Saat sedang menggunakan motor Honda Beat, penulis kaget saat mengetahui bahwa lampu depan tetap menyala walau mesin sudah mati. Ini terjadi baik saat standar samping di turunkan, dimana mesin otomatis mati karena fasilitas standar samping otomatis, dan juga saat kendaraan berhenti setelah habis dipakai jalan karena fasilitas idling stop system.
Berikut video yang menunjukkan hal tersebut. Selagi motor menyala, bila standar samping diturunkan mesin akan mati, tapi lampu depan masih menyala:
Saat mesin mati karena fasilitas ISS, ternyata lampu depan juga masih menyala, video berikut menunjukkan lampu indikator ISS yang berkedip sebagai tanda fitur ISS sedang aktif, mesin akan menyala lagi bila digas, lampu tidak pernah mati selama itu:
Bagi penulis ini adalah masalah besar. Dengan masih menyalanya lampu selagi mesin mati akan menimbulkan kerusakan pada aki. berikut penjelasannya:
- Lampu depan / belakang yang menyala dengan hanya mengandalkan aki akan membebani aki. Aki akan lebih awet bila arus yang dipakai lebih kecil dari kapasitasnya. Sementara itu lampu depan/belakang memakan arus kira kira 4 Amper yang sudah mendekati limit dari kapasitas aki motor yang biasanya 4.5 Amper.
- Ini diperparah saat motor dinyalakan lagi karena dinamo starter akan juga menyedot arus yang besar dari aki. Umur aki akan berkurang bila sering dipaksa untuk bekerja melebihi kapasitasnya . Pada keadaan normal ini tidak terjadi karena lampu depan masih mati saat motor dinyalakan. Dengan lampu yang menyala sebelum distarter maka aki dipaksa memasok arus yang berlebihan. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa menggerakkan dinamo motor butuh arus besar saat pertama kali. Normalnya juga lampu tidak menyedot arus dari aki namun langsung dari alternator / dinamo pembangkit listrik di motor.
- Saat lampu masih menyala dan mesin mati, maka sumber daya satu satunya adalah dari aki. Listrik yang tersimpan pada aki akan berkurang secara signifikan karena dipakai untuk menyalakan lampu yang butuh daya besar. Bila terlalu lama maka aki bisa tekor dan aki bisa tidak mampu menyalakan dinamo starter. Pengisian listrik ke aki saat motor jalan bisa saja tidak cukup untuk mengembalikan arus yang disedot saat mesin mati, terutama bila motor sering harus berhenti. Aki bila sering dipaksa disedot arusnya sampai habis akan tidak awet dan cepat rusak.
Masalah ini tidak bisa diatasi dengan capacitor bank karena problemnya adalah tidak adanya catu daya. Capacitor bank cuma bisa membantu beberapa detik saja, selepas itu akan ambil daya dari aki lagi. Mungkin super capacitor bisa membantu namun dari sisi harga lebih mending menambah aki satu lagi. Tapi masa ya harus sampai pakai solusi ini? solusi yang lebih benar adalah dengan memperbaiki bug tersebut. Lampu dibuat mati bila mesin motor mati.
Penulis curiga bahwa aki tekor ini adalah masalah bagi motor matik Honda karena saat motor diterima, bagian delivery mewanti – wanti agar tidak mengandalkan starter elektrik saat menyalakan motor di pagi hari. Mereka menyarankan agar menggunakan starter kaki. Penulis merasa aneh dengan saran ini karena selama ini motor matik penulis yang lama tidak masalah walau selalu pakai starter elektrik.
Penulis curiga bahwa aki tekor tersebut terjadi karena pemakai motor matik Honda tidak sadar bahwa lampu depan yang masih menyala saat motor mati bisa membuat aki tekor. Penulis juga curiga bahwa karena saking seringnya ada komplin aki tekor di dealer membuat pihak delivery sampai harus mewanti wanti konsumen untuk tidak sering menggunakan starter elektrik.
Saran penulis bagi pemilik motor matik Honda yang mempunyai fasilitas idling stop system dan standar samping otomatis untuk menggunakan fasilitas tersebut dengan berhati hati. Beri tahu juga anggota keluarga tentang kelemahan dari fasilitas tersebut. Jangan sampai mereka harus terpaksa menstarter kendaraan pakai standar tengah karena termasuk susah untuk menstandar tengah motor Honda, apalagi kalau perempuan.
Beritahu juga kemungkinan akinya tekor agar mereka tahu bahwa motor bisa dinyalakan dengan starter kaki dan tidak sampai harus menuntun motor berkilo kilometer ke bengkel.
