Honda telah mengeluarkan paten tentang standar samping yang modelnya lebih njelimet dari yang ada sekarang:
Honda Patenkan Desain Side Stand Baru… Mau Diproduksi Massal?
Entah mengapa Honda kok kepikiran buat inovasi baru dari sandar samping sederhana yang sudah terbukti reliable.
Dari bentuk juga nggak lebih kokoh. Malah terkesan ringkih. Dengan besi kecil untuk pin mekanisme seperti itu apa membuat sandaran jadi lebih kuat?
Rasanya kok malah rawan macet. Di musim hujan juga komponen begituan kan mudah berkarat. Belum lagi resiko bunyi. Per di dalam ruang besi itu rasanya bakal jadi sumber bunyi nggak enak.
Tabung luar juga harus kuat. Kalau tipis bakal mudah robek atau bengkok, dst. Ini tentu membuat sandar samping jadi berat. Hal yang tidak bagus untuk sandar samping yang tidak lebih kuat dari yang sudah ada.
Dan terus apa terjamin kuat pakai besi sekecil itu. Apa nggak bengkok atau patah atau selip? Padahal tahu sendiri kalau rider nampang di pinggir jalan itu nggak perduli motornya di sandar samping. Kadang malah berdua. Belum lagi motor yang berat badannya aduhai.
Justru yang penulis tunggu itu paten Honda untuk sandar tengah matik kecil. Honda Beat di rumah itu sandar tengahnya setengah mati. Penulis saja merasa berat banget. Jadinya penulis paham bila orang orang pada pilih parkir matik Honda pakai sandar samping.
Sandar samping sudah ok jangan dirusak dong. Yang perlu diperbaiki sandar tengahnya.
standar tengah motor honda entah matic sport bebek, itu memang bikin emosi penggunanya kalo mau dipakek, lha emang susah banget di berdirikan, ini bukan hoax atau ngejelekin, tapi fakta, beat esp nyokap aja itu standar tengahnya sungguh naudzubillah beratnya🤣🤣🤣 ketika motor hendak diberdirikan, padahal metic kecil ringan lho itu, aneh kan?🤣🤣🤣
SukaSuka
berarti CoG nya bermasalah?
terlalu dekat ke mesin
SukaSuka
gak paham bos ane masalah CoG gituan :D, yg pasti standar tengah beat bahkan agak lebih berat daripada standar tengah aerox 155 sekalipun 😀
SukaSuka
Iya. Seperti asal saja menempatkan posisi sandar tengah. rasanya seperti nggak beda dengan angkat belakang pakai satu tangan.
SukaSuka
Setuju banget motor honda tuh standar tengahnya ampuuun beratnya..
Pabrikan Y aja tinggal injek dikit dah bisa..
SukaSuka
Iya, saya juga pernah merasakan punya Yamaha enteng juga.
SukaSuka
Y ringan dan pendek. Sepertinya dirancang untuk membantu penggunanya. Yang bikin seperti ikut mencoba dan merasakan.
SukaSuka
mungkin juga karena sandaran berada lebih dekat tengah titik berat.
SukaSuka
Dan jangan lupa, tidak ada standar tengah matik honda yg ga mlenyok injakannya
Pernah ngajarin ponakan nyetandar tengah scoopy beraat banget, kirain macet krn ga pernah dipake, ternyata wkwkk desain hak paten
SukaSuka
Iya ya . Ha ha, patennya nggak membantu
SukaSuka
Itu malah hak patent nya ( besi injakan mudah mleyok). Klo dibikin model gitu gimana kualitasnya???
SukaSuka
Mungkin kita salah duga. Kalau masih baru dipakai seperti teleskop kalau sudah lama ya dipakai seperti sandaran biasa, dimleyot ke belakang 🙂
SukaSuka
Std tengah Honda harus sering di kasih WD40 biar licin klo gak suka macet. Jangankan std tengah, step boncenger nya aja suka macet klo gak di kasih WD40.
SukaSuka
wah nggak macet saja berat, apalagi macet ya?
SukaSuka
Dari dulu penasaran kenapa banyak yang ogah standarin ganda eh gak taunya berat ya…tapi inget2 waktu pakai pcx gak berat2 banget sih meski masih kalah sama standar matic gambotnya suzuki yg meski udah 650cc tapi tetep bisa di standarin tengah dengan gampang.
SukaSuka
Kalau khusus untuk PCX rasanya pernah lihat ada paten sama video biar gampang di sandar tengah. tapi unik juga masih kalah dengan motor Suzuki 650 cc wah wah
SukaSuka
standarin beat ky na hrs pake trik supaya pas d pake engga terlalu berat sm biar engga meletot standar tengah na (pengalaman tiap hari pake beat)
klo yamaha emank ringan bgt, engga perlu sampe keluarin tenaga dalem, mau matik, bebek(pengalaman wkt py MX 2008 & 2011, XeonGT 2014)
SukaSuka
wah ekstrem juga. Kalau saya seringnya diprotes istri. Istri protes kalau motornya disandar tengah. Untuk menurunkan sandar tengah pun repot.
SukaSuka
klo liat standar tengah motor honda banyak yg suka mletot, kemungkinan bahan na jelek & salah cara pakai standar tengah🤔, selama ane pakai standar tengah aman² aja 😅
SukaSuka
Nah itu, cara yag benar di matik Honda bagaimana? Karena misalnya di Suzuki, tangan lepas dari motor, cuma injak sandar kaki tengah dengan kuat maka motor sudah bisa tersandar tengah. Kalau Honda sepertinya sebaliknya. Yang di kaki cuma nahan, yang lain otot tangan.
SukaSuka
klo honda dua² na main, kaki sm tangan barengan.
SukaSuka
iya
SukaSuka
Di Jepang pernah recall gara2 “mletoto” kalau tidak salah Dio110 (kalau disini Spacy). Direcall karena membahayakan.
https://www.honda.co.jp/recall/motor/campaign/120629.html
https://news.webike.net/2012/07/02/11840/
SukaSuka
wah
SukaSuka
[…] penulis sudah sempat bilang bahwa pakