Melihat foto Yamaha Vixion Advance yang baru dirilis di website tmcblog membuat penulis berpikir, kok sepertinya sekarang motor kencang pada menggunakan riding position yang lebih merunduk ya? Berikut fotonya:
Lebih lengkapnya bisa disimak di link berikut:
Yamaha Vixion Advance Movistar MotoGP . . . Berikut ini mega Galeri Foto Foto dan pembahasan Bedanya dengan Versi Standar May 20, 2015
Terlihat bahwa posisi duduk terlihat tidak tegak, agak merunduk. Kalau dulu, seingat penulis, motor kencang itu riding positionnya tegak, seperti contohnya Honda Megapro, Honda tiger atau Yamaha scorpio:
Motor kencang sekarang posisinya pada merunduk, selain Yamaha vixion, Honda CB150R juga butuh agak merunduk:
Yang full fairing malah lebih parah lagi, seperti contohnya Yamaha R15:
Yang sekarang ini menawarkan riding position tegak adalah motor lambat seperti Honda Verza :
Yamaha Byson walau lambat ternyata butuh riding position yang agak merunduk juga:
Sementara motor kencang dengan riding position tegak seperti Honda Tiger atau Yamaha Scorpio sekarang ini sudah tidak laku:
Entah mengapa tidak laku, tapi penulis merasa bahwa pemilihan desain yang salah yang menjadi penyebab utamanya. Motor nyaman dengan riding position tegak konsumennya adalah bagi yang sudah mapan, biasanya bapak – bapak dengan body yang sudah tidak ideal lagi. Mereka membutuhkan desain yang elegan dan simpel, sementara desain yang ditawarkan adalah desain untuk ABG yang sangat sporty dan meriah, kurang cocok bagi yang sudah mapan. Motor menjadi tidak laku karena yang ABG merasa motor kurang sporty atau kurang kencang, sementara yang mapan merasa motor terlalu ABG.
Sepertinya, konsumen yang aslinya membutuhkan kendaraan touring kencang yang nyaman akhirnya memilih untuk beli motor matik yang nyaman daripada memilih motor touring yang lambat. Sekalian pilih motor yang terkesan lambat daripada memilih motor yang imagenya kencang tapi sebenarnya lambat.
selera dan kekuatan pinggang
http://macantua.com/2015/05/21/accessories-yamaha-new-vixion-advance-makin-lengkap/
SukaSuka
Iya Mas…. saya suka yang tegak tapi “bisa” kencang, meski badan saya masih ideal, mmm…
Bukan karena umur atau pinggang seperti kata mas macantua, tapi memang selera tegak aja. Toh koyok harley itu ngebut tapi nglaras tenan keporo sendhenan…..
Bahkan saat mengemudi bisa juga kencang meski tegak diikat belt dan kepala agak nyandar…
Kencang gak harus nunduk, kan….
Dan akhirnya benar kata Mas juga. Pilihan jatuh ke matic nyaman yang bisa kencang… tapi apa?
SukaSuka
Iya, selera juga sepertinya yang membuat orang menggunakan motor bodi CB lama dengan mesin tiger. Menunduk yang di terapkan di motor produksi sekarang juga tidak banyak mengurangi hambatan, dari segi handling juga sepertinya tidak banyak bedanya, hanya dari perasaan saja.
Iya, walau banyak model, rupanya matik juga kebanyakan ditujukan untuk ABG.
SukaSuka
Tergantung selera, style dan kebiasaan. Saya malah gak demen posisi duduk yg terlalu tegak, demennya yg agak nunduk dikit, krn kl duduk tegak pinggang dan punggung jadi pegel. Lho…??? Ya itu tadi yg saya blg, kebiasaan, krn wkt msh muda seringnya naik motor yg nunduk, nunduk lbh santai dan nyaman kl bagi saya. Disuruh naik GL-Pro/MegaPro/Tiger/Verza? Gak pernah kepikir utk demen motor genre bapak2 alim kyk gitu, wkwkkwkwwkkkkkk………….