Bagi bro yang punya motor dengan bug ini, mari sama sama komplin ke Honda. Untuk solusi sementara, bila motor diperkirakan akan mati agak lama maka mending kunci kontak dimatikan. Biasakan untuk mematikan kunci kontak sebelum menurunkan standar samping. Bila sering lupa, fasilitas ISS sekalian dimatikan saja.
Edit:
Tambahan info baru, dari desain asli Honda Jepang, aki harusnya tidak sampai discharge / terpakai arusnya saat ISS aktif walau di jalur sibuk / macet. Batre tidak boleh discharge agar starter motor sanggup menyalakan mesin. Menjadi masalah bila batre dipaksa harus discharge / dipakai arusnya untuk menyalakan lampu saat mesin mati.
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
Charging system designed to prevent discharging of the battery
It is necessary to increase charging capacity for an “idling stop” vehicle compared to a vehicle that with idling. This is necessary because the battery is not charging when the vehicle is stopping for a traffic signal etc.
An “idling stop” vehicle cannot restart if the battery is discharged and the starter motor cannot crank the engine. To cope with the aforementioned, the charging output from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a level that prevents the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.Reduced friction from the power generation
When an “idling stop system” is applied, due to lack of power generation during stopping, the electrical loads, such as the headlamp, draw a considerable amount of power from the battery when stopping. Power consumed from the battery during stopping is quickly recovered from the alternator when the engine revolutions increase and the power generation starts. A considerable amount of mechanical energy from the engine must be consumed for the power generation by the alternator, resulting in weak vehicle acceleration.Friction from power generation
The charging voltage at the time of start is regulated. To reduce friction from power generation, and to ensure strong vehicle acceleration when equipped with the “idling stop system”, the charging voltage is lowered to 12 volts from the normally regulated voltage of 14.5 volts for a prescribed period of time. In doing so, the battery is not charged during vehicle acceleration, and charged only during constant speed or deceleration. Charging during deceleration is especially effective because it means an efficient use of energy.
Dijelaskan pula bahwa untuk meningkatkan akselerasi setelah awalan, daya charging dikurangi karena charging butuh daya yang bisa mengurangi tenaga. Selama 5 detik pertama daya charging dikurangi menjadi 12V sehingga tenaga tidak berkurang oleh charging.
Dijelaskan bahwa penggunaan listrik pada saat mesin mati membuat tenaga akan terkurangi karena aki jadi butuh dicharge untuk mengganti listrik yang terpakai selama berhenti. Jadi jelas bahwa lampu yang mengala selama mesin mati juga mengurangi tenaga. Dari komentar, sepertinya Honda Vario dan Scoopy ISS lampunya mati selama standar samping turun mungkin juga saat ISS aktif. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa di Honda PCX dan Beat baru justru lampu depan menyala padahal dengan dipakainya listrik saat mesin mati membutuhkan motor untuk mengecharge batre yang efeknya mengurangi tenaga. Apalagi disebutkan charging didesain agar hanya berlangsung pada saat kecepatan konstan atau mengurangi kecepatan.
makanya pake yamaha.. hehe..
SukaSuka
Serba salah juga sh Gan, soalnya kalau pas di lampu merah fitur iss aktif dan lampu utama mati malah kena tilang polisi. Memang seharusnya juga ketika standar di turunkan lampu utama juga mati.
SukaSuka
Iya juga ya. kalau kasusnya seperti itu maka mesin tidak usah dimatikan saja.
SukaSuka
Saya rasa ditilang kalau lampu mati saat kondisi jalan. Saat kondisi berhenti/macet/lampu merah ya dijelaskan kalau mesinnya memang mati/idle. Saya sering tuh matiin motor saat lampu merah, gak kena tilang.
SukaSuka
ok, terima kasih infonya. Memang rasanya dihentikan hanya kalau saat jalan lampunya tidak nyala.
SukaSuka
Jadi penasaran nih, sudah berapa jumlah yg ditemukan masalah aki tekor ini om? Terus definisi aki tekor ini gimana? Apa usianya jadi hanya 3 bulan? 6 bulan? Kalau satu tahunan sih normal….
SukaSuka
Sy sendiri make vario 125 iss sudah 3,5 thn sampe sekarang aki belum tekor, iss jarang sekali mati bahkan kalau saya bilang gak pernah off issnya, sehandainya lupa matikan kunci kontak paling aki habis dan itupun masih bisa di kick stater beda sama produk sebelah generasi m*oj aki tekor mampuslah.
SukaSuka
ok, terima kasih infonya. Apakah sudah dicek di Varionya bahwa lampu masih menyala saat ISS atau standar samping otomatis aktif?
