Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor


Ada hal yang menurut penulis mengganggu pemandangan pada foto foto saat touringnya moto Honda CBR250RR di Bali, yang dimuat oleh mas kobayogas di artikel berikut ini:

Yang mengganggu pemandangan itu adalah spakbor belakang.

Entah mengapa pihak pabrikan masih memaksakan model spakbor seperti itu. Dari sisi fungsi melindungi lumpur rasanya juga tidak banyak gunanya. Di jalan basah maka motor yang belakang masih kecipratan, yang menaiki sendiri pun masih kena imbas kotor kalau jalan lebih dari 40km/jam.

cbr250rr-dengan-spakbor-belakang

Air lumpur yang loncat dari roda memang tidak kena badan pengendara secara langsung. Namun akan terlempar ke bodi. Kalau kecepatan loncatan air agak tinggi maka air akan memecah dan menyebar. Bila kendaraan jalan agak kencang maka akan ada angin buritan yang arahnya dari belakang bawah menuju ke depan karena turbulensi. Angin ini akan membawa pecahan air menuju badan pengendara dan hasilnya baju jadi kotor.

Spakbor yang bentuknya seperti itu jelas tidak berguna menahan cipratan air lumpur.

Bodi juga jadi lebih panjang yang bikin parkir lebih ribet kalau tempatnya sempit.

 

Dari sisi keindahan, kalau menurut penulis sih itu jelek. Nggak sip sama sekali.

bila-spakbor-belakang-honda-cbr250rr-tidak-dilepas-iwb

Spakbor macam Honda CBR250RR tidak keren dan tidak melindungi cipratan. Sepertinya fungsinya cuma untuk menahan plat nomer saja dan tempat lampu belok saja.

 

Daripada seperti itu, mengapa lampu dan plat nomornya tidak ditempel ke bodi saja? Rasanya bakal lebih ok penampilannya. Contoh contoh bisa dilihat di artikel berikut:

Kalau masih butuh untuk melindungi dari cipratan air mending pakai slebor atau mud guard saja, seperti yang ada di artikel berikut:

 

Dari sisi penampilan, menurut penulis jauh lebih bagus bila tanpa spakbor. Tampilan jadi seperti berikut ini.

cbr250rr-tanpa-spakbor-belakang-dilepas

bila-spakbor-belakang-honda-cbr250rr-dilepas-iwb

 

Kalau menurut penulis sih tampilan jadi lebih keren.

Akan lebih bagus lagi bila pabrikan menyediakan kit untuk pemindahan plat nomer dan lampu belok ke bodi. Juga kalau perlu kit mudguard yang benar benar menutupi roda.

Update:
Ternyata Honda beneran sudah menyiapkan asesori untuk biar bisa melepas spakbor belakang.
Daftar Harga Accessories Resmi Honda CBR250RR, Hand Guard Cuma Rp, 350ribuan

Eliminator Fender(Spakbor Belakang), Harga Rp 600,000

honda-cbr250-rr-fender-eliminator

honda-cbr250-rr-fender-eliminator-2

20 respons untuk ‘Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor’

  1. motor jaman sekarang memang banyak yang ngejar tampilan “sporty” (apapun itu artinya) dibandingkan fungsionalitas real dilapangan yang sebenarnya nonsense menurut saya, led silau, gak ada behel belakang, motor terlalu nungging, ato pantatnya terlalu pendek macem xabre, spakbor seuprit, kadang saya berpikir, kok motor jaman sekarang makin alay yah

    Suka

  2. […] Bila Honda masih ragu ragu untuk mendatangkan zoomer, maka paling tidak spakbor model Zoomer ini saja yang diiimplementasikan. Jangan seperti sekarang yang bikin motor kelihatan jelek. Coba bayangkan bila spakbor CBR250RR diganti seperti zoomer, tampilan yang mirip hidung petruk nggak akan mengganggu pemandangan: Plastik yang menggantung di belakang Honda CBR250RR itu bikin jelek dan tidak layak disebut spakbor […]

    Suka

  3. Betul memang tidak enak dilihat , tapi saya tetap memakai yang original , sebab kalau diperhatikan seksama terdapat lekukan plat di bagian kanan dan kiri yang fungsinya untuk dudukan tali untuk mengikat , bila kita inggin membawa barang di belakang ( penahan tali bagian depan footstep belakang dan penahan belakang plat yang ada di spakbor belakang )

    Suka

  4. Mudguard itu efektif banget ga sih? Saya rencana lepas spakbor bawaan GSXR150 dan ganti jadi yg tail tidy. Bawah pake mudguard, harus yang panjang banget atau yg mini juga cukup untuk nahan ga baik sampe ke jok penumpang?

    Suka

    • Repotnya mudguard yang ada biasanya pendek pendek. Pasangnya juga kelihatan susah. Tapi menurut saya jauh efektif.

      Pemasangan kalau bisa air jangan sampai naik ke atas kebawa back wind.

      Suka

      • Jauh di sini, jauh lebih efektif atau ga efketif daripada spakbor gedebuk pisang bawaan gsx hehe?

        Wahh ini ga paham saya apalagi istilah back wind gitu …

        Suka

        • maaf, maksud saya turbulance:

          Efektifnya mud guard tergantung sama ukuran. Kalau menutup sama dengan spakbor asli bakal lebih efektif karena airnya kan nggak sampai menyiprat ke bawah bodi. Kalau air nyiprat bodi biasanya ada butiran air yang lari ke depan juga.

          Daripada gedebok pisang mungkin coba buat spakbor lipat? barangkali bisa jadi barang populer.

          Contohnya berikut, namanya lucu, ass saver, penyelamat pantat:

          Suka

          • Ow oww, okelah kalau kaya begitu. Saya suka lihat motor-motor yg pake mudguard di kolong bodi pantatnya kaya yg bersih gitu, makanya mikir ah daripada spakbor yg tetep nyiprat kayanya mud guard lebih efektif. Terima kasih min.

            Btw. Maksud saya gedebok pisang itu sebutan spakbor bawaan gsx 150 yg guede banget hehe.

            Suka

  5. iya yach setuju, tapi karena ber patokan kepada CBR 1000RR yg baru sich, jadi yg cbr250rr ikut-ikutan bentuk spakboard belakangnya seperti kakaknya itu

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.