YSS keluarkan produk baru pro plus, khusus Indonesia = keras, jangan beli deh kalau untuk Vario


YSS mengeluarkan produk suspensi belakang baru khusus matik single, namanya Pro Plus. Disebut khusus didesain untuk Indonesia.

Lihat kata kata khusus Indonesia itu sudah bisa dipastikan bahwa dijamin suspensi ini bakal keras:
Suspensi YSS Thailand untuk Indonesia Ternyata Dibikin Beda

Jadi memang yang untuk Indonesia, kan kita memang banyak jalan rusak ya. Jadi strut sama pernya berbeda. Pernya dibuat harus sedikit lebih keras supaya tidak mentok,” kata Teddy.

Dan ternyata memang iya. Keras.
Yang 300 mm (Beat / Mio / Nex II) ukurannya 46-25-45-205. Yang 330 mm (Vario 150) ukurannya 46-25-45-235:

45 adalah nilai per yang keras. Bisa dilihat sendiri nilai nilai per YSS yang lain, juga dibandingkan sama Ohlins:
Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu keras

Nilai per Ohlins untuk motor sekelas matik kecil Yamaha adalah 40. 45 agak ketinggian. Yang parah itu yang untuk Vario. Kalau bobot rider kurang dari 80 kg (penulis juga termasuk) maka harusnya cari yang nilai pernya 35. Tapi sama YSS dikasih 45.

Kalau per terlalu empuk macam skok DBS itu gampang. Kurang keras tinggal diputer preloadnya atau diberi ganjal per. Tapi kalau terlalu keras? Nggak bisa apa apa.

Jadi sebaiknya jangan beli kalau butuhnya suspensi empuk untuk Vario. Kalau untuk Beat, Mio dan Nex II masih masuk akal. Kalau ingin YSS empuk, pilihannya untuk Vario adalah K Series atau C-Euro yang nilai pernya 25-35.

btw perhatikan trik Ohlins untuk mencegah skok mentok, nilai per yang angka kecilnya dibesarin kalau angka besarnya dikecilin.

15 respons untuk ‘YSS keluarkan produk baru pro plus, khusus Indonesia = keras, jangan beli deh kalau untuk Vario

  1. Yss itu awal dipakai enak tapi biasanya setelah setahun per mulai amblas. Dengan spring rate yang keras, mungkin ketika per amblas barulah mulai terasa ‘normal’. Yang penting itu shocknya sanggup nggak ngimbangin spring rate kerasnya?

    Suka

  2. Trik biar ga mentok itu travel shock nya dipanjangin, bukan nya per dibikin keras,,
    Mana ada motor trail per nya keras
    Per keras lewat jalan rusak bukannya nyaman justru kayak malah g pake shock

    Suka

    • Iya.

      Ada lho yang pernya dipanjangin tapi tetap keras , namanya kebetulan ADV 🙂 . Mentok kalau untuk motor produksi rasanya karena ada bagian per yang useless.

      Suka

    • Kalau dari spek, cocoknya adalah YSS K-Series Gold (spring rate 25-35) atau YSS C-Euro (spring rate 25-35). Atau boleh coba DBS yang pakai tabung tambahan, jangan lupa preload dipakai agak banyak.

      Suka

  3. Mas tolong kasih saran,Istri berat 50 kg,motor freego.Kontur jalan yang sering dilalui beton dan polisi tidur. Shock yang nyaman dan empuk apa ya,buat berkendara santai.Thanks

    Suka

  4. Mau tanya om, saya habis dihibahi shock yss pro plus 330 dari kakak saya. Kira2 dipasang di beat fi 2017 bagus ga om? Berat saya 60an kg. Terus saya kerja jadi kurir. Kalo semisal bagus mau saya pakai. Thx before

    Suka

    • Itu punya Vario? Rasanya terlalu panjang. Tapi biasanya ukuran suspensi YSS untuk Vario itu sama dengan yang untuk Beat. DI vario terlalu keras, di beat nyaman. Jadi mungkin nyaman, tapi motor jadi 3 cm lebih tinggi.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.