AHM: yang di rangka Vario 160 itu bukan karat tapi silikon hasil proses ngelas, karat hasil ngelas nggak dihilangkan!


Akhirnya AHM telah mengeluarkan klarifikasi soal yang coklat coklat di rangkanya vario 160:
JAWABAN AHM RANGKA eSAF HONDA BERKARAT, KEROPOS, PATAH. KALAU BUKAN KARAT LALU APA? l Otomotif TV

Dalam penjelasan tersebut, dijelaskan bahwa yang kelihatan coklat di rangka baru Honda Vario 160 bukanlah karat, tapi silika, yang bentuknya seperti foto di atas.

Dijelaskan bahwa munculnya silikat atau silikon tersebut adalah reaksi ketika dilakukan proses pengelasan yang menggunakan metode MIG atau metal inert gas. Metode ini menggunakan bantuan gas inert untuk mengurangi terjadinya oksidasi.
https://fractory.com/mig-welding-explained/

Dari AHM sepertinya menggunakan CO2.

Silkat yang terjadi ini katanya warnanya bening, coklat dan mengkilat. Sifatnya seperti cat yang melindungi rangka dari oksidasi. Efek lain adalah silikat menghalangi proses pengecatan sehingga jadi bagian yang ada silikatnya tidak kena cat.

Ada masalah pada pernyataan ini karena dikesankan bahwa silikat adalah hal yang baik. Padahal di informasi yang beredar, justru ini kurang baik efeknya:
https://fsmdirect.com/detrimental-elements/

Munculnya silikat juga menunjukkan proses pengelasan yang kurang sempurna:
https://www.jlwranglerforums.com/forum/threads/nhtsa-development-petition-for-frame-welds-investigation.12067/page-2

 

Walau di video dijelaskan bahwa silikat merupakan sebuah bagian normal dari pengelasan. Kedua referensi tersebut menunjukkan bahwa silikat merupakan hasil yang tidak diinginkan dari pengelasan.

Dan yang penulis kaget adalah setelah proses pengelasan ini, rangka tidak dibersihkan dulu, tapi langsung di cat. Padahal dari gambar proses produksi terlihat jelas bahwa pada rangka terjadi oksidasi (karat) pada beberapa bagian yang ditunjukkan dari warna kuning atau bahkan coklat gelap:
Melihat Pembuatan Rangka Honda Genio Langsung dari Pabriknya, Robotik dan Mirip Mobil l GridOto

Padahal dari industri sendiri terlihat bahwa setelah proses pengelasan, dilakukan proses pembersihan yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:
bisa dibersihkan pakai las listrik:
https://cougartron.com/us/powerful-weld-cleaner-for-heavy-oxidation/
https://www.laserax.com/laser-cleaning-welding-applications

laser:

electrolytic:

kimia:

Padahal secara standarnya harus dibersihkan dulu, tapi dari AHM tidak melakukannya. Rasanya ini yang jadi salah satu penyebab mengapa rangka esaf Honda jadi mudah berkarat. Karena biang karatnya sendiri oleh Honda tidak dibersihkan.

Makin fatal bila kemudian motor sering dipakai di jalan yang basah, yang menyebabkan air banyak kena rangka depan. Yang kemudian tentunya airnya akan mengumpul di bagian bawah rangka depan, seperti bisa dilihat di contoh berikut:
Youtube:

Facebook:
https://www.facebook.com/groups/200751074003723/posts/1482143955864422/

Di yang berikut sepertinya jarang dipakai hujan sehingga tidak parah. Tapi seperti bisa dilihat, masih terjadi karat juga:

Semua itu contoh dari motor Vario 160, motor yang dipamerkan di penjelasan AHM:

Lihat viralnya berita ini, tidak heran kalau motor Honda akan berkurang penjualannya. Apalagi melihat respon Honda seperti ini. Padahal jelas sudah terjadi karat, kok kasih penjelasan itu bukan karat.

2 respons untuk ‘AHM: yang di rangka Vario 160 itu bukan karat tapi silikon hasil proses ngelas, karat hasil ngelas nggak dihilangkan!

  1. kalau memang itu silikat dianggap wajar sm honda, okelah krn yamaha sbg pabrikan rival terdekatnya hasil las2annya juga tidak sebagus suzuki, meskipun tentu masih lebih mending yamaha. produk mio series ada saja karat dan sesuatu yg disebut silikat itu di rangkanya. namun masalahnya adalah, karat di honda bisa sampai menghancurkan rangka dalam waktu yg singkat (esaf diperkenalkan 2019 dan hancur pada 2023) sedangkan yamaha hanya mentok cuma karatan saja, tidak hancur…..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.