Bagus bila motor masih bisa distarter kaki kalau aki habis. Tujuan saya membuat artikel memang untuk mengingatkan kemungkinan aki tekor.
SukaSuka
kalau iss aktif atau standar samping di pakai memang semua lampu menyala kecuali stop ama reting itu kan bawaan dari pabrik.
SukaSuka
Bila itu bawaan pabrik, yang saya masalahkan adalah, apakah ada fungsi otomatis yang bisa mencegah akinya tekor gara – gara kelamaan mesin berhenti tapi lampu masih menyala? Bila tidak ada pencegahan maka itu bisa merugikan.
SukaSuka
Nggak tahu, namanya juga curiga. Saya cuma merasa aneh kok sampai bagian delivery motornya kok sampai menyuruh menggunakan starter kaki untuk menyalakan motor agar akinya awet, nggak masuk akal.
Untuk umur, sekali batre voltasenya ngedrop dibawah 11.5V, maka batre cuma bisa tahan beberapa minggu lalu mati mendadak. Ini berdasarkan pengalaman dan membaca testimoni.
SukaSuka
imo salah menyampaikan si delivery man nya saya rasa, memang gak salah, biar aki awet (dalam arti umurnya lebih panjang dari normal) banyak saran seperti yang orang dealer tsb bilang…
Kalau drop di bawah normal ya memang sudah gak ngangkat dan gakan lama pasti harus ganti hehehe
SukaSuka
Ok, tapi bila saran itu tidak salah, masa untuk menyalakan mesin yang mati karena ISS atau standar harus pakai kaki?
Untuk soal aki, bukan itu maksud saya. Setelah aki pernah drop, maka walau setelah di charge seakan – akan normal, maka beberapa hari atau minggu kemudian bisa drop secara tiba – tiba.
SukaSuka
kelemahan aki jaman sekarang tidak sebagus udlu yang istilahnya kita stroom aki maka kondisinya bisa 80% lagi.. material sekarang gak kaya dulu. Skrg kita stroom paling lama sebulan dah mati…
Saya nyoba di mobil stroom aki cuma dua minggu aja nafasnya bertambah…
Kalau saran mesin mati karena ISS harus disela sih ya mabok, wong tinggal plintir gas doang dan itu butuh arus listrik yang sangat minim.. sisanya menggunakan energi kinetic whatsoever dari sisa gerakan piston…
Paling tidak itulah yang dikatakan oleh Sarwono Edhi dari AHM ketika saya nanya proses on-off ISS pada satu kesempatan
SukaSuka
Terima kasih informasinya. Agak ragu tentang klaim listrik butuh minim, karena kapasitas aki motor matik juga minim. Sayang tidak ada pernyataan butuh berapa amper untuk startnya.
Setuju soal aki. Aki sekarang memang sepertinya lebih difokuskan untuk mengejar kemampuan mensuplai arus besar sehingga plat elektrode dibuat lebih banyak sehingga harus tipis, efeknya karena tipis jadi lebih gampang keropos dan konslet. Sayangnya layanan charger aki juga kebanyakan cuma trafo pakai dioda.
Selama tidak keropos bisa diperpanjang umurnya pakai radiant charger, atau paling tidak desulfator.
SukaSuka
Belum ada yang ngetest yah
Saya pernah menjumpai lampu utama mati sendiri ketika standar samping, sementara lampu senja tetep nyala
Ketika di starter, lampu utama tetep mati, baru ketika di geber high rpm lampu nyala sendiri ( starter elektrik tetap bisa )
Dugaan saya, ketika tegangan aki mencapai level tertentu maka lampu utama otomatis dimatikan, dan akan menyala sndiri di tegangan tertentu juga
Motor v125 old
SukaSuka
Sayang nya waktu itu bukan motor saya
Mungkin yang punya blog bisa mengetest, kan bisa jadi bahan next artikel
Korbanin 1 aki ga pa pa lah
SukaSuka
Kalau untuk ngetes saya sudah sering eksperimen dengan aki dari percobaan radiant charger, pakai Aki kering 7Ah. Aki yang sering diforsir umurnya lebih pendek.
SukaSuka
Terima kasih banyak infonya, berarti perilakunya di Vario berbeda. Di Honda Beat saya lampu tidak pernah mati saat ISS menyala atau saat standar samping diturunkan. Agak aneh bila berbeda dari Vario.
SukaSuka
Seingat saya sih di almarhum skupi FI, mesin nyala lampu nyala (AHO), standar samping on, lampu utama mati, lampu kecil nyala… Usia aki setahun 2 bulanan.
New PCX, tetap nyala terus (kontak on nyala, standar samping on tetap nyala, ISS on tetap nyala kecuali kontak di off kan). kalau NMax, kaya skupi persis prosesnya.
SukaSuka
Terima kasih infonya. Sepertinya yang model lama lampu utama dimatikan. Apa alasannya ya kok yang versi baru lampu dibiarkan tetap menyala?
SukaSuka
nanti kalau ada kesempatan saya tanya lagi deh ya
SukaSuka
terima kasih banyak. Semoga ada kesempatan.
SukaSuka
numpang coret2 kang , mungkin kalo model baru sudah pakai LED, jdi lebih minim penggunaan listrik, tambahan lagi ACG starter http://www.hondacengkareng.com/teknologi-acg-starter-motor-honda/ yang tidak perlu menggunakan suplai listrik besar di banding dengan motor starter konvensional yang masih menggunakan dua buah carbon brush
SukaSuka
Kalau penggunaan listrik rasanya sama saja. efisiensi motor cuma beda sedikit.
Brushless Motors vs Brush Motors, what’s the difference?
Kalau sudah lampu led mungkin bisa lebih mendingan. tapi harusnya ya dimatikan yang nggak perlu.
SukaSuka
fitur yang brilian menurut saya … bisa digunakan sebagai emergency lamp
SukaSuka
Ha ha ha, cocok.
SukaSuka
… sehari berapa kali anda melakukan moderasi komen ???
SukaSuka
cuma untuk yang belum pernah komen saja.
SukaSuka
Ayo yang semangat nge-BC nya biar motor sesembahan ente laku.
Bentar lagi nongol sonic dan New cb, ditunggu artikel bc nya ya mas.
SukaSuka
Itu motor saya sendiri kok bro, baru beli. Sebenarnya mau buat artikel review dulu, tapi kebanyakan yang mau dibahas akhirnya ini dulu karena saya anggap penting.
SukaSuka
Lah, Kate ente beat itu suara mesinnya kasar, ngapain di beli?
SukaSuka
he he, istri yang minta, ya dituruti, kelemahan tinggal di cari solusinya. Setelah dioplos oli favorit pribadi, jadi lumayan kok, berisiknya berkurang banyak dan jadi mendekati berisiknya Suzuki spin yang sudah dipakai 5 tahun.
Juga lumayan jadi lebih senyap dari motor lain baik Yamaha ataupun Honda.
SukaSuka
Jawab pertanyaan dari mang kobay noh,!
SukaSuka
iya, kelewatan, makasih diingatkan.
SukaSuka
bug? istilah yang gak pas.
bug is an error , flaw, failure, or fault in a system that cause it to produce an incorrect or unexpected result.
kalo kaya gitu bukan salah issnya ato standarnya. usernya noh.
SukaSuka
Kalau disengaja tujuannya apa? Karena saya merasa bahwa lampu menyala saat mesin mati itu tidak ada manfaatnya, maka saya menganggap itu adalah bug. Bisa juga dianggap sebagai kesalahan desain.
Karena tujuannya menghemat energi, bukankah mematikan lampu itu salah satu cara hemat energi? kan kalau berhenti mematikan lampu lebih hemat energi seperti halnya kalau ruangan tidak dipakai?
Video berikut ngeklaim bahwa fasilitas ISS tidak mempengaruhi aki:
Tapi kalau lampu masih menyala selagi motor berhenti, maka klaim tersebut adalah bohong.
Yang menarik lagi, penjelasan fitur ISS tidak memperlihatkan lampu depan:
SukaSuka
kalau malam iss aktif trus pas lampu merah atau berenti sebentar trus lampu utama mati otomatis trus bijimane, ah sudah lah
SukaSuka
Berhenti kan biasanya di tempat terang. Lampu merah juga biasanya ada lampunya, kalau butuh lampu nyala saat berenti, tinggal dimatikan saja fitur ISSnya.
SukaSuka
“Berhenti kan biasanya di tempat terang.” nggak juga bro, itu kan asumsi anda sendiri.
lagian kalo berhenti di lampu merah mesti matiin iss biar terhindar dari polisi (karena kalo pake iss lampu mati) fitur ini jadi mubadzir karena iss esensinya buat ngirit bensin, bukan aki
Belum juga tekor dah ngajakin orang protes bag bug bag bug.
ngoahahahaha…
SukaSuka
Saya rasa polisi mengerti kalau kita matikan motor.
Tujuan dari ISS adalah hemat energi, sementara membiarkan lampu menyala selagi mesin mati saya anggap pemborosan energi. Mengembalikan listrik yang terpakai butuh energi.
SukaSuka
“Saya rasa polisi mengerti kalau kita matikan motor.”
silahkan kalau beradu argumen sama bapak2 itu…
(“UU LLAJ”) berikut:
(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotor yang DIGUNAKAN di Jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.
Jangan menyesatkan om, nyebut om…
SukaSuka
Bila lampu dibuat tetap menyala untuk mematuhi peraturan, ya sudah. Namun itu tetap membuat aki berkurang isinya yang bisa bikin akinya tekor. Juga itu tidak menjelaskan mengapa lampu harus menyala saat standar samping diturunkan, padahal di versi sebelumnya lampunya mati.
Coba baca juga:
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
Discharge saat ISS aktif membuat mesin berkurang tenaganya untuk mengisi ulang aki.
SukaSuka
Nih om ane jelasin. Asumsi honda saat orang menurunkan standar samping belum tentu orangnya ikut turun. Karena kalo orang ikut turun biasanya kunci dicabut, untuk meminimalisir pencurian. Nah karena asumsinya masih ada orangnya alasan lampu tetap menyala adalah demi safety pengendara agar tetap terlihat jelas oleh pengendara lain, apalagi kalo malam atau pencahayaan kurang.
Paham belum om? Satu karena peraturan.
Dua karena safety.
Masih lebih penting mana aki sama safety dan taat peraturan? Coba om jawab.
SukaSuka
Mungkin juga, tapi coba baca komentar yang lain. Motor matik honda yang lain lampunya mati kok kalau standar samping diturunkan. Mengapa untuk yang Honda Beat sporty baru kok dibuat menyala?
Apa soal lampu tidak mati ini sudah pernah ada yang bahas?
SukaSuka
beat yang lama belum esp om…
motor honda yang pake teknologi esp kaya gini semua…
terus bug nya dimana?
pertanyaan saya kog gak di jawab?
penting mana taat peraturan dan safety dengan aki om?
SukaSuka
standar samping otomatisnya versi lama ada yang bilang lampunya mati. Saya bilang bug karena saya anggap lampu nyala saat mesin mati tidak ada manfaatnya.
Untuk peraturan, kan itu hanya untuk Indonesia, dan sementara Honda Beat kan dijual/didesain tidak untuk Indonesia saja. Kalau di lihat di deskripsi ISS di website Honda dunia, fungsi aki sangat diperhatikan, tidak membahas soal peraturan di Indonesia.
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
SukaSuka
Kalau DIDUGA beresiko membuat umur aki lebih pendek memang ada kemungkinan..
Tapi butuh data yg valid dr beberapa user..
Insinyur kelistrikan Honda sepertinya (baru kemungkinan jg) sdh mempertimbangkan hal tersebut dngn perhitungan garansi kelistrikan yg 1 tahun..
Masalah peringatan dr yg delivery motor itu sudah standar kerjanya begitu..
Dulu waktu beli motor bebek bukan merk honda jg di”peringatkan” seperti itu..
Bukan berarti ada masalah,tp cuma memberi saran saja agar lebih baik…
SukaSuka
Bila lampu tetap nyala selama mesin mati, bisa dipastikan listrik aki berkurang. Itu sudah pasti. Yang belum tahu apakah memang ECU akan membiarkan aki tekor gara – gara kelamaan membiarkan lampu menyala.
Apa benar ada garansi aki satu tahun? Terus terang agak eman sama aki bila coba mengetes apakah lampu akan mati sendiri setelah beberapa menit. Tapi bila memang ada pencegahannya harusnya sudah ada pernyataan resmi. Namun nyatanya iklan ISS sendiri lampu depan di sembunyikan.
Bila menuruti saran itu apakah kita harus starter pakai kaki setelah mesin mati karena ISS?
SukaSuka
Ini mirip fitur answer back system pada vario 110 & 150 yaitu bakal tidak aktif bila motor tidak menyala selama 7hari demi hemat daya aki..saya rasa utk lampu juga begitu
SukaSuka
Yang begitu itu bagus apa jelek ya? setelah 7 hari nggak menyahut. Bila dipasangi alarm, mestinya butuh aktif terus.
SukaSuka
Ane rasa yg bikin aki tekor itu justru karena penggunaan ISS di macet stop n go.
Jadi kalo sering kena macet parah, mending dimatiin aja ISSnya.
Lagian juga kalo “bug”, Vixion Adv, R15, R25 juga ada bug dong. :p
CMIIW
SukaSuka
Bisa jadi. Macet yang sering berhenti sepertinya akan membebani aki karena dipaksa menjalankan dinamo starter dan sementara itu pengisian saat mesin menyala juga tidka cukup.
