Ini si bro awalnya penulis kira kasih statement berdasar pengalaman:
Tapi ternyata, itu cuma teori / asumsi tanpa dia sama sekali melakukan percobaan. Berikut kutipan lengkapnya:
Jhony Charless
wkwk au ah ga ampuh..sudah dicoba namun atasan jadi ga nampol. akhirnya mending lepas corong dan filter ganti busa grand. new nmax originalKupas Otomotif
Sepertinya terlalu kecil. Kalau butuhnya lebih dari 100 terus memang lebih baik lepas corong.Jhony Charless
@Kupas Otomotif ga hanya itu mas trnyata, dari bawah juga jadi ga responsif.. ga efektif jadinya akselerasi dgan bukaan gasKupas Otomotif
@Jhony Charless Cara mengukur perbedaan performanya pakai apa ya?
Coba di ukur pakai rekam speedometer. Karena kalau soal akselerasi, feeling bisa benar benar menipu.
Bensin dan oli mesinnya apa?
Berarti lepas corong lebih sip dari standarnya?Jhony Charless
@Kupas Otomotif pake apa? sampean kan bilang krna keterbatasan ya? nah coba sampean ukur dgan prbandingan memakai boncengan, lalu dgan motor lain bfore after serta sandingkan konsumsi bbm full to full.. silahkan mencoba. monggo buat bahan konten sampean selanjutnya #kurangbaikapa sayacoba heheheJhony Charless
@Kupas Otomotif bensin cukup vivo 90 dan oli encer dibawah 10w-40 (nmax old baiknya akhiran 40, angka depannya bebas bahkan 0 lbh baik) karna kalo beda dgn spek saya sebutkan td ya sudah pasti lemot meskipun dgan tambahan jutaan modifan lainnya…. ijin koreksi om, baiknya juga pahami dlu saja konsep kerja mesin sebelum trjadinya pembakaran..Kupas2
@Jhony Charless maaf saya tanyanya anda ukur pakai apa? Oli yang paling bikin performa paling ok di motor saya adalah mesran SAE 40.
Saya eksperimen dulu baru bikin kesimpulan. bukan sebaliknya. Di Nex2 juga jelas sekali terlihat perbedaan akselerasi. sementara nmax saya makin pelan 0-100nya kalau salurannya dilepas. 100% standar
Bisa dilihat di video review aditif super pro racing lite atau video persiapan, konsumsi bahan bakar saya 60 km/liter kalau pakai eco riding pakai MID. Angka MID anda berapa? harusnya lebih irit lagi karena itu versi new.Jhony Charless
@Kupas2 ya monggo kalo sampean mau tes akselerasi silahkan dyno.. saya skitar jakarta utara. bisa dyno disportisi jaktim, jikalau masnya mau pmbuktian akuratdan saling mengukuhkan teori sampean. biaya ditanggung sampean juga silahkan dikonten mas.. sekian trimakasihJhony Charless
@Kupas2 ya iya bner untuk nmax old oli sae 40 kan om.. sesuai dong ya prkataan saya yg sblmnya.. heheheKupas Otomotif
@Jhony Charless lho berarti anda melakukan klaim di komen pertama itu belum pernah melakukan pengujian yang bisa terukur ya?
Oh ya sudah, saya kira sudah diukur. Tapi barangkali bisa coba eco riding dan bisa di share angka AVGnya berapa? Dulu sebelum pasang SILK, AVG saya 53 km/liter maks. Sekarang 60 km/liter cukup enteng.
Saya sih pakai sederhana, direkam speedonya, baik 0-100 atau mileagenya.
Top speed nggak berubah. Tapi jelas iritnya berubah sangat drastis.
Untuk nex2 saya buat juga video side by side perbandingan akselerasi sebelum dan sesudah saluran masuk filter dikecilkan.Jhony Charless
@Kupas Otomotif yoo jelas ga sprti sampean mas.. namun sudah diukur dengan peralatan sederhana yg sudah saya sebutkan td, yakni bbot dan pengukuran avg speedo/full to full.. maaf mas aku nda bisa sebutkan dsni krna memang tidak niat merecord.. saya jiwa muda mas bawa motornya, bisa mas lihat dri kbiasaan riding saya yg up 100kmh dan kekentalan oli yg saya pakai.. saya rasa dan buktikan sndiri ke pmbonceng dan motor lain teori yg sampean kluarkan tidak brpngaruh positif dri segi power dan aksel motor bhkan cnderung negatif. untuk keiritan motor nmax bisa dilakukan dngan mengatur bukaan gas salahsatuny yg realistis, mas dan penonton bisa cari sndiri dari literatur perihal ini yakni di range speed 40s/d70kmhJhony Charless
@Kupas Otomotif wait om… eco riding brbeda ya dengan performa… hayoo, coba lihat lagi klaim saya dari pertama…
logikanya dan buktinya monggo buktikan sndiri di dyno pada angka afr dll..
performa baik blm bisa dikatakan brbanding lurus dgan keiritan serta kebutuhan mesin scara efektif..
aplikasi sesuatu yg berlebihan itu tidak baik mas, baik terlalu terbuka/tertutupnya filter tidak sesuai/jauh dari ukuran standar OEM. juga mohon dicatat ukrn klep nmax new dan old berbeda ya om.. hehehe
semoga penonton bisa tercerahkan dari hasil diskusi kita ya om…Kupas2
@Jhony Charless Ya mana mungkin penonton tercerahkan karena kan anda nggak kasih detil anda kasih corong diameter berapa cm, detil panjangnya, detil perubahan angka 0-100, detil perubahan km/liter. Juga ketika corong dilepas perubahan akselerasi dan mileage berapa.
