Cara praktis mengatasi Lampu depan LED yang putih kebiruan yang bikin tidak bisa lihat jalan kalau cuaca buruk


Artikel sebelumnya membahas teori dan testimoni tentang efek penggunaan lampu yang telalu putih atau biru di saat cuaca buruk.
Lampu depan dengan LED justru jadi merugikan pengendara karena pemilihan warna yang salah

Warna lampu depan yang putih kebiruan justru mengurangi pengelihatan di saat cuaca buruk. Cara yang paling tepat adalah mengganti lampu dengan yang warnanya lebih kuning. Namun karena aplikasi lampu LED ini masih lumayan baru, masih belum ada yang menyediakan.

Penggantian dengan lampu Halogen atau bola lampu biasa juga sukar untuk dilakukan. Lampu depan yang ditawarkan tidak dirancang untuk bisa diganti dengan lampu biasa. Bisa dilihat pada artikel tentang posisi LED pada lampu depan Honda Vario 150, bahwa LED terletak tersembunyi di bagian belakang atas dari reflector. Penggantian dengan lampu biasa akan susah ataupun bila dipaksakan, pancaran cahaya bisa malah menyilaukan pengendara lain.
Mengetahui posisi lampu depan LED dari Honda Vario 150 yang tersembunyi

 

Cara praktis yang bisa dilakukan sementara ini adalah dengan memanfaatkan cutting sticker transparant warna kuning. Seperti berikut ini, maaf contohnya pakai mobil:
IMG04602-20120704-1516

8676432122

 

Sebaiknya jangan yang coklat atau merah. Karena pergeseran warna yang terlalu banyak dari warna asli LED yang putih kebiruan akan mengurangi kekuatan cahaya terlalu banyak. Warna kuning tidak akan terlalu banyak mengurangi warna dari lampu depan yang putih, tapi paling tidak akan sedikit membantu mengurangi kebutaan pandangan saat cuaca buruk. Warna yang lebih pekat bisa membuat warna menjadi lebih kuning tapi akan juga diiringi pengurangan kekuatan cahaya.

Kalau dari soal harga, mungkin modifikasi ini akan jauh lebih murah daripada harga lampu LED pengganti, namun bisa tetap lebih mahal daripada harga lampu biasa.

Semoga bisa membantu. Yang paling pas adalah kalau pihak pabrikan bisa sadar bahwa pakai lampu depan putih itu justru merugikan. Cuma kelihatan beda, tapi pengendara lain lebih tidak respek.

Pingin keren boleh, tapi kalau sampai dibenci orang percuma saja, jadi nggak keren.

8 thoughts on “Cara praktis mengatasi Lampu depan LED yang putih kebiruan yang bikin tidak bisa lihat jalan kalau cuaca buruk

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s