Cara yang bisa lebih efektif menambah pasokan udara di motor matik daripada ganti dengan filter racing


Selama ini banyak yang kepikiran kalau menambah pasokan udara itu cara yang paling efektif adalah dengan mengganti filter standar dengan filter racing. Padahal ini bukan sesuatu yang mutlak.

Lagipula pakai filter racing itu bikin mesin kotor. Katanya motogokil:
[Pengenalan Mesin] Filter/Saringan Udara Penentu Tenaga Mesin yang Sering Terabaikan

Karena efek negatifnya yang sangat merusak mesin, maka membuka filter udara sangat tidak dianjurkan, apalagi kondisi jalannya berdebu (off-road). Bayangin kalo kotoran kayak gini masuk ruang bakar

Dan beginilah dampaknya terhadap mesin, jika kotoran2 tersebut masuk ke ruang bakar, mesin ngebul karena oli rembes ke ruang bakar, piston dan silinder beret.

Penulis ada dua temuan yang menunjukkan adanya cara yang lebih efektif daripada ganti filter racing. Temuan pertama penulis jumpai di motor Suzuki Spin. Di Suzuki Spin ternyata saluran udara dari luar filter lebih kecil daripada saluran yang menuju ke mesin:

Lebih dekat:

Jadi artinya percuma pasang filter racing kalau saluran dari luar tidak dibesarkan. Oleh karena itu penulis besarkan dengan cara melubangi tutup filter:

Cara itu manjur untuk menambah pasokan udara. Tapi pakai pertama terasa banget tarikan bawah berkurang. Di rpm tinggi enak, cuma masalahnya mentok ke rasio gigi sehingga top speed nggak nambah.

 

Di Honda Beat ESP justru kebalikannya. Saluran udara dari luar justru besar:

Tapi serem juga posisinya di bawah. Kalau pas banjir air mencapai bawahnya filter, bisa kesedot masuk airnya. Kalau filternya pakai yang racing mesin bisa nggak bakalan mati walau sudah kena air. Bisa kena water hammer. Kalau filter standard sih aman, karena kalau dilter udara basah maka mesin bakal matik, bakal susah banget menghidupkan mesin selama filternya basah. Itu gunanya Honda kasih obeng di bawah jok. Kalau kebanjiran biar bisa buka filter udara.

 

Saluran udara yang menuju mesin malah kecil dan juga panjang:

Dibuat kecil dan panjang itu sepertinya untuk membuat tenaga bisa lebih keluar di rpm bawah. Tapi tentu saja tenaga di rpm tinggi jadi terhambat. Percuma deh diganti filter racing.

Penjelasan motogokil:
Optimasi Performa Motor Selain VVA, Variable Intake-Exhaust Tuning

Panjang saluran sudah diperhitungkan berdasarkan frekuensi (rpm) tertentu dengan memanfaatkan fluktuasi tekanan positif dan negatif dalam intake. Pada saat putaran rendah, katup/klep tertutup sehingga udara melalui saluran intake yang lebih panjang. Saat itu torsi maksimal diperoleh pada rpm rendah, sedangkan pada rpm tinggi melemah. Oleh karena itu dengan membuka katup maka udara akan masuk ke dalam silinder melalui saluran intake yang lebih pendek, sehingga pada putaran tinggi pun torsi yang lebih besar masih bisa diperoleh.

Solusi yang lebih baik adalah dengan memperpendek saluran tersebut atau ganti dengan pipa yang lebih besar diameternya:

Tapi ini resiko ditanggung sendiri ya.

Menambah pasokan udara itu beresiko.
NGK – Some factors to consider in selecting the proper heat range spark plug

Excessively lean air-fuel mixtures can cause the cylinder and plug temperatures to increase, possibly resulting in knock and/or pre-ignition. This may cause damage to the spark plug and/or seriously damage the engine.

Intinya kalau campuran udara terlalu banyak akan bikin suhu ruang mesin panas. Terlalu panas bisa bikin pre-ignition yang sangat merusak mesin.

