Rangka patah keropos kena karat di ESAFnya motor matik Honda sudah dari desain, ini 2 solusi pencegahannya


Seminggu ini rame cerita soal motor matik Honda terutama yang produksi baru yang rangkanya jadi patah. Viral sepertinya dari tiktok dulu, seperti contoh berikut, Honda Beat Deluxe yang modelnya ala ala Vario old:

Ada banyak penjelasan mengapa ini bisa terjadi, kebanyakan menyebut ini kesalahan produksi atau kesalahan pemilihan material. Penulis punya versi tersendiri, yang poin utamanya bukan keduanya.

Penulis punya pikiran sendiri karena penulis melihat kasus berikut:

Perhatikan bahwa bagian depan yang mengalami keropos. Dari banyak kasus juga bagian itu yang terutama kena. Hal ini tentu tidak sesuai dengan dugaan dari banyak orang yang menyebutkan ini terjadi karena banjir. Juga jelas bukan karena dicuci. Karena kalau dicuci, maka bagian belakang juga akan kena. Tapi jelas ini bagian depan saja.

Jadi makin jelas bila kita melihat contoh berikut:

Perhatikan bahwa karat terjadi mulai dari bagian depan atas. Sementara bagian belakang relatif bebas karat:

Jadi bisa kita simpulkan bahwa penyebab karat sumbernya dari air yang menyiprat di bagian depan rangka.

Dari mana itu? Rasanya sumbernya cuma satu, yaitu dari cipratan air yang gagal dihalangi oleh spakbor depan.

Dan ini buktinya, diambil dari motor Honda Beat Deluxe:

Perhatikan bahwa cipratan air bisa sampai mengenai bagian rangka yang ada di belakangnya juga.

Dan jangan remehkan efek dari cipratan air ini. Karena bahkan di Yamaha NMAX yang banyak orang beranggapan kualitas rangka lebih bagus pun cipratan air ini bisa menyebabkan karat yang cukup banyak:

Penyebabnya adalah lagi lagi karena spakbor tidak bisa melindungi dengan baik. Sepertinya ini sudah jadi ciri dari desain Jepang, tidak mampu bikin spakbor yang bekerja dengan baik.

Sekarang ini penulis menggunakan plastik untuk membuat spakbor bekerja lebih baik:

Dan berikut kondisi rangka depan motor penulis sekarang:

Jelas jauh lebih membaik.

Jadi menurut penulis, salah satu penyebab utama dari rangka matik Honda patah adalah karena spakbor yang (mungkin super sangat cocok sekali dipakai di Jepang) tidak cocok untuk kondisi Indonesia. Karena di NMAX pun ada kasus rangka depan karatan:

Vario 160 pun juga kena:

 

Jadi menurut penulis yang perlu dilakukan oleh pemilik Honda Beat Deluxe sekarang adalah mengakali spakbor sedemikian rupa sehingga air cipratan dari ban tidak lagi mengenai rangka.

Jangan berharap insinyur Jepang bakal mengatasi hal ini. Mereka nggak mampu. Jadi harus dari kita sendiri yang usaha.

 

Yang berikutnya adalah dari sisi perubahan penggunaan rangka logamnya. Karena sebenarnya spakbor dari motor matik kecil Honda sebelumnya juga salah desain juga:

Sama sama kena cipratan air tapi yang lama lebih tahan, mengapa? Karena rangka yang baru didesain sehingga lebih mudah rusak bila kena air hujan karena penggunaan logam yang lebih tipis. Hal ini gamblang diakui oleh desainer Jepangnya, yaitu poin pertama = murah:
Harga Motor Honda Genio Murah Karena Sasisnya Aneh dan Pertama Dipakai di Indonesia

Nah, kata Makoto Dohi Chief Engine Honda Monozukuri Centre, salah satu yang bikin harga motor baru Honda Genio bisa murah karena sasisnya. Yang membuat lebih murah karena sistem produksi sasis model begini dari video yang diperlihatkan hanya butuh satu orang.

Selain murah, bahan juga lebih tipis dan lebih ringan:
Apa Itu Teknologi eSAF??

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya. Karenanya, bobot rangka jadi lebih ringan 8 persen dibanding rangka skutik Honda sebelumnya.

Penggunaan plat ini membuat rangka yang keropos mau tidak mau harus diganti karena memang sudah tidak ada kekuatan lagi:

Rangka yang baru ada yang bilang harganya 1,1 juta.

Yang masalah, penulis jumpai bahwa rangka yang baru keluar dari pabrikan kelihatan ada karatnya ketika belum di cat:
Melihat Langsung Proses Pembuatan Rangka ESAF & Bedah Teknologi Honda Genio

Entengnya Rangka eSAF Skutik Honda Genio, Cewek Juga Kuat Ngangkat

Entah apakah karat tersebut bakal dihilangkan dulu atau langsung di cat. Kalau langsung di cat maka bibit karat akan segera merebak kalau rangka kena basah air hujan.

Juga perlu tahu yang buatan Jepang:
ホンダが新型フレーム〈eSAF〉を搭載した110ccスクーター「Genio」をインドネシアで発表!

Beda dari buatan Indonesia:
Harga Motor Honda Genio Murah Karena Sasisnya Aneh dan Pertama Dipakai di Indonesia

Versi Jepang:

Versi Indonesia:

Jelas kualitas tidak setara.

