Dibalik cerita “dugaan skandal bengkel AHASS”, biaya servis “biasanya” pun mengagetkan


Ada juga cerita bahwa ada mekanik yang sukanya mengkoleksi oli sisa dari yang dipakai konsumen:
Dugaan Skandal di Bengkel AHASS, Ini Kata Teknisi Honda
https://www.instagram.com/p/CVZEgRfpiU8/

Wah parah. Karena kan tidak dikurangi pun oli AHM oil itu kan terlalu encer untuk pemakaian di Indonesia. Nggak usah dikurang kurangi pun ya bakalan tetap banyak berkurang. Baru kalau pakai oli lebih kental atau dicampuri minyak goreng oli tidak banyak berkurang.

Ada juga cerita lain di instagram itu, baut dikendorin:

candra3g3g
Modus yg pernah sy alami, motor masuk normal cuma pgn servis tiup2 cvt dan ganti oli, pas bongkar d bilang abc mesti ganti , sy bilang ga usah ganti , ok d pasang lagi, baru jalan 30 menit dr bengkel suara aneh grobalk2 dari cvt, karena emergency , cari bengkel terdekat, daaaaann eng ing eng… Baut cvt dalam sengaja tidak di kencang in alias masih kendor akhirnya cvt jebol, alhasil .. Niat servis malah mesin ambrol… Semoga dimudahkan kelak hisab bengkel nakal yg begitu niat mencekik customer 🙏

Tapi yang bikin penulis pingin kasihan sekaligus merasa kebangetan adalah cerita lain di artikel tersebut. Bukan soal ganti roller tiap kali servis, dan sudah bayar tapi nggak diganti beneran

“Waktu servis motor ketiga di bengkel resmi itu kan ada ganti roller, yaudah saya ganti rollernya. 3 bulan kemudian pas servis keempat, mekaniknya suruh ganti lagi rollernya,” ucap Mawar saat dihubungi Kompas.com, Minggu (24/10/2021).

“Saya tidak mengerti, bagaimana kondisi roller yang masih baru dan yang sudah bengkok (harus diganti). Ternyata mekaniknya bilang kalau servis kemarin (ketiga) itu rollernya belum diganti, hanya diganjal doang, karena kondisi rollernya terlihat masih bengkok,” kata dia.

Yang bikin kaget ini:

Wanita berusia 27 tahun ini mengaku harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 700.000 untuk servis sepeda motor matiknya. Padahal biasanya ia hanya mengeluarkan dana sekitar Rp 300.000 sampai Rp 400.000. “Kaget pas tahu biaya servisnya Rp 700.000, itu pun juga belum tuntas, karena katanya masih banyak parts yang harus diganti. Padahal saat ditanya ke tempat lain, tidak harus sampai segitunya (komponen yang diganti),” ucap Indri.

Ho oh memang 700 ribu itu bikin kaget. Tapi biaya servis “hanya” 300-400 ribu pun bikin sangat terkaget kaget juga! Diapain saja motornya itu? Wah padahal penulis sudah merasa biaya yang selalu lebih dari 200 ribu tiap servis saat Beat masih baru itu kemahalan. Penulis lupa bahwa itu tarif bertahun tahun tahun yang lalu!

Saat itu yang bikin mahal adalah filter udara, busi dan carbon clean. Padahal Honda punya carbon clean, tapi konsumen kayaknya disuruh beli carbon clean merek Cina satu botol, dan sisanya jadi hak bengkel. Mungkin jaman sekarang sudah ketambahan engine flush untuk mesin dan transmisi.

Siapa bilang biaya perawatan resmi Honda itu murah? Padahal diwajibkan servis ke AHASS biar garansi nggak hilang?

update: Berikut contoh penolakan servis yang diinfokan bro Sena Ponda:
https://www.facebook.com/bennythegreat/posts/10158598689038230

Sena Ponda
Benny Nugroho Kalau video ini Real motor baru turun dari Dealer ambrol mesin nya, kejadia Maret 2021, ordo msh Kilometer 60km.
Korban orang Cibinong.
Claimnya sempat ditolak Maen Dealer, sblm akhirnya diterima gegara liputannya masuk ke Kompas Online dan ownernya nggruduk MD bw bbrp rekannya pk otot💪…🤭🤪
Tul nggak Ade JSp Fandriady …🤗😁