Bakal makin parah kalau pakai bensin premium / oktan rendah dan setelan motor terlalu irit. Bisa dicek dengan warna busi. Kalau sudah ada bintik bintik maka itu pertanda jelek. Oleh karena itu disarankan kalau sudah menambah pasokan udara, harus menambah pasokan bensin juga. Biar aman.

Modif ini cocok untuk dikombinasikan dengan cemenite dan pro capacitor karena keduanya lebih sip kalau campuran udara lebih banyak. Lagipula keduanya punya efek sedikit meningkatkan oktan juga. Tapi sebaiknya tetap cek warna busi.

10 respons untuk ‘Cara yang bisa lebih efektif menambah pasokan udara di motor matik daripada ganti dengan filter racing

  1. Kalo saluran udara (didalam box filter) yg menuju mesin dibikin memanjang dan membesar bertahap (macam terompet) dan saluran udara luar yg berada didalam box filter juga dilebarkan moncongnya, kira2 dampaknya gimana?

    Suka

      • yg ane maksud bukan soal pemakaian tabung YEIS nya Om, tapi dampaknya klo saluran selang didalam box filter matic yg menuju mesin itu dibikin macam terompet, membesar secara bertahap. soalnya ada produk corong (macam terompet) aftermarket buat nmax/aerox yg dipasang pada lubang didalam box filter, yg terhubung dg mesin, dimana didalamnya dibikin macam bilah kipas yg diklaim mampu membuat udara yg masuk ke mesin menjadi lebih homogen karna udara berputar melewati bilah kipas tadi. tapi ane blom tau beneran ngefek apa ngga klo matic dimodif begitu?

        namun kalo mengacu kalimat ini,

        “Dibuat kecil dan panjang itu sepertinya untuk membuat tenaga bisa lebih keluar di rpm bawah. Tapi tentu saja tenaga di rpm tinggi jadi terhambat.”

        kalau saja ada saluran udara intake variable yang bisa mengatur panjang dan pendeknya sendiri berdasarkan putaran mesin pasti akan didapat tenaga yg bisa keluar di RPM bawah dan atas, tapi klo motor matic mana bisa digituin?

        Suka

        • Setahu saya produk terompet itu bentuknya bukan membesar bertahap tapi lebih ke seperti berikut ini:

          Kalau yang makin ke dalam makin membesar kok rasanya tidak efektif. Pemasangan alat tersebut juga biasanya langsung di mulut karbu atau intake. Kalau dipasang setelah pipa agak panjang rasanya jadi percuma. Karena kan tenaga dipengaruhi seberapa sulit / mudah udara bisa masuk ke intake. Kalau sulit maka tenaga rpm rendah yang kuat. Kalau mudah tenaga rpm tinggi yang kuat.

          Kalau kipas itu menurut saya gunanya untuk mempersulit udara masuk. Efeknya sama dengan bila saluran intake dipanjangkan.

          Untuk membuat intake variable itu rasanya motor sport pun cuma yang mahal yang ada. Macam seperti yang di ducati, dimana saluran intake bisa panjang atau pendek:

          Suka

  2. Waktu buka filter mio sporty . Gue perhatikan lubang udara dari luar berada di bawah jok dan ukurannya juga kecil. Jadi gue berfikir apa ini yang menyebabkan kurang tenaga di tanjakan. Karena kurangnya pasokan angin. Akhrinya gue buka dkit tutup filter dan ganjel pakai kertas. Dan terasa tenaga motor lebih ada saat nanjak dan cepat bgt smpe top speed. Akhrnya nemu blog ini. Tanya bg kalau yg gue lakuin itu.. Ada efek nagatifnya gak??

    Suka

    • selama filtrasi udara bagus. tidak masalah. Kalau memang butuhnya rpm tinggi, saluran udara harus lebih plong. kalau butuhnya rpm rendah, saluran udara perlu panjang atau kecil.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.