Menambah performa motor matik bisa dilakukan dari bagian CVTnya. Merubah berat roller itu pilihan antara milih akselerasi atau top speed. Bila roller lebih ringan maka rasio gigi cocok untuk akselerasi. Bila roller lebih berat maka rasio gigi cocok untuk top speed. Kalau milih akselerasi maka top speed turun, dan kalau milih top speed maka akselerasi jadi lambat. Kalau sering macet atau naik gunung maka cocoknya pilih roller lebih ringan. Kalau seringnya pakai luar kota cocoknya pilih roller lebih berat.
Per CVT juga sering dirubah, lebih keras membuat rasio gigi lebih cocok untuk akselerasi. Ada juga yang merubah per koplingnya, dimana per lebih keras membuat kopling berfungsi lebih telat, baru di rpm tinggi mulai aktif, cuma cocok untuk drag race saja.
Untuk menambah akselerasi, beberapa ada yang pakai trik mencampur roller dengan berat berbeda secara selang seling. Namun ada yang bilang pakai cara ini aus lebih parah.
Perlu diperhatikan juga apakah diameter roller sama persis dengan aslinya. Bila tidak sama maka bisa berisik atau macet.
Sayangnya untuk bisa tahu rollernya lebih ringan atau lebih berat itu harus tahu berat roller aslinya dulu. Terkadang juga ganti roller itu tidak melihat beratnya tapi motornya. Jadi misalnya bukannya “roller 10 gram diganti roller 12 gram”, tapi “roller mio diganti roller xeon”. Jadi terpaksa harus tahu berat roller bawaan kedua motor tersebut sebelum bisa memperkirakan apa efeknya.
Untuk itu penulis mencoba menyusun data berat roller dari semua motor matik yang ada. Data akan terus diupdate bila ada informasi baru. Untuk yakinnya, akan disertakan juga sumber datanya.
Per CVT tidak diikutkan karena rasanya tidak ada acuan jelas. Mungkin ada sebutan per cvt sekian rpm, tapi rasanya beda motor akan beda efeknya. Karena konstruksi CVT motor tidak sama persis, ada perbedaan perbedaan yang bisa membuat perilaku per cvt berbeda. Jadi mungkin sebutannya 1500rpm tapi saat dipasang di motor beat misalnya, jadi seperti 2000rpm. Beda merek bisa jadi beda juga, kalau acuannya motor yang beda.
Sementara itu berat roller satuannya sudah jelas, pakai gram. Kebangetan kalau ada yang jual roller 13 gram tapi aslinya 12 gram.
Ini datanya, ada yang nggak sama, jadi silahkan pilih yang mana yang dianggap dipercaya (lihat linknya):
Honda Vario 110: roller standar Vario 110 yang punya berat 13 gram , motorplus (07 Desember 2014)
Honda Vario 150 & PCX 150: Roller Vario 150 : 15,5 gram, PCX 150 : 16 gram, tmcblog (January 17, 2015)
Honda Beat ESP & FI: Lalu Rollernnya pun dibuat lebih berat 2 gram perpiece, ( bobot roller beat eSP 15 g-roller beat FI 13 g) dengan jumlah roller yang tetap yakni 6 roller . .. diameter roller beat eSP dibuat lebih kecil 0,11 m dibanding roller beat FI . . . , tmcblog (December 22, 2014)
Honda Scoopy Karbu & FI: Scoopy Karburator dan Scoppy FI . . . Roller Scoopy FI (warna kuning krem, diameter sekitar 1,8 cm dengan berat 13 gram ) memiliki dimensi lebih besar ( dibandingkan Roller Scoopy Karburator (warna hitam, diameter sekitar 1,6 cm dengan berat 12 gram ), tmcblog (February 2, 2013)
Honda Beat Karbu & FI: Berat Rollers Beat Karbu lebih kecil dengan diameter luar 15,92-16,08 dn beratnya 12Gr sementara Beat FI diameter luar 17,92-18,08 dan berat Rollernya 13Gr…., iyaora (Desember 26, 2014 )
Yamaha Mio M3 & Xeon: roller asli Mio M3 mempunyai berat 12 gram dan Xeon memiliki bobot 10 gram. motorplus-online, (20 September 2016)
Kumpulan data Eagle Motor Sport (August 5, 2015):
= YAMAHA =
1. Nouvo (11 gram)
2. Soul GT (9,5 gram)
3. Mio GT (9,5 gram)
4. Mio J (9,5 gram)
5. Xeon (10 gram)
6. Xeon RC (9,5 gram)
7. Mio Soul (10,5 gram)
8. Mio Fino (10,5 gram)
9. Mio Sporty (11 gram – Th.2004-2006) dan (10,5 gram – Th.2007 ke atas)
= HONDA =
1. Beat Fi eSP (15 gram)
2. Beat Fi (13 gram)
4. Scoopy Fi (13 gram)
5. Beat (12 gram)
6. Scoopy (12 gram)
7. PCX (18 gram)
8. Vario 125 (15 gram)
9. Vario Techno (13 gram)
10. Vario (13 gram)
11. Vario 150 (18 gram)
= SUZUKI =
1. Hayate (15 gram)
2. Nex (10 gram)
3. Sky Drive (15 gram)
4. Spin (12 gram)
5. Sky Wave (15 gram) dan (12 gram – Th.2010 ke atas)
Maaf out the topik .. amsoil eropa car 5w40. Cocok gak di motor
SukaSuka
Kalau untuk matik rasanya tidak masalah.
SukaSuka
Untuk karakter motor satria fi injeksi PFD 15w40.. boleh kah , sedangkan anjuran SAE 10w40, sebelum saya pindah dari PFT ijo ,Jadi saya mau pertimbangan kan segala halnya , soal nya ,pft ijo cepet panas ,gak normal
SukaSuka
Kalau pakai 10W40 panas, bisa jadi pakai PFD 15W40 tetap panas. Kalau panasnya karena gesekan, maka pakai 15W50 lebih dingin. mestinya nambah minyak goreng lebih dingin.
Kalau karena rambatan, seharusnya ada radiator bisa lebih dingin. Mending coba dulu kalau pakai radiator coolant yang 30%.
Pilihan merek radiator coolant dengan rasio glycol lebih sedikit lebih cocok untuk cuaca panas Indonesia akan bisa menambah tenaga mesin juga mengurangi knocking
SukaSuka
Berarti saya fix ganti amsoil 10w40 MCF. Buat satria fu Fi.. mungkin amsoil bisa tahan panas
SukaSuka
ok. motor ada radiatornya harusnya tidak mengandalkan oli untuk pendinginan mesin
SukaSuka
Apa data diatasi tuch bener? Saya punya Vario 125 old 2013 roller 18 gr, punya disarankan Vario 125 led roller 15 gr, Vario 150 roller 15,5 gr
SukaSuka
Ada yang tidak akurat. Terima kasih sharingnya. Wah berat juga aslinya. Tapi menurut saya mending tidak di rubah. Karena kalau saya bandingkan, nyalip Vario old lebih susah daripada Vario new, kalau naik spin. Vario new mungkin bisa di depan sebentar setelah itu ke salip, kalau vario old mungkin ketinggal sebentar tapi setelah itu bisa nyalip. Top speed Vario Old sepertinya lebih kencang dari KLX 150.
SukaSuka
Poin no 8 dan 11 kebalik gaan
SukaSuka
itu hasil copas. Ok, terima kasih infonya.
SukaSuka
Mau info nya donk buat pelajaran, kalo loler tuh paling berat tuh dari berapa gram ke brapa gram si ???
SukaSuka
setahu saya umumnya maksimal 15 gram. tapi ada juga yanng 16 gram. minim sepertinya 6 gram. IIRC
SukaSuka
Gan.. buat per cvt 1500rpm. Berat gram roller yang lebih baik pake yang mana?. Saya pake beat karbu
SukaSuka
Menurut saya itu soal selera. Jadi sebaiknya harus coba coba sendiri. Kalau kurang akselerasi berat dikurangi, bila kurang top speed berat ditambah.
SukaSuka
Substitusi roller Nex selain punya Address apa lagi ya?
SukaSuka
Maaf tidak tahu. Barusan saja ganti roller spin tapi sama bengkel resmi dikasih yang terlalu ringan, padahal diklaim asli punya spin.
SukaSuka
Diberi yg berapa gr?
Saya mau ganti roller CLD 10gr.
SukaSuka
Standar Nex II 12gr.
SukaSuka
Memang ganti roller akan bisa menambah akselerasi. Tapi menurut saya jangan. Kecuali nggak masalah top speednya turun.
SukaSuka
Gak pernah sampai top speed, jalanan gak memungkinkan.