Rasanya motor Yamaha tersebut tidak ada kesamaan dengan ISS atau standar samping otomatis? apa maksudnya kalau kunci kontak on lampu langsung menyala? Rasanya orang tidak akan teledor mematikan kunci kontak untuk motor tersebut, lain dengan yang di matik Honda.
SukaSuka
Maaf apakah motor yg sudah pake fitur ISS masih make dinamo stater ya??
SukaSuka
Saya namakan dinamo starter biar gampang. Aslinya sudah bergabung sama penghasil listriknya:
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p3.html
SukaSuka
Info tambahan:
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
Charging system designed to prevent discharging of the battery
It is necessary to increase charging capacity for an “idling stop” vehicle compared to a vehicle that with idling. This is necessary because the battery is not charging when the vehicle is stopping for a traffic signal etc.
An “idling stop” vehicle cannot restart if the battery is discharged and the starter motor cannot crank the engine. To cope with the aforementioned, the charging output from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a level that prevents the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.
SukaSuka
Pernah punya v 125 iss gen 1 jg sama kok bro.lampu dpan ttp nyala bila iss aktif aki jg gak pernah tekor padahal fitur iss selalu on dan sering aktif bila di kemacetan.stahu saya pengisian aki beda dr versi non iss.insinyur honda pst sdh ngitung soal ginian bro.nah itu jg sdh jelas u varian iss system pengisian sdh didesain u mencukupi kebutuhan aki toh?
SukaSuka
ok, terima kasih infonya bro. mungkin berhentinya sebentar sebentar ya?
SukaSuka
(“UU LLAJ”) berikut:
(1) Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib menyalakan lampu utama Kendaraan Bermotoryang DIGUNAKAN DI JALAN pada malam hari dan pada kondisi tertentu.
(2) Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.
Nih om ane jelasin. Asumsi honda saat orang menurunkan standar samping belum tentu orangnya ikut turun. Karena kalo orang ikut turun biasanya kunci dicabut, untuk meminimalisir pencurian. Nah karena asumsinya masih ada orangnya alasan lampu tetap menyala adalah demi safety pengendara agar tetap terlihat jelas oleh pengendara lain, apalagi kalo malam atau pencahayaan kurang.Paham belum om? Satu karena peraturan.Dua karena safety.Masih lebih penting mana aki sama safety dan taat peraturan? Coba om jawab.
Saran ane, om banyak2 baca blog edorusyanto.wordpress.com
jangan langsung bag big bug bag big bug
mending bang bing bung kita nabung…
ngoahahahaha
SukaSuka
kalo matic honda yg lain,lampu ny mati menurut saya wajar,kn masih AC kelistrikan lampu utama ny,beda sama yg full DC,
CMIIW,
SukaSuka
Saya rasa itu cuma pilihan. Kalau ada niat, tentunya memungkinkan sistem full DC lampunya tidak pakai aki.
SukaSuka
Mau irit kok repot amat, pake nunggu lampu merah sgala! Dah gt harus pula ada yg dikorbankan !!! Mending pake kaya tatangga eco indicator, mau pake irit bisa kpan saja !!! Tapi dihargai lah usaha honda untuk bikin tambah irit motornya, saat motor lain sdah bisa lbih irit dr honda …
SukaSuka
Iya. Eco indicator sih cuma gaya – gaya an, sepuluh tahun lalu juga ada simbolnya di spedo Honda. Kalau yang benar bisa membantu adalah mileage indicator seperti di MX King, atau rpm.
SukaSuka
Saran saya sblm posting artikel spt ini anda review dl selama beberspa bln spy jelas kecurigaan anda apa jd kenyataan ato cm asumsi pribadi atas dasar kekurang tertarikan anda pribadi thdp salah satu brand.no offence bro cm kritik aj.salam satu aspal
SukaSuka
Ini motor dan asumsi pribadi kok bro. artikel ini cuma mengingatkan yang lain agar jangan sampai akinya tekor. Pinginnya lampunya mati saat mesin mati, nanti servis pertama akan tanya ke bengkelnya, mungkin sekalian matikan CBS juga.
SukaSuka
Imo pd iss ada semacam relay yg mencegah lampu utama mati saat iss aktif asumsi nya motor berhenti hanya sesaat krn lamer ato macet saja.rasanya kecil kemungkinan rider ninggalin motor dlm keadaan iss aktif yg artinya kunci jg msh nempel dan motor kondisi stby.imo itu bkn bug tp mmg dibuat spt itu dgn sgl pertimbangn dan jg ada tindakan preventif dr honda dgn menigkatkan system charging agar aki tidak tekor selama fitur iss digunakan.