Sena Ponda
Jadi kalau style HC3 kalau melihat level Faillure bya parah, hal yg pertama dilakukan adalah menyalahkan Customernya lalai..
Kalau gak mempan lanjut menyalahkan lingkungan.
Kalau msh gak mempan, customer disuruh
bola bali apel AHASS …🤭
Benny Nugroho kasus crankcase bolong sudah saya prediksi jauh hari sebelumnya sebelum korban pertama jatuh menimpa owner asal Cikarang Maret 2021.
Aku dah info ke wong ……. Nya🤭🤭
Design engine mounting diatas plus travel shock blakang yg panjang, ditambanh spring rate yg melehoy ditambah engine clearance yg pendek ..
Bukan salah customer dan lingkungan ..
Emang motor ini diriset byat customer dijalanan Singapore??😁😁🤪🤪

Sena Ponda
Benny Nugroho nah yang ini korban dari Indramayu, kejadian April 2021 km 160, kejadianbya mirip dgn kasus diatas, oil pump faillure. Masih dihandle oleh MD yang sama, diawali dgn penolakan klaim….🙏
Alhamdulillah klaim diterima setelah owner wani ngeyel dgn technical argumentation💪

34 respons untuk ‘Dibalik cerita “dugaan skandal bengkel AHASS”, biaya servis “biasanya” pun mengagetkan

  1. Sudah sejak dulu. Setiap di AHASS selalu diminta ganti macam-macam, motor gw yg ga kenapa-kenapa di rekomendasiin turun mesin karena KM uda 60 ribu. Gw tanya balik buku dasarnya apa spt itu? Ga bisa jawab. Kan Aneh.

    Kalau sudah sperti ini dan kepet bisa jadi tuh mekanik bakal “Sabotase” motor….

    Suka

  2. Bini gw mencak2 setiap x service. Karena service nya lebih mahal dr MX King gw. Dia sekali service bisa 250-300rb. sedangkan gw cm 100-150rb (ini udh ama kuras radiator dan isi baru).

    AHASS lebih mahal drpd Yamaha. Dan sampai skrg gw msh pake Yamaha buat harian. Vega RR atau MX King.

    Suka

    • Servis apaan tu mas?
      Kok smpe 250-300rb?
      Sy aja dl saat masi nyervis beat ke ahss biaya 80rb aja uda sy anggap mahal.
      Skrg sukanya nyervis beat di bngkel umum,biayanya 40rb-50rb dn hasilnya memuaskan.

      Disukai oleh 1 orang

      • Klo menurut pengalaman saya klo servis di bengkel resmi h*nd* habis servis motor kurang enak, mekaniknya muda2 seperti masih amatir. Dulu sering direkomendasikan ganti sparepart. Mending dibengkel umum yang berpengalaman dan murah meriah.

        Suka

      • service standar, ganti olie gardan dan mesin + bersihin gardan. itu doank bisa 250rb. Klo ama radiator bisa 300rb. Padahal gw pake MX King 150rb itu udh ama kuras radiator.

        Suka

        • Sy nyervis beat ke ahss 80rb tu cm servisnya aja, dsana ada fasilitas pijat gratis di ruang tunggunya,
          Tp hasil servis motorny tdk memuaskan.

          Suka

  3. Waktu belum ngerti motor (beat fi pertama), mampir ke ahass dket rumah, motor berusia kurleb setahun dan odo tiap bulan paling di 1000an km. Karena ada suara berisik di cvt, niat ganti oli sekalian servis cvt. Setelah bongkar, mekanik nya bilang suara berisik berasal dari as pulley belakang, solusi harus ganti as pulley dengan biaya sparepart plus jasa sekitar 250rb an. krn budget kurang, akhirnya ditunda dulu. tapi karena penasaran dan suara berisik di sekitar cvt cukup mengganggu, akhirnya melipir ke bengkel biasa rekomendasi teman, dan solusi yg diberikan mekanik yakni penggantian laher tutup cvt, dimna harga partnya plus jasa hanya 60rb an saja, suara berisik langsung lenyap. Sejak itu mungkin udh hampir 7 thn udh ga pernah lagi mampir ke ahass.

    Suka

  4. Ke beres sy cm beli sparepart nya saja, walau kecewa jg krn hrga mahal, kepepet krn di bengkel2 langganan sdg tdk ada stok, urusan pasang sm perbaikan mending tetep serahkan ke bngkel umum langganan.

