Kelincahan dari PCX 160 itu jadi pujian baik dari reviewer maupun pemiliknya.
Honda PCX 160 2021 Lebih Lincah, Pengaruh Rangka dan Ban Lebih Besar
Namun menarik juga karena ternyata ini sepertinya mengurangi kestabilan. Ini bisa disimak dari testimoni berikut:
suara PCX160 vs VARIO 150
Bakhtiar Aldi
mas coba lagi jalan lepas tangan itu stang balance atau engga ya? punya saya lari ke kanan kalo lepas tangan, tapi dipake nya nyaman2 aja gak kerasa miring, coba bikin videonya mas🙏🏻🙏🏻🙏🏻Accident road
Saya malah ngebuang ke kiri tapi kalo udh lama sih kerasa feenya jadi stabil malah soalnya sering make cbrMochammad Nur Permana
Pcx 160 saya juga agak condong ke kiri kalo lepas tangan, ternyata memang begitu ya.
Sebelumnya juga ada komentar senada begini:
Aditya Pamula Putra
Gegara ini pideo langsung saya coba jg, sampe di bela²in kota² nyari jalan aspal yg paling alus + agak datar tp tetep gak ketemu yg bener² datar . .??
Eeh ternyata, emg sih kalo di lepas stang pas jalan kadang banting nya ke kanan terus, saya coba lgi, banting nya ke kiri terus. Walopun ini motor lebih berat dari NMax, tapi handling nya tergolong ringan nya kebangeten kalo udah di ajak jalan.
Kalo motor handling nya ringan gini, biasa nya kalo kita lepas stang saat diajak jalan, badan kudu agak ikut ngimbangin motor biar lurus. Krn, tipikal handling ringan gni lepas stang ketemu jalan kontur nya agak miring ato gak rata pasti arah motor gak stabil ato ngikutin arah kontur jalan nya.
Belom di tambah lagi posisi duduk PCX 160 juga tinggi, diameter velg depan lebih besar dari blakang, shock breaker nya rebound nya jg tipikal empuk. Pengamatan saya sih gitu sbg biker. . .
Menurut saya sih ini bukan krn stang nya gak center, mungkin jg krn karna karakter handing yg ringan, dan posisi duduk yg tinggi jg. Tapi gak menutup kemungkinan jg krn setup saat perakitan tidak pas jg bs banget.
Kalo mau perbandingan yg sama, coba kendarai motor lain contoh vixion. Cuma yg satu dimodif di jangkungin dgn rebaund shock braker empuk, motor 1nya lagi di modif agak di pendekin pake shock breaker dgn stelan rebaund agak di kerasin. Nanti jg tau beda nya kalo pas jalan lepas stang, padahal motor yg sama. . .
Sepertinya kelincahan PCX 160 ini dicapai dengan perubahan pada geometri setang juga, seperti pernah penulis jelaskan di artikel berikut:
Pengaruh desain kemudi pada teknik counter steering dan mengapa motor ada yang susah belok ada yang gampang
Motor jadi lebih lincah. Sepertinya jadi lebih cocok pakai body steering. Sepertinya juga lebih lincah dari NMAX old karena NMAX penulis kalau lepas tangan tetap lurus.
Perubahan mindset Honda yang bagus atau tidak? Karena kalau tidak salah ada yang pernah bilang stabil itu lebih cocok untuk touring?
Husnudzon aja dah mau puasa.. bisa jadi itu ikal bakal smart motorcycle barangkali, bisa belok sendiri.. keren banget kan..
SukaSuka
ha ha ha, bantu belok sebeum ridernya pingin ya
SukaSuka
Tinggal nambah sensor belok, dah jd motor tercanggih 😄
SukaSuka
lepas tangan belok ke kiri? Ini mirip kasus Kawasaki Athlete dulu, ternyata setelan stangnya yg gak bener. Umumnya motor klo lepas tangan jika msh bagus ya akan lurus2 aja. Tornado GS, MX King gw juga lepas tangan anteng aja. Gak perlu stabilizer dkk.
SukaSuka
Anehnya sih bisa kadang ke kiri dan kadang ke kanan
SukaSuka
Karena posisi engine mounting di atas itu bikin lebih lincah, khas matic yamaha
Tapi lebih nyaman yang posisi mounting dibawah
SukaSuka
Maksudnya Aeroc dan NMAX new kalah lincah dibanding NMAX old?
SukaSuka
pengalaman punya honda cs1 jaman dulu.. salah 1 penyakitnya ketika lepas stang lari ke kanan.. denger2 konon bobot apanya gitu yg kurang imbang..
SukaSuka
baru tahu. Jadi ingat punya supra x 100 dulu, selalu bagian belakang munting ke kanan ketika jalan licin
SukaSuka
Revo punya kerabat dulu juga gak bisa buat lepas stang. Mochin nasha milik saya malah stabil buat lepas stang
SukaSuka
wah
SukaSuka
Saya nonton YT Otomotif TV memang PCX 160 lebih lincah, tp riding position lebih mantap nmax New
SukaSuka
iya
SukaSuka
ane sih bodo amat lah ya sama engine mountinglah, sokbreker lah, jok lah, definisi kenyamanan itu yg bagemana juga banyak maknanya, tapi kalo bicara nyaman dalam artian menaiki kendaraan ya paling nyaman tentunya naik big bus air suspension dg kursi captain seat full leg rest dg balutan kulit jok beludru atau kulit asli, kenyamanan jelas jauh lebih nyaman daripada naik metic ekslusif 160 cc entah mau engine mounting di samping kanan kiri atas bawah 😀
SukaSuka
Ha ha ha ha, betul
SukaSuka
[…] Untuk kerasnya suspensi yang bikin menyentak kuat di lubang atau polisi tidur ini, IWB menyalahkan velg yang ukurannya lebih kecil. Penulis sih kurang setuju karena diameter ban berubah sedikit, seperti penulis bahas sebelumnya: Mengomentari (nggak setuju) artikel tmcblog soal cara Honda bikin PCX 160 bertenaga tapi irit […]
SukaSuka