SukaSuka
Saat kunci kontak nyala pertama, lampu masih mati. Namun saat setelah menyala, lampu tidak mati lagi walau mesin mati. Masalah memang hanya akan terjadi saat ISS aktif terlalu lama misalkan di rel kereta api, atau standar samping turun dan pemakai lupa mematikan kunci. Namun kemungkinan itu ada, sehingga perlu waspada, yang menjadi alasan menyebut fasilitas itu beresiko.
Untuk soal pertimbangan, link berikut menjelaskan bahwa pemakaian listrik disaat mesin mati bisa mengurangi tenaga saat mesin hidup. Oleh karena itu menjadi tanda tanya saat lampu dibiarkan menyala saat mati. Selain pemborosan energi, itu juga beresiko membuat aki tidak kuat menyalakan mesin lagi.
http://world.honda.com/motorcycle-technology/Engineidlingstop/p4.html
Rasanya tidak ada alasan kuat untuk membiarkan lampu nyala saat mesin mati. Seharusnya konsumen diberikan opsi untuk memilih mematikan lampu saat mesin mati.
SukaSuka
dimatiin aja fitur aho nya mas bisa ga? biar ga terlalu banyak nyedot aki..
SukaSuka
Mematikan fitur AHO sepertinya bisa, namun terkendala dengan pemanfaatan tombol agar terlihat rapi.
SukaSuka
the charging OUTPUT from the ACG starter in the “idling stop” vehicle is designed to such a LEVEL that PREVENTS the battery from discharging even when operated on congested roads using the “idling stop system”.
Jadi benar, output pada headlamp memang di desain agar tetap bisa start mesin walau pake acg, yaitu mematikan headlamp ketika tegangan aki mencapai level tertentu
SukaSuka
Saat mesin mati, sumber listrik satu satu nya adalah aki. Discharging adalah saat aki harus mensuplai arus. Maksudnya begini:
Lampu nyala saat mesin mati = discharging battery.
Agar tidak discharging = lampu dimatikan.
Jadi harusnya di jalan sibuk penggunaan arus dari aki dicegah saat ISS aktif. Namun terus terang saya belum coba dikala sering jalan berhenti di macet, entah apa benar lampu jadi mati kalau berhentinya sering.
SukaSuka
Ketika kunci on kan headlamp belum nyala
Dan otomatis nyala ketika mesin nyala
Itu sudah bukti kalau ada yang mengatur sistem nyala dari headlamp secara otomatis
Mungkin kiprok sudah mengatur hanya menyalakan headlamp ketika tegangan di atas 12 v misalnya
SukaSuka
Mungkin perlu di tes pakai voltmeter untuk melihat apakah benar ECU akan mencegah discharging saat listrik aki sudah hampir habis. Kalau di motor normal, itu tidak ada.
SukaSuka
Salah satu efek samping rumitnya (canggihnya) teknologi yang dikejar deadline atau terbatasi strategi marketing…. yakne….
SukaSuka
saya sempat penasaran juga kenapa bisa diputargas terus idup, makanya saya bongkar aja yuh mesin punya teman, ternyata benar dugaan saya, motor mati disaat terjadi kompresi, makanya saat gas dibuka baru bunga api dari busi dinyalakan, makanya tidak terdengar dentruman starter motor, teknologi yang cerdas, yang membuat saya bingung justru ko bisa menempatkan piston mati padasaat kompresi, saya udah coba utak atik di matik lain, tp hasilnya mengecewakan… kalau ada saran saya terima buat modifikasinya… terimakasih
SukaSuka
Kalau nggak ada suara, penyebabnya dari ACG, alternator dijadikan satu dengan dinamo starter. Implementasi di motor lain butuh starter motor yang terintergrasi dengan alternator juga, rasanya susah dilakukan/
SukaSuka
duh ane lupa nulis masalah aki, jangan takut tekor om, nyantai aja, kan udah ada garansi kelistrikan, tinggal di claimkan aja kalau terjadi masalah, justru dengan menyalanya lampu disaat motor di on-kan kia dapet manfaat, misalkan padasaat malam hari terjadi insiden terhadap kendaraan, kita masih bisa memakai tuh lampu buat penerangan, coba bayangin : motor kaga bisa idup disaat malam yang geap, kita mo lihat pake apa… kalaupun aki jadi drop gara” insiden tersebut kita masih bisa claim… jadi apa ruginya dengan nyalanya lampu
SukaSuka
OK. Masih ragu apakah aki termasuk garansi. Kalau di mobil sih dari awal awal diberitahu ada garansi aki satu tahun.