Untuk mengatasi karat ini kita juga bisa mencoba menggunakan metode yang dipakai di perkapalan, yaitu dengan mengunakan sacrifice anode:
Time to Sink Zinc: Alternative Metals for Sacrificial Anodes

Caranya misalnya dengan pasang ring aluminium (atau zinc) di baut bagian berikut::
Rangka eSAF Honda Genio Suguhkan Kelincahan dan Kenyamanan, Ini Rahasianya

Ada yang jual:

Tapi entah itu aluminium betulan atau tidak. Rasanya lebih mending buat sendiri dari plat nomor bekas.

Dan ingat ya, karena bakal kemakan duluan sama karat, maka baut kadang harus dirapatkan lagi karena bakal kendor seiring banyaknya cipratan air ke rangka.

Jadi solusi ada dua, spakbor dibenahi, dan baut bawah depan dikasih ring aluminium. Dirawat saja tidak cukup.

Walau ada juga yang ngasih solusi untuk jangan beli motor matik Honda atau dijual saja. Tapi itu tergantung selera. Ada kalanya “situasi” menuntut harus memiliki motor honda mau bagaimanapun tidak nyamannya atau ribet sering rusaknya atau mahal perawatannya.

17 respons untuk ‘Rangka patah keropos kena karat di ESAFnya motor matik Honda sudah dari desain, ini 2 solusi pencegahannya

    • entah ya, kalau rusaknya terjadi dalam ribuan kmn / kurang dari setahun, maka produk akan jadi terkenal sebagai produk ringkih. kalau dulu terkenal 3 tahun motor pasti sudah nggak enak, sepertinya masih dalam toleransi orang indonesia.

      Suka

      • kenapa ya konsumen Indonesia sangat toleran? Kalau alasan kurang pilihan kan ada Yamaha dan Suzuki.

        Jadi inget scam printer yg harga cartridge tintanya hampir semahal printernya, dah gitu tintanya dikit banget, tapi tetep aja orang pada beli. Baru belakangan ini pabrikan agak insyaf dan ngeluarin teknologi “infus” resmi yg lebih rapi dari oprekan.
        Bisa diadikan konten pak 😉

        Suka

  1. rasanya yg dibahas ma Kupas Motor ada benarnya tp masalahnya kl sdh kita akali ttp karat dan keropos satu hal yg kita lakukan adalah flinkote anti karat sebody pas beli baru aman tuk 5 tahun hy karna ini rubber pas mau di flinkote kembali yg lama susah di bersihkan paling cari flinkote yg clear wl susah carinya kl motor da dipakai dan sudah karat tp blm keropos parah ya didempul dahulu ,cat ,flinkote clear selesai , eh maaf blm selesai tak semudah itu karna biaya dan waktu tak mungkin bs diberikan pemilik motor dgn motornya karna sepele aja oli aja sering telat ganti aplg urus krangka motor iya kan jd ya balik lg ke pemilik motor sediakah waktu dan uang buat hal tsb

    Suka

    • wah menarik juga triknya. Mengapa perlu diaplikasikan kembali setelah 5 tahun?

      memang triknya bagaimana caranya cairan tidak bisa masuk ke dalam rangka bila ada celah. tapi rasanya cukup sulit ya karena didesain ada lubangnya.

      Suka

      • karna flinkote itu rubber base setelah 5 tahun mengering ada yg mengelupas sendiri ada yg nempel banget inilah yg susah dibersihkan kan tak mungkin kita lsg aja flinkote ulang😁mala jd jelek nantinya plg mudah ya pakai wd40 sebulan sekali semprot pas servis bulanan ini wd40 tdk mudah kering wl kering tercipta lapisan lilin kl pakai pakai ulang akan masuk ke pori pori logam tsb jd tak mudah karat hy keliatan minyak look hy tak terlihat karna tertutup body motor ini lbh murah beli wd40 setahun plg hy 3 kaleng aja bs semprot sendiri tanpa perlu ke bengkel aman tuk soket kabel dll dan bor bagian terendah rangka sekalian lubang tsb disemprot wd40 pula kl dah sering kena wd40 aman dr keropos wl ada karat tp msh aman dr keropos

        Suka

  2. Gimana prof soal Ahm sudah klarifikasi katanya bercak kuning itu silikat untuk melindungi bekas welding biar enggak karatan.
    Tapi secara logika masak klarifikasi pakai masker hitam dan tes lap dengan tisu agak mencurigakan soalnya kadang karat yang tidak parah kalau di lap tissu tidak akan berbekas apalagi sebelum di lap tisu kering udah dibersihin dulu.

    Suka

  3. di IG & FB resmi honda yg katanya klarifikasi, harusnya ada pimpinan atau pejabat yang pasang badan menjelaskan atau menenangkan konsumen atau calon pembeli. ini malah sewa influencer gajelas pake masker hitam ketutup wajahnya kayak penjahat. keliatan kalo mereka lagi tersudut sih. mudah2an cepet sadar.

    Suka

  4. Menurut saya tidak hanya eSAF pak, karena motor pasca covid rata rata begitu, kemarin saya iseng sama teman saya bongkar vario 125 edisi facelift 2023 ini, dan hasilnya ada karat /sisa kotoran las begitu. Saya dan temen saya jadi ngeri ngeri sedap soalnya motor rencananya buat motor capek .

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.