    Suka

  5. 4 tahun NCB cuma diservis gratis aja, selebihnya ga pernah ke bengkel

    Servis mesin injeksi itu asal oli bagus dan rutin bisa 2-3 tahun sekali (tapi harus bersihin injektor dan carbon cleaner)

    Kalo servis lain seperti kaki2, rangka, cvt ga usah lah ke bengkel resmi

    Suka

  6. saya pernah PKL di AHASS dulu waktu SMK di daerah depok, kurang lebih sama dengan yg ditulis screenshotan paling atas. para mekanik tidak semua menuang oli ke motor, rata rata meraka menyisakan hmpir seperempat oli buat dikumpulin tiap jenisnya, tapi ada juga yg langsung campur antara oli matic dan kopling basah. kadang mereka sampai dapat 4 botol perhari, dibawa pulang buat dijual lagi tapi…. yg mereka bawa pulang bukan oli yg dikumpulin tadi melainkan oli tsb sudah ditukar dengan oli segel utuh sewaktu mau ganti oli konsumen di AHASS. diantara 7 mekanik semuanya sama. baut bagasi patah kadang di lem. ECU vario konslet di jumper bilangnya ganti ECU. shock bagusdibilang suruh ganti. aki motor pun dapat perlakuan sama. kalo estimasi penggantian part kadang dilebih lebihin buat targer penjualan sparepart toko. saya PKL sebulan udah tau tabiat & kebusukan di AHASS. yg anehnya masih ada orang servis ke AHASS yg mana ga tau kebusukannya. malah ngasih uang TIPS ga jarang sampai 50K per motor 😀 share dikit pengalaman saya Pak bukan mau menjatuhkan nama besar AHASS, soalnya di YAMAHA pun gajauh beda kata teman seperPKL an saya dulu. hahahha 😀 paling ideal y ganti sendiri oli atau part kalo bisa sendiri atau masih mendingan pergi ke bengkelucok pinggir jalan kita bisa lihat langsung. soalnya kalo di AHASS disediakan ruang tunggu plus TV WIFI KOPI biar ga liat motor dibongkar atau malah dirusak

    Disukai oleh 2 orang

    • terima kasih sharingnya. Wah parah juga ya.

      Iya, saya yakin benar terjadi seperti itu karena memang banyak hal yang mencurigakan di bengkel resmi.

      Iya, entah mengapa konsumen dilarang melihat kerjanya.

      Suka

    • Ada juga kok konsumen nongkrong di ruang tunggu yg bersebelahan dengan ruang servis tp cmn dibatasi dengan kaca agar konsumen bisa lihat semua penjuru dalam ruang servisnya

      Suka

  7. Share pengalaman aja Pak, di beres Yamaha pun hampir sama seperti itu. Dulu waktu masih ada jatah servis gratis, interval servis yang harusnya 1-3-6-12 (dalam hitungan bulan), cuma jadi 1-1-1-1. Alhasil jatah servis gratis saya habis dalam masa 4 bulan. Selama 4x servis itu pun motor cuma diganti oli, cek busi, cek pakai tools injeksi, sisanya digeber-geber doang. Pas ganti oli mesin pun nggak dikeluarin semua waktu di drain. Oli baru yang dituang cuma 3/4 botol. Dulu pernah servis cvt di bengkel yang sama, grease yang ada 2 botol kecil pun cuma dipakai 1/2 dari 1 botol. Sisa 1 1/2 botol pun diambil mekanik, padahal itu saya beli lho. Tapi nggak semua bengkel resmi begitu sih, tapi biasanya yang begitu bengkel besar. Beres kecil biasanya lebih jujur dalam hal servis & sparepart. Ini cuma pengalaman saya, bukan bermaksud untuk menjelek-jelekkan brand tertentu.

    Suka

    • wah, saya belum ada pengalaman seperti itu. Mungkin karena di tempat saya konsumennya bisa lihat langsung motornya kalau mau. Atau karena saya nggak pernah ganti oli di Yamaha lagi (ganti sendiri). Yang saya alami itu servis tetap sesuai waktu / km. Cuma waktu servis motornya didiemin lamaaa sambil di charge, terus tahu tahu dianggap selesai. Mungkin tradisi servis di Yamaha memang policynya motor nggak usah di apa apain kali ya.

      Suka

    • Gw service MX King dr pertama sampe skrg itu per 3 bulan karena motor jg motor cape. Jaman pandemi ini jadi 6 bulan sekali palingan krn ya jarang di pake juga.

      Apalg yg Vega. Wahahahaaha…

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.