SukaSuka
Ok. kendaraannya kurang empuk mungkin. Kalau suspensinya keras, memang lebih parah kalau duduk tegak, lebih enak rebahan. Apa itu ya alasannya semua motor Yamaha mengendarai dibuat lebih rebah semua?
SukaSuka
kalo menurut saya motor yg kencang pasnya memang sedikit nunduk, agar saat dipacu tubuh pengendara tdk menerima terpaan angin terlalu besar. bayangkan jika ngebut badan tetap tegak, bagian wajah dan dada langsung menerima angin dari depan & pastinya kurang nyaman. kecuali motor yg bergenre cruiser/touring bike itu cocoknya memang riding positionnya tegak IMHO
SukaSuka
Bila tujuannya mengurangi hambatan angin, posisi sedikit menunduk tetap tidak membantu, harus rebah sampai kepala nempel spedo atau sekalian tiarap. Saya kalau lagi ingin kencang sekali justru sering duduk tegak karena kalau membungkuk jadi susah lihat jalan.
https://kupasmotor.wordpress.com/2015/01/06/cara-berkendara-cepat-mengurangi-hambatan-angin-tanpa-bungkuk-atau-rebah/
Kalau touring justru anginnya yang ingin dirasakan.
SukaSuka
setuju itu Mas… secara kecepatan, 100km/j di jalan raya kota saya masih mudah diraih…. badan nunduk atau tegak.
saya pernah nunduk rebah nempel speedo waktu alay dulu, cuman menghindari pukulan “kenthes” pak pulisi. tahun 80an kan pulisi bawa kenthes kaya di film chips… hehe…
nah, kalau turing tuh sensasi terpaan angin yang menjadi salah satu kenikmatannya…selain pelukan istri.
wis pokoke buat saya, naik motor itu buat dinikmati… maksudnya pelan yo nikmat, kenceng yo nikmat, gitu Mas.
nah, berarti tema kali ini: tegak itu nikmat.
SukaSuka
ha ha ha, iya sama.
SukaSuka
sekarang lebih penting tampilan dari pada fungsionalnya 😀
—————————–
Yuk Lihat Riding Style Pembalap motoGP
http://rpmsuper.com/2015/05/23/riding-style-pembalap-motogp/
SukaSuka
[…] Agak susah disimpulkan apa yang menjadi penyebab orang memilih motor naked. Penulis berpendapat bahwa seandainya motor fairing dijual seharga sama dengan motor naked, masih akan lebih banyak orang memilih motor naked. Bila melihat juga perbandingan dari data penjualan versi murah, mungkin masyarakan sebenarnya mendambakan motor naked yang simpel, tidak norak, nyaman, dengan gaya riding tegak namun cepat, barangkali tidak pakai stiker / stripping. Seperti yang disinggung sebelumnya: Motor dengan riding position tegak sudah mulai ditinggalkan produsen motor? […]
SukaSuka
kalo ane kadang tegak kadang nunduk….
kalo nunduk terus ya malu om…
kalo tegak terus juga capek… hehehe….
bingung sendiri deh….
SukaSuka
berarti butuhnya motor yang bisa diajak nunduk dan tegak…
SukaSuka
[…] Juga tentang gaya berkendara: Motor dengan riding position tegak sudah mulai ditinggalkan produsen motor? […]
SukaSuka
haaaaah? motor cepet tapi tegak? hihihihi
SukaSuka
Sekarang sepertinya sudah mulai ada lagi dengan hadirnya versys dan CRF-250 rally. Tinggal yang 150cc adventure yang belum. Kalau di luar sih motor tegak kencang banget misalnya yang barusan saya tulis, 158 hp:
KTM 1290 Super Adventure S motor touring ala satria baja hitam
SukaSuka