Lagian yg makai si nyai seringnya.
Kalau dipakai buat Pulkam juga banyak sekali jalanan tanjakan curam.
Si Nex ni, cuma perlu tambahan torsi dan shockbreaker yg lebih bagus. Mantap dah.
Lebih bagus lagi kalau bisa bikin tarikan sehalus Kymco.
SukaSuka
Kalau keperluannya untuk itu memang cocoknya dikurangi beratnya. Iya, nambah torsi dan shock breaker belakang afermarket. Untuk torsi saya pakai pro capacitor sudah lumayan, nggak kalau jauh dari spin sekarang.
Kalau untuk tarikan halus saya pakai fastron techno 15W50 + mg saja cukup halus. Kecuali kalau pas top speed. Getaran dikurangi pakai jalu setang.
SukaSuka
Tidak jelas berapa, nggak ada angka, yang jelas terlalu ringan sehingga butuh di gas banyak motor baru akselerasi. Nggak enak. Top speed berkurang, mesin meraung padahal pelan.
SukaSuka
mau tanya gan, saya pnya vario techno 125, ganti per CVT pnya PCX 150 & roller cld 9 gram, top speed jd nambah,tp ko mesin kedengeran sperti meraung-raung pas di betot gas gitu ya? kira2 knp ya gan.
SukaSuka
Sepertinya itu wajar mengingat berat roller cuma 9 gram. Jadi mesin meraung saat akselerasi. Akselerasi lebih baik tapi juga lebih boros.
SukaSuka
mohon info,roller berapa gram yang pas buat beat street, soalnya top speednya cuman mentok di 85 ngak lebih apakah 15 gram bisa buat beat street saya. mohon infonya. makasih
SukaSuka
Itu roller sudah tidak standar ya? belt juga? karena ganti belt kalau salah bisa merubah top speed:
Mau menambah top speed Honda Beat lama gampang tinggal ganti belt
Roller yang terlalu ringan juga akan mengurangi top speed. yang standar mestinya 15 gram:
SukaSuka
Kalo standar beat street 2017 berapa gram ya bg?
SukaSuka
Maaf kurang tahu, mungkin sama dengan Honda Beat eSP, 15 gram, karena sepertinya tidak ada pengumuman perubahan spec mesin.
SukaSuka
Kalo buat beat cbs ISS standarnya berapa??
SukaSuka
wah maaf, mungkin pas kan generasinya. Itu sudah esp? 15 gram saja.
SukaSuka
Sekedar sharing..
Saya sudah mencoba beberapa variasi roller di Vario 125 th 2012 saya.
Saya penginnya tarikan lebih responsif, tapi tidak banyak mengurangi top speed.
Roller asli 18 g, pernah saya ganti 15 g, respon nambah, ada nggerung dikit, putaran atas terasa tidak enak.
Lha ini ganti jadi 15 g aja kayak gini, terus orang-orang yang ganti sampai jadi 10-12 g kayak apa coba?
Akhirnya saya oplos 3 biji 18 g, 3 biji 15 g, ini yang paling enak menurut saya, respon nambah, tidak nggerung, putaran tengah dan atas masih isi.
Ini sudah sesuai dengan kebutuhan saya, yang sering luar kota, tapi Stop and Go bisa langsung ngacir.
Top speed memang turun jadi 105 km/j dari sebelumnya 115 km/j, ini nggak masalah buat saya karena jalanan sekarang (dalam kota/luar kota) juga sering tidak lancar (kecuali kalau motor boleh masuk tol)
Jadi sebenarnya ganti roller itu sesuai kebutuhan saja, kalau tidak ada kebutuhan apa-apa sebaiknya biarkan saja sesuai bawaannya.
SukaSuka
terima kasih banyak sharingnya. sip, memang kadang dilema antara akselerasi dengan top speed.
SukaSuka
Kak, kok motor beat street saya malah jadi lebih berat ya pas baru di ganti roller yg racing, padahal rollernya di ganti ke yg 11gr
SukaSuka
mungkin maksudnya berat di kecepatan tinggi? Kalau iya berarti terlalu ringan.
SukaSuka
Tidak kak, malah pas tarikan awal berat banget terus suara mesin kedengarannya kasar
SukaSuka
waktu awal sebelum motor jalan apakah rpm tinggi / motor menderu? oli mesin pakai apa?
SukaSuka