Beli matik 150cc Vario, PCX, NMAX atau Aerox?


Kalau beli motor matik 150 cc sekarang ini pilihan yang masuk akal sepertinya cuma dari Honda dan Yamaha.

Kalau mau yang beda merek sebenarnya juga ada, misalnya Aprilia SR-150:

Di luar dibandingkan dengan NMAX:

Atau mau pilih dari Benelli.
Ada Caffenero 150:

Sporty X-150 (ternyata 2 tak 50cc, koreksi dari bro abasni):

Atau yang untuk selonjoran Zenzero:

Atau Peugeot:

Atau Vespa

 

Bahas Vario dulu.

Honda Vario penulis kumpulkan jadi satu dengan matik gambot lain karena bisa jadi kalau Vario dapat update ABS dan keyless harganya bakal bisa naik juga. Bisa melebihi Aerox juga.

Penulis lebih suka model yang bodinya dipasangi asesori gold:
Tematis New Vario – Vario 150 Untuk Pangsa Pasar Berbeda

Daripada yang velgnya gold:
Yamaha Aerox Tiba, Honda Vario 150 Bubuhi Emas di Motornya

 

Untuk soal handling, dari yang kelihatan sih Vario itu bukan untuk orang yang tinggi dan bukan untuk orang yang tidak tinggi. Ini melihat dari ruang kakinya. Tapi banyak juga yang bilang nggak ada masalah walau badannya tinggi. Waktu penulis tanyakan ke Honda dibilang sebaiknya mending beli PCX saja.

Ada juga yang bilang posisi riding di Vario nggak kalah dengan NMAX. Percaya saja sih, lha wong pakai begini:

Untuk soal empuk, kalau ban disamakan ukurannya rasanya Vario pun bisa mantap juga empuknya, sekalian setang diganti punya beat street. Tapi bisa juga lebih mudah beli PCX.

Kalau untuk bonceng bertiga Vario rasanya yang lebih unggul, cuma kalau pas polisi tidur jadi was – was kejeduk.
Meramu Keunikan Gaya Hidup dengan Honda Vario 150 ESP

Untuk soal bagasi rasanya semua sama ya? Maksimal satu helm. Kalau biasa ngojek atau boncengan maka satu helm bakal basah kalau saat parkir kehujanan. Rasanya juga pada nggak cocok untuk menempatkan laptop. Sama saja harus bawa tas. Jadi menurut penulis bagasi keempatnya 11-12.

Untuk speedometer yang sering dilihat cuma kecepatan sama bensin sisa berapa. Lihat kecepatan semuanya gampang, cuma nggak tahu update lelet atau cepet. Yang nggak sip bensinnya, pada pakai bar. Kecuali ada mode range (sisa bensin tinggal berapa km lagi).

Untuk performa berikut data otomotifnet:
Test Ride Honda Vario 150 eSP, Ini Data Lengkap Akselerasi dan Konsumsi BBM-nya!

0-60 : 05.3 detik
0-80 : 09.7 detik
0-100 : 17.2 detik (66,7 km/jam)
100 m : 07.8 detik (71.7 km/jam)
201 m : 12.3 detik (89.3 km/jam)
402 : 19.8 detik (105.3 km/jam)
Top speed Racelogic : 110.8 km/jam
Top speed Spidometer : 115 km/jam Konsumsi
Bahan Bakar : 48 km/liter

 

Honda PCX

Katanya terkenal nyaman. Dengan ban besar dan suspensi empuk rugi nggak nyaman. Namun karena bobot bertambah maka akselerasi jadi kalah sama Vario. Dari sisi desain masih polosan. Pakai contoh yang punya Thailand saja biar kelihatan lebih meriah, punya Indonesia nggak begini:

Tampilan malam akan bikin motor terlihat beda sendiri kalau di jalan:

Fitur keyless jadi bikin motor lebih elegan (lupakan yang modif ban cacing):

Kalau bonceng anak nggak banyak tempat:
[Test Ride] Honda New PCX 150 VS Yamaha Nmax 155 ABS

Riding position: Relax banget dengan posisi kaki normal (gak kedepan), saya cobain posisi kaki ke depan kok malah pegel karena ada tekanan di betis dan paha bagian depan. Mungkin kaki saya kepanjangan. Dipake boncengan + anak masih lega.

