. Niat pengen full orisinil biar awet, mau ga mau pasti bakal
ninggalin honda genuine part, lha wong stoknya aja ga ada😆. eitt tapi ini bukan hanya cs1 doang
lho, tadi sewaktu di jombor bersebelahan dengan bapak2 pengunggang blade repsol yang menanyakan ketersediaan sparepart nut alias baut, apakah dapet? ga tuh, padahal semua AHASS yang saya kunjungi dapat supply sparepart dari AHASS jombor yang notabene AHASS pusat lho, horotoyoh.

Sekedar intermezzo, janji dari produsen lain:
PULSAR SPARE PARTS PROGRAM

2 x 24 Jam atau Gratis!
Program ini sudah berlangsung di seluruh Dealer Resmi Bajaj, yang memiliki Logo “2 x 24 Jam atau gratis”.
Sebagai wujud komitmen, jika spare part tak tersedia dalam waktu 2×24 jam, maka konsumen akan mendapatkan spare part yang dibutuhkan dengan cuma-cuma atau gratis. Namun perlu diketahui bahwa program ini hanya berlaku untuk suku cadang tertentu. Suku cadang tertentu itu dipilih atas dasar motor tersebut tidak dipakai off-road diluar kemampuan motor itu sendiri, komponen fast moving, dan komponen-komponen reguler yang dibutuhkan agar motor tersebut bisa beroperasi.

Minerva Jamin Ketersediaan Spare-parts

JAKARTA – Setelah meluncurkan varian barunya RX-150, PT Minerva Motor Indonesia (MMI) menegaskan mengenai ketersediaan spare-parts.  Pihaknya menjamin penuh ketersediaan beragam komponen yang dibutuhkan.

First Ride Viar Cross X 250SE, Torsinya Lumayan Galak!

PT TM menjamin ketersediaan spare part Cross X 250 SE. “Spare part fast moving ready, tinggal sambangi saja dealer Viar terdekat,” tegas Agus Julianto, Plant Manager PT TM. •

 

Beberapa juga sharing bahwa walau komponen tersedia, namun perlu waktu cukup lama mendapatkannya, bisa sampai berbulan – bulan dan harganya juga mahal. Terkadang ini juga terjadi pada model yang lumayan populer. Seringkali ini terjadi pada komponen yang daya tahannya kurang kuat karena kesalahan desain ataupun cacat produksi. Sayangnya konsumen masih harus tetap membayar walau sering dikatakan garansi mesin 3 tahun dst. Ditambah lagi motor sering tidak bisa dipakai selama waktu menunggu tersebut.

Sayangnya dalam hal ini sebagai pengguna kita hanya bisa berharap produsen akan lebih memperhatikan.

Barangkali bro punya cerita soal ketersediaan spare part atau produsen yang ketersediaan komponennya paling baik, silahkan share.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s