Karena saya tahu sendiri kalau kekecilan bakal turun top speednya.
Anda yakin banget cara saya berlebihan cara pabrik itu paling pas juga nggak ada bukti pendukung cuma teori saja.Kupas2
@Jhony Charless anda ini bukan satu satu nya yang bilang pakai corong jadi berkurang powernya. Ada juga pemilik nmax yang bilang nggak cocok, tapi dia kasih info top speed saat tanjakan turun berapa km, avg turun sekian km/liter.
Pemilik nmax / aerox / lexi yang merasakan efeknya juga ada, mereka sharing minim avgnya jadi naik sekian km/liter.Kupas2
@Jhony Charless oh iya, soal oli sae 40, jangan samakan mesran SAE 40 dengan yamalue 10W40. Saya sudah coba puluhan oli, dan saya yakin sekali oli itu beda beda. dan oli rekomendasi pabrik itu yang kualitasnya paling rendah dari semua yang saya coba.Jhony Charless
@Kupas2
wkwkwk iqro, baca mase klaim saya dari awal yg hanya fokus diperforma.. nda pake corong samsek..
santai om..kliatan bgt sampean ga mau nrima kritikan orang lain. dan wahh ga seru dong sampean kalo saya kasih tau smuanya. saya udh kasih kisi2 tuh, lagipula kan kerjaan sampean to ngulik2 sprti ini diyutub…
nah biar pnonton saja yg menikmati ulikan2 anda slama ini perihal motor dan anda juga sampai jualan ini kan di online klo ga salah, mantap wkwkwk… 🤣
sudah lah om, kalo ke jakarta mampir, monggo ngopi om saya jamu, kita buktikan teori sampean diatas dyno.. toh itu juga bisa naikin view sampean hehehe
salam satu aspal lur… 😎Jhony Charless
@Kupas2 oh jelas om, saya cmn make oli sesat premium koKupas Otomotif
@Jhony Charless SIlahkan punya opini yang berbeda, tapi mengecewakan karena anda nggak bisa kasih data..
Klaim tapi tanpa data nggak bisa dijadikan pegangan. Performa akselerasi sama sekali tidak bisa mengandalkan feeling. Wajib diukur.
Saya pernah lepas saluran masuk ke filter, rasanya mantap banget, sudah cerita semangat di video, eh pada waktu 0-100 waktunya jeblok.
Apalagi anda ternyata sekarang ngomong nggak pakai corong. Apa anda ini aslinya nggak pernah coba tapi klaim nggak ada gunanya? Anda ini cuma berteori atau cuma mengandalkan feeling thok? Terus saya yang disuru membutktikan teori salah anda?
Saya beberapa kali ketipu rekomendasi oli sesat premium, dibilang sip, nyatanya dibanding oli 30 ribuan kalah jauh.Jhony Charless
@Kupas Otomotif aduuh kecewa ya ckck perbanyak eksperimen yg valid saja, saya cmn org biasa ukan yutuber sprti anda.. semangat om..
looh diajak dynotest kok ngalur ngidul sampean ini nulisnya ckckck..LUCU
ya emg ga make corong akhirnya, statement saya diawal juga sudah brkata sprti itu.. LUCU
yoo oli apa dlu asli apa nggak wkwkwk bengkel balap jkrta sini (t*nks*nic, R*S) dan teman2 balap saya sudah buktikan semua slama blasan tahun perihal oli sesat ini untuk matic. sudah lah open minded kan fikiran anda om… wkwkwk
prbanyak baca ilmu dan hindari prdebatan pepsan kosong dan silahkan bereksperimen yaa sebanyak2nya dgn data valid (diatas dyno dan komparasi onroad motor)..
yaa pada akhirnya, saya hanya mau mncoba sedikit mencerdaskan penonton yutub anda saja, bagi yg belum tau. 🤣🤣Kupas Otomotif
@Jhony Charless persepsi anda jelas beda dari saya. saya rekomendasi oli tidak untuk balapan, tapi untuk harian dari hasil sharingan yang sehari hari bisa 100 km di jalan. Kesimpulan mereka dan saya adalah mahal nggak dijamin bagus. Mending oli mineral daripada yang ngaku ngaku full sintetik.
Aneh ya, anda mengaku orang biasa tapi ngomong bisa seenaknya, nyuruh saya belajar lagi, mengaggap saya membodohkan pemirsa dan omongan anda harus saya anggap sebagaifakta walau tanpa butki sama sekali,
Penulis sudah banyak melakukan percobaan seputar efek dari SILK ini. Banyak pemirsa yang juga sepakat dengan kesimpulan penulis. 2 yang konsisten adalah kendaraan makin irit dan tarikan bawah meningkat. Terutama di mobil, efek tarikan bawahnya sangat luar biasa. Bisa akselerasi mulai dari 0 kpj di gigi 3 itu termasuk mustahil di mobil 3 silinder 1000 cc manual.
Perbedaan akselerasi sebelum dan sesudah pakai SILK juga jelas kelihatan:
AVG NMAX pun saat eco riding jadi naik dari 50 km/liter jadi 60 km/liter. Pemakaian ngebut dari 37 km/liter jadi 40-42 km/liter. Padahal ini pakai pertalite.
Belum lagi teori ngawur seputar oli.
Intinya kalau untuk dunia motor, jangan asal berteori atau berasumsi sebelum dipraktekkan. Banyak teori ngawur di luar sana.