Performa menurut penulis nggak bakal banyak berbeda dengan yang lama:
Test Ride Honda All New PCX150, Tetap Nyaman Meski Hanya Face Lift

0-60 km/jam : 6,2 dtk
0-80 km/jam : 12,1 dtk
0-100 km/jam : 23,2 dtk
0-100 m : 8,3 dtk
0-201 m : 12,8 dtk
Top Speed : 120 km/jam
Konsumsi : 41 km/liter

 

Yamaha Aerox

Model paling sporty. Dari belakang asli kaya moge. Mungkin karena posisi lampu belakang paling tinggi.
Ketika Yamaha Aerox 155 Dihadapkan Langsung Dengan Nmax, Intinya Beda Segmen

Dari depan kelihatan sip kalau ada plat nomernya:
Test Ride Yamaha Aerox 155 VVA di Sirkuit Marina Batam, Bikin Ketagihan!

Nggak ada posisi selonjor, sama seperti Vario.

Bila dibandinkan dengan NMAX, berikut ukuran ban Aerox:

Aerox sepertinya jadi motor yang paling nggak toleransi dengan penumpang berlebih. Tapi cocok memang untuk yang belum punya anak:
Daily Use Yamaha Aerox 155 vva versi tertinggi, Versi S! ada yang mau ditanyakan?

Performa Aerox:
Ini Rahasia Upgrade CVT Yamaha Aerox 155 VVA ala CR Speed, Akselerasinya Langsung Ngibrit

0-60 km/j: 5,4 detik
0-80 km/j: 9,4 detik
0-100 km/j: 16,7 detik
0-100 m: 7,9 detik (@73,8 km/j)
0-201 m: 12,3 detik (@90,1 km/j)
0-402 m: 19,6 detik (@105,5 km/j)

 

Yamaha NMAX

Motor ini tampilannya sporty:

Cuma menurut penulis bentuk lampu depan dan belakang perlu direvisi juga.

Bonceng tengah itu kasihan anak:
Boncenger Juga Bisa Gaya Selonjoran. Impresi Riding Naik NMAX Bersama Keluarga Kecil

Itu posisi riding ketika anak ada didepan bro… nggak masalah tapi… kalau anak bonceng ditengah, otomatis posisi duduk saya geser kedepan dan ternyata nggak nyaman sekali… karena jarak badan dengan stang lebih dekat. Lihat gambar dibawah ini, selain itu posisi boncenger depan dan paling belakang juga kurang nyaman bahkan kaki si jagoan ngegantung nggak enak tuch dan badannya kejepit. Jadi untuk riding/touring bersama keluarga sich nyaman secara keseluruhan hanya saja ketika anak tertidur dan harus duduk ditengah itulah kendalanya….

Bonceng depan yang lebih disarankan:

Boncengan antara Nmax,ninja,tiger enak mana ya…

Lantas apakah bikin Nmax motor yang paling nyaman buat bocengan. Duo krucil langsung jawab ya… ! (Bahkan yg paling kecil sering ketiduran di atas tangki nmax saking nyamannya). Untuk bundanya dijok belakang, Nmax ternyata hanya nyaman untuk jarak yang dekat. Yang bikin kurang nyaman adalah bentuk bodi belakang Nmax yang gambot bikin kaki melebar untuk meraih footstep. ini yang bikin ga nyaman buat jalan jauh… pegel ng*ngka*g terus kata bunda.

Performa NMAX:
Data Lengkap Test Ride Yamaha NMAX 150, Akselerasi dan Konsumsi BBM

0-60 km/jam : 6,2 dtk
0-80 km/jam : 11,1 dtk
0-100 km/jam : 21,1 dtk
0-100 m : 8,6 dtk
0-201 m : 13 dtk
Top Speed (Spidometer) : 112 km/jam
Top Speed (Racelogic) 109,5 kpj
Konsumsi 48 km/liter

Sebagai perbandingan saja, XMAX:
Test Ride Lengkap Yamaha XMAX ala OTOMOTIF, Data Akselerasi, Konsumsi Bensin dan Fitur Unggulan Temukan di Sini!

0-60 km/j: 5,2 detik
0-80 km/j: 8,2 detik
0-100 km/j: 13,8 detik
0-100 m: 7,9 detik
0-201 m: 12,1 detik
0-402 m: 19,2 detik
Konsumsi bensin: 28 km/L

Iklan

25 respons untuk ‘Beli matik 150cc Vario, PCX, NMAX atau Aerox?

  1. Kalo duit bnyk sih pengennya django, tapi mengakui paling value aerox (s), kalo mau selonjoran + abs vote nmax (abs). belinya pcx (cbs).
    *Mas itu cbs nya pcx beneran beda dgn yg vario?

    Suka

  2. Kesan pertama ane naik Vario 150 punya temen kantor :
    1. Pas digas dikit2 mesin “nggerung” (teriak doang) baru ketika ditambah pelintiran gasnya motor baru jalan. (Mungkin karna udah 20.000an Km jadinya V-Belt minta ganti)
    2. Dipake jalan memang alus karakternya (mesinnya), power deliverynya lembut namun ngisi, tapi . . . , ketika brenti dan ketemu lampu merah atau lagi idle, getaran mesin sangat terasa sekali menjalar dari pergelangan tangan hingga pantat pembonceng terasa banget kayak “ditonjok-tonjok” laksana duduk diatas mesin diesel :v
    3. Dipake jalan 40-65an Km/Jam (diatas itu belum coba) stang stir terasa ringan banget, malah tidak stabil, seperti “lari kekanan-kekiri”, baru bisa agak stabil kalo pergelangan tangan dibikin kaku/tegang (tapi masak iya naik motor tangan kudu tegang mulu … ?)
    4. CBS ( Cable Brake System) memang beneran bikin deg-deg-an saat akan mengurangi laju motor, apalagi saat menjelang tikungan/mau belok.
    5. Diluar adanya CBS, disektor braking system dari Vario 150 sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan braking system motor2 Yamaha kebanyakan. Di Yamaha biasanya mampu memberikan feeling dan feedback yang baik terutama dari sektor front end.

    Suka

    • Wah apa itu sudah di modif ya? sehingga digas kencang baru mau jalan?

      Soal getaran saya juga pertama pakai beat kaget dengan getaran saat idle, mungkin cirinya ya? mungkin karena derajat pengapian maju.

      Kalau setang ringan apa terpengaruh ban ya? Kalau ban depan polanya kiri kanan maka motor bisa lari kiri kanan juga. untuk CBS iya, bikin nggak pede.

      Kok terkesan itu ban sudah waktunya ganti. Sudah kepikiran membuat artikel beda antara ban gundul dan ban baru tapi masih belum sempat, akan saya buat segera, mungkin bisa menjawab itu.

      Suka

      • Wah apa itu sudah di modif ya? sehingga digas kencang baru mau jalan?

        bukan dimodif, standar om, ya mungkin karna perangka cvtnya ada yg sudah harus ganti, harus digas agak dalam dulu baru motor mau narik, rasanya kayak naik Mio gen awal dah pokoknya, hehehe 😀

        “mungkin karena derajat pengapian maju”

        Kalo derajad pengapian lebih maju apa artinya biar akselerasi lebih enteng ya Om? kalo derajat pengapian lebih mundur katanya apa lebih bagus buat putaran tinggi (top speed)? soalnya dulu klo gak salah motorplus pernah nulis ttg Suzuki Shogun 110 kebo (96/97) punya pengapian yg lebih mundur dibandingkan New Shogun 110 Mamiek Prakoso, sehingga putaran atasnya lebih kuat.

        stang matic honda ngga ada pengaruh sama ban Om, Vario Beat sama saja setangnya enteng, dipake jalan (meskipun berboncengan) tetep rasanya lari2 kiri-kanan gak stabil, udah gitu nikungnya kurang berasa pede gak kayak kompetitor utamanya.

        Suka

        • ok.

          Iya ya, harusnya pengapian mundur. Motor Honda rata rata suaranya mudah kemlothak kalau pakai premium.

          Untuk kestabilan, mungkin karena gaya keseimbangannya beda ya? Untuk belok harus pakai counter steer.

          Suka

        • Iya memang dibikin lebih ringan dan lebih lincah

          Masih lebih stabil vario125 gen1 dan mesin masih lebih nggleser vario gen1, shock belakang lebih lembut gen1,namun shock depan gen1 lebih stiff
          Cuma kelincahan jelas lebih lincah yang led
          Paling enak dipanteng 60-80 mesin gak krasa udah kayak naik sedan, dibawah ato diatas itu agak nggerung

          Suka

    • Sepertinya honda membikin vario sangat irit banget pas idle, campuran dibikin miskin
      Tp kan ada ISS, lumayan mengurangi getaran pas di lamer, cuma kalo pas macet yaaa gitu lah

      Suka

      • wah enakan Suzuki Nex/Address donk? MX King gw malah lebih halus drpd matic nya Yamaha, OCB jg sama sih cm klo di bawa ngebut lama bisa klotok2 kudu nyetel tensioner. Cuci steam jg gak bisa malah susah nyalanya, kudu pelan2 nyuci OCB. gear 6 ketahan di 9500rpm std, bensin setara ama si 2 tak jyadul 1:35-1:40kpl.

        Hmmm… Iritan MX King ya

        Suka

  3. sedikit meluruskan benelii x150 tu motor 2 tak n ccnya bukan 150cc cuma 50cc doang jadi rada rancu aja kalo di lihat dari judulnya ni motor di masukin

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.