Honda CBR150R 2016 barusan dirilis. Banyak yang kaget dan suka dengan tampilan barunya. Baik dari tenaga ataupun tampilan banyak dipuji. Namun ada satu hal yang bikin penulis tergelitik, yaitu fakta bahwa berat bodi Honda CBR150R (135kg) lebih ringan daripada versi nakednya, CB150R (136kg). Alasan dijelaskan di beberapa artikel berikut:
3 Penyebab Honda CBR150R Lebih ringan dari Honda CB150R February 20, 2016
Spesifikasi All New CBR150R 2016 – 5 Alasan Bobot Lebih Ringan Dari New CB150RPosted on 19/02/2016
Kenapa all new CBR150R lebih ringan dibanding new CB150R…??. Nih dia jawabannya… February 19, 2016
Bila dirangkum maka alasan bodinya lebih ringan adalah:
– subframe lebih ringan dan diperpendek
– hilangnya kick starter dan komponen pendukungnya
– hilangnya standard tengah
– hilangnya hand grip belakang
– hilangnya lampu konvensional
– beda desain triple clamp
Yang membuat penulis tergelitik adalah karena versi sebelumnya kok beratnya 143kg!
Harga dan Spesifikasi Honda CBR150R Lokal (K45)
Jadi tidak adanya kick starter, standard tengah dan beda desain triple clamp tidak bisa dijadikan alasan pengurangan bobot karena di versi sebelumnya itu juga tidak ada, namun nyatanya beratnya masih mencapai 143kg. Yang cuma bisa jadi alasan adalah:
– subframe lebih ringan dan diperpendek
– hilangnya hand grip belakang
– hilangnya lampu konvensional
Jadi mungkin kalau dibandingkan dengan versi naked Honda CB150R streetfire, kelihatan banyak, namun kalau dibandinkannya dengan versi sebelumnya kelihatan bahwa alasan tersebut terlihat tidak masuk akal.
Rasanya beda berat nggak terlalu banyak untuk lampu, seberapa banyak sih beda berat reflectornya lampu bolam dan lampu LED? Masa ya sampai satu kilo. Hand grip belakang juga begitu, paling juga dibawah satu kilo. Jadi cuma berat bodi yang banyak berubah.
Berat bodi kira kira beda 7 kilogram. Beda berat sebesar ini sangat signifikan. Berat yang sekarang (135kg) juga mirip dengan berat Yamaha R15 (136kg). Kalau berkurangnya hanya dari sub frame saja maka ketahanan bodi dari Honda CBR150R yang baru jadi perlu dipertanyakan. Mungkin kuat untuk sendiri, tapi apakah nanti kuat untuk boncengan? Apakah nanti akan muncul masalah bodi bengkok karena tidak kuat seperti yang terjadi di Yamaha Scorpio?
Atau mungkin beda berat juga diperoleh dengan menggunakan bahan plastik yang ringan, sehingga logam untuk penahan bodi juga nggak perlu terlalu kuat. Namun semoga bodi paling tidak cukup kuat menahan benturan ringan, jangan sampai kalau kesenggol langsung melar atau goyang goyang.
Yang jelas dengan mesin yang sama dengan versi naked, dengan bobot yang mirip dengan versi naked, performa dari versi fairing tidak lagi kalah dengan versi naked. Bahkan di kecepatan tinggi, fairing akan bisa membantu meningkatkan aerodinamika dan hambatan angin, sehingga versi fairing akan lebih unggul di jalan lurus luar kota. Walau ada juga yang protes karena wind shieldnya kurang tinggi, pembeli dari versi fairing tidak lagi perlu takut kalah dengan versi naked yang lebih murah. Ini keunggulan CBR150R versi baru bila dibanding versi sebelumnya.
Soal bodi lebih ringkih atau plastik lebih tipis, toh belum ada yang mengeluh. Tinggal dilihat nanti.
Tambahan, dengan mesin yang baru, lampu diganti dari bolam menjadi LED, ternyata Honda new CB150R street fire justru menjadi lebih berat 7kg, dari asalnya 129kg (old) menjadi 136kg (new).
New CB150R Terlalu Gambot dan Berat, Mampukah Menumbangkan New Vixion Advance (NVA)
Dari contoh tersebut menjadi lebih mengherankan lagi mengapa CBR 150 baru kok bisa lebih ringan.
Tunggu saja kang………yg lain ga ada yg bahas soal ini.mgkin mereka FBH…manteb…..
SukaSuka
akhirnya ada juga yg mengangkat isu ini. memang alasan yg dikemukakan petinggi ahm kurang masuk akal, masa iya motor fairing bisa lebih ringan dari versi nakednya (meski hanya selisih 1kg) plus bobotnya beda signifikan dgn pendahulunya? kalau menggunakan material eksotis seperti blok mesin dan rangka full aluminium atau titanium sih bisa saja. tapi apa mungkin?
SukaSuka
takutnya downgret dari versi nakednya. 😀
SukaSuka
mesinnya full titanium jadi lebih ringan tapi kuat 😆
SukaSuka
Honda terkenal pelit soal material, nggak yakin banget. bahkan mesin saja lebih mending blok dari besi daripada niru Yamaha yang pakai aluminium lapis silikon. jauh banget bila dibanding suzuki yang aluminium lapis nikel.
SukaSuka
Klo heran dan penasaran yah beli aja, trs timbang sendiri motornya, copot2in partnya timbang2in dah.. 😀
SukaSuka
modelnya sih bagus, kalau beneran lebih ringan maka CBR150R diperotoli lebih jos daripada streetfire.
SukaSuka
main aja ke plant ahm bang sembari cari kebenaran nya biar jelas dan ga nebak2. nanti hasil nya post lagi y.
SukaSuka
Tinggal tunggu komentar ridernya saja
SukaSuka
Wohhh kritiss
Ijin bookmarked
SukaSuka
Salute bro, Anda mengupas dari sisi yang berbeda…secara logis sih memang dienya perlu dipertanyakan…apakah ada downgrade dari rangkanya?time will tell
Thanks for the info
SukaSuka
yang sudah di akui memang rangka diperingan/diperpendek. tidak dibahas soal pemakaian reinforced steel ataupun ganti bahan lebih ringan.
SukaSuka
banyak kok bedanya detail part cbr150r dan ncbr150r…
cbr150 lama pake baju kakaknya cbr250 jelas lbh berat, tangki jg lbh besar,behel blkg,velg dpan lbh lebar 2,75 ncbr 2,50,frame ncbr lbh ringkas,reflektor lampu jg lbh ringan ncbr, sein aja lbh kecil, cbr150 sein lumayan berat loh coba ja…blum baut2 behel dll.
cbr150 143kg ncbr 135kg selisih cuma 8kg wajar aja menurut ane
SukaSuka
mungkin iya, tapi yang jelas bukan karena nggak adanya standar tengah atau kick starter. akan terlihat bila ditelanjangi.
SukaSuka
desain frame berbeda, yang lama sub frame belakang sampai di atas spakbor, hingga kalo mau lepas spakbor mau gak mau harus potong frame, trus engine hanger ganti aluminium
aluminium beratnya 1/3 besi, udah gitu lebih kecil (dari engine hanger aja ane yakin turun 1kg) ukurannya karena posisi baut berubah lebih dekat
dan frame itu besi lo, 1 liter besi beratnya aja hampir 8 kg
dari total frame aja ane yakin dah pangkas sampai 5 kg
desain mesin juga beda, seperti spull dan magnet pasti lebih ringan karena pake led
dan rpm yang turun otomatis part bisa lebih ringan
dari mesin bisa berkurang sampai 1 kg
desain velg juga pake palang ringan,, ane yakin sekitar 0,5 kg
bodi yang ganti, led lamp, behel, spido dll bisa mengurangi 1 kg
sisa 0,5 kg ya printilan lain2 yang mungkin ane gak tau
masih logis gan
SukaSuka
Yang harus diperhatikan, berat komponen itu berapa. Misalkan engine hanger, bila berat aslinya 0.5kg, diganti aluminium jadi 0,2kg kan cuma lebih ringan 0,3 kg.
dengan diperingannya frame, otomatis kekuatan berkurang. Yang jadi pertanyaan apakah bebas masalah?
Soal mesin, harus diingat bahwa setelah ganti mesin, CB150R justru lebih berat 7 kg. CB150R streetfire lama beratnya 129kg, setelah ganti mesin new CB150R beratnya 136kg.
New CB150R Terlalu Gambot dan Berat, Mampukah Menumbangkan New Vixion Advance (NVA)
Lampu CB150R lama juga masih bolam sementara yang baru sudah pakai LED, tapi gitu malah jadi makin berat.
SukaSuka
Jika CB old lebih ringan daripada New CB kayaknya penggunaan ban lebih gambot pada NEW CB yg 100/80 front dan 130/70 rear rasanya perlu jd pertimbangan juga mengapa New CB lebih berat dibanding Old.
SukaSuka
Mungkin bisa pakai vixion sebagai referensi. Old Vixion beratnya 125kg, sementara new Vixion Lightning yang velgnya sudah lebar beratnya 129kg.
Perbedaan Yamaha Old Vixion dan R15
SukaSuka
Di tambahin dong dg fairing nya..brp kilo tuh..pasti lebih berat..
SukaSuka
ada yang kelupaan
stang lebih pendek
lampu led juga membuat frame bodi depan lebih ringan, tau sendiri kalo motor fairing ada frame di depan buat penyangga fairing depan
kalo lihat difoto new cbr pake besi bolong2
SukaSuka
Rasanya stang masih pakai pemberat biar tidak getar stangnya. Bisa juga sih penyangga fairing dibuat lebih ringkih agar lebih ringan.
SukaSuka
Susah kali kalo bodi ringan, frame ringan. Artinya bukan cost down tapi cost up. Karena itu aye rasanya ada beberapa part yg gak di jadikan alesan. Atau itu masalah harga jadi mahal
Tapi kalo beratnya 11-12 sama r15 artinya masih masuk akal
Kecuali motor 33 juta body gambot berat cuma 88 kg
Baru gw curiga. Pake part apakah gerangan?
Njemur lah
https://jildhuz.wordpress.com/2016/02/26/kenapa-money-game-mlm-klaim-sepihak-menambah-kecantikan-begitu-populer/
SukaSuka
Kalau tidak ganti material dan hanya menambah lubang lubang rasanya tidak menambah costnya.
R15 lebih berat dari vixion. sementara CB baru beratnya setara R15. Dengan mesin diganti CB baru 7kg lebih berat. Tapi CBR baru justru 8kg lebih ringan.
SukaSuka
Kan desain cb sama cbr beda. Sama kek r15 dan vixion desainya beda. Udah gak apple to apple
Lagian cbr old desainya mirpnya sama cbr tailand
Yg berat belum tentu part lebih bagus om. Coba ente pasang fairing pinggir jalan beratnya jauh dari fairing ori yg jauh lebih ringan sama lebih kuat
Makanya beratnya segitu menurut aye make sense
SukaSuka
gan cuma mau menambahkan, kalau berat R15 136 kg itu Wet-Weight sedangkan NCB150R 136 KG Dry-Weight. Menurut saya ada perbedaan berat yg jauh antara motor sport yamaha dengan sport honda. 12 liter bensin ditambah 1.x liter oli sepertinya cukup berat ya.
SukaSuka
ingin menambahkan gan, berat R15 yg tertera adalah berat kotor (wet wight) sedangkan berat CBR150R yang tertera adalah berat bersih (dry weight). 12 liter bensin ditambah 1.x oli kira-kira beratnya bisa mencapai 5 kg. jadi berat bersih R15 hanya 131 KG.
SukaSuka
Dari spesifikasi di website resmi, berat kosong dari CBR150R sebelumnya disebutkan sebagai 143kg, semua motor Honda spesifikasinya pakai acuan berat kosong, termasuk juga versi sebelumnya. pertanyaannya tetap, mengapa versi sekarang lebih ringan dari sebelumnya, mengapa lebih ringan dari versi naked.
Bila logikanya seperti itu maka berat kotor dari CBR150R versi sebelumnya adalah 143kg + 5kg = 148kg.
Berikut diambil dari screenshot di website resmi (dan backup di archive.org). Bila tidak kelihatan maka berikut data berat kosongnya:
Honda CBR150R 2014 = 143kg
Honda CBR150R 2016 = 135kg
Honda CB150R 2016 = 136kg
Honda Megapro 2015 = 135kg
Honda Verza 2015 = 129kg
Hebat sekali karena Honda CBR150R beratnya bisa sama dengan megapro.
SukaSuka
Kritis juga kupasannya Melihat dari sudut yg lain. Bila dibandingkan produk yg lain pada umumnya yang naked lebih ringan. Dengan catatan rangka dan mesin sama hanya beda fairing. Bisa saja dengan material yg ringan namun Lebih kuat. Namun apakah mungkin karena material tersebut harga bisa saja jauh lebih mahal dr yg kuat dan berat. Apalagi minimum laba poduksi diotomotif 30% dr biaya produksi. Kalo yg ini pengalaman 3 th di perusahaan otomotif salah satu pabrikan libom. Semoga tidak mengecewakan soalnya saya suka bodinya asoiiiii.
SukaSuka
Bisa jadi untuk pegangan mesin CBR dibuat mirip vixion yang nggak ada besi besi banyak seperti di CB streetfire.
SukaSuka
keren ya yg new cbr ini. dohc lg
SukaSuka
mesinnya dari aluminium gan…
SukaSuka
mesinnya bukannya ngeplek persis dengan punya CB150?
SukaSuka
Maybe bahan lebih tipis
SukaSuka