Mesin Honda kembali terbukti lebih unggul dari Yamaha, Marquez sangat terbantu


Balapan di MotoGP Australia kembali menunjukkan kelemahan dari mesin Yamaha dibanding dari motor lain. Mungkin hanya Suzuki dan Aprilia yang senasib. Walau ketiga merek motor tersebut sempat berada di barisan depan. Di akhir balapan terbukti bahwa ketiganya kalah dengan motor Honda dan Ducati:

Di balapan ini Marquez kembali menunjukkan kecerdikannya. Marquez sadar bahwa saat Vinales berhasil menyalip Cal Crutchlow adalah saat yang paling menentukan di saat balapan. Oleh karena itu dengan bijaksana ia pun memilih memotong jalur Cal Crutchlow yang membuat Cal Crutchlow harus melebar dan harus sempat tersalip oleh Andrea Iannone juga:

Setelah memotong jalur Crutchlow secara bijaksana, Marquez berhasil mengejar Vinales. Pada saat ini Marquez sangat terbantu sekali dengan kemampuan mesin Honda. Dan rupanya memilih mesin yang kencang walau mengorbankan kemampuan di tikungan merupakan gaya yang cocok bagi Marquez. Beberapa kali tertinggal dari Vinales, Marquez bisa dengan mudah mengejar Vinales di lintasan lurus.

Dan karena penyakitnya motor Yamaha yang grip ban belakang cepat habis (karena ECU jelek) Marquez pun makin mudah mengikuti Vinales di lap lap terakhir. Dan kemudian Marquez pun dengan mudah bisa menyalip Vinales di lap terakhir:

Di saat itu terlihat bahwa titik pengereman dari Vinales menjadi lebih jauh. Kemungkinan pada saat itu grip ban belakang Vinales sudah hampir habis. Terbukti, pada saat usahanya menyalip kembali Marquez, Vinales pun selip dan terjatuh:

Rossi sempat memimpin namun sama saja, dengan mudahnya disalip Honda atau Ducati di lintasan lurus. Nasib yang sama menimpa pembalap Suzuki dan Aprilia.

Fabio Quartararo pun menyebut bahwa seandainya ia tidak crash, untuk naik podium tetap susah.

Salut untuk mesin motor Honda. Tapi tetap pingin melihat apa yang terjadi bila terjadi sebaliknya, Yamaha kencang di lintasan lurus dan Honda kencang di tikungan. Apa Marquez masih bisa menang?

8 respons untuk ‘Mesin Honda kembali terbukti lebih unggul dari Yamaha, Marquez sangat terbantu

  1. Yamaha kencang di trak lurus, honda kencang di tikungan?
    Teringat memory 2016 2017,, ducati kencang di trak lurus, honda cuma bisa mengejar di tikungan

    Suka

      • Eh tapi dia hoki lho harusnya klo tau mau jatuh tabrakin aja tuh si pinales ke markez.. Dah kelar biar sama2 jatoh..

        Suka

        • Rasanya enggak. Mungkin cuma merusak skok seperti waktu Marquez menghajar motor Zarco dulu. Dan reaksi pembalap itu sepertinya kalau Marquez mendadak ngerem di tengah tikungan itu pada kaget dan ngerem sehingga terjatuh. Rasanya banyak kasus jatuh pembalap yang seperti ini.

          Waktu Petrucci jatuh saya juga curiga itu ulah Marquez.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.