SukaSuka
Saya pakai Vario ISS lama (non LED) lampu utama juga tidak mati, tapi hanya meredup jika mesin mati karena ISS aktif atau mesin mati karena standart samping turun.
ISS selalu on sehari-hari, lampu sudah ganti Philip Blue Vision, aki masih bisa bertahan dua tahun dua minggu (barusan ganti soalnya).
Disisi lain istri saya pakai Mio J yg gak ada ISS, aki juga bertahan 2 tahun satu bulan.
Jadi menurut saya gak beda jauh.
SukaSuka
Ok, terima kasih informasinya. Artikel ini lebih untuk menyarankan agar tidak terlalu memforsir sistem ISS sehingga berlama lama dalam kondisi mesin mati dan lampu menyala.
SukaSuka
ada sdikit tambahan mas. hehe..
untuk vario125 dan beat iss, itu ada fitur AGC Starter. jd fitur starter gak lagi memakai dinamo starter spt yg disebutkan diatas. AGC ini berfungsi jg sbg alternator. magnet kelistrikan bergungsi sekaligus sebagai starter. jd maka nya saat mesin nyala sama skali gak ada suara. daya yg dipakai untuk mati-idup-mati-idup jg lbh hemat daya.
selain itu, vario iss pakai kiprok yg lebih besar, jadi proses pengisian listrik ke aki jg lebih besar dibanding motor non-iss.
kedua, proses menghidupkan kembali mesin dibantu dekompresi & swing back, dekompresi kyk smacam perangkat untuk membocorkan kompresi agar proses starter lebih enteng. Kalau swing back itu proses geraknya posisi kruk as secara otomatis untuk menghindar dari langkah kompresi saat mesin mati. jadi beban saat penyalaan mesin kembali jd lbh enteng.
SukaSuka
makasih infonya, namun rasanya untuk pemakaian daya saat menyalakan tetap sama, tidak disebutkan dalam list keunggulan ACG starter. Kiprok diperbesar mungkin untuk mengimbangi karena keluaran listrik dari ACG juga besar.
http://www.hondacengkareng.com/teknologi-acg-starter-motor-honda/
SukaSuka
Gan, buat matik Honda yg pake ISS itu pakainya ACG Starter, bukan dinamo starter sehingga gak menimbulkan suara dan nyedot listrik nya rendah.
trus jg kalo mesin mati krn ISS/SSS, lampunya itu nyala redup, jadi lampu cuma makan energi kecil dan aki nya itu 5Ah jadi gak tekor selama penggunaan normal.
#CMIIW
SukaSuka
Apa benar lampunya lebih redup bro? punya saya kok sepertinya sama saja? Apa bukan karena akinya bro sudah mau tekor?
SukaSuka
Justru lebih Gampang kalau merubah masalah lampu beat ikut mesin hidup dan matinya, malah yang dipake beat sekarang lebih sedikit rumit,
Yang jelas kalau semua tergantung ditangan user,
Kalau usernya bagus ya pasti awet,
Semua sudah dipikirkan oleh pihak2 yang bersangkutan, tapi kayaknya dari sekian pengguna beat, fine fine aja, ga ada komplain, karena memang bukan hal yang fatal dan perlu diributkan,
Kalau bentuk roda nya kotak nah mungkin pada ngeributin,
SukaSuka
Yang merasakan ini biasanya yang pakai di kota banyak lampu merah atau penyeberangan kereta api. Tapi nggak semua beat ada ISSnya, nggak semua orang menyalakan ISS. Aki juga nggak terlalu diperhatikan masa pakainya. Ada juga yang menganggap ganti aki kurang dari satu tahun itu normal.
SukaSuka
[…] Untuk alasan yang bisa penulis pikirkan beberapa sudah pernah di bahas di artikel berikut: Bug program fitur Honda idling stop system dan standar samping otomatis beresiko bikin aki tekor […]
SukaSuka
Makanya klo udah stop ya dimatiin, kunci stang dan kunci jgn lupa dicabut.
Mana ada org goblog udah berhenti motor ga dimatiin ditinggal sekalian kuncinya. Mau nyumbang motor ke maling apa. Jgn kepo sama aki. Aki ga bakal tekor kecuali aki dah berumur.
Pabrik udah designnya bener malah dibilang bug.
Artikel ga bermutu.
SukaSuka
Kalau tiap lampu merah matiin kunci kontak, apa gunanya ISS?
SukaSuka
[…] Sebelumnya penulis sudah membuat artikel tentang bagaimana sistem ISS bisa membuat aki lebih mudah tekor: Bug program fitur Honda idling stop system dan standar samping otomatis beresiko bikin aki tekor […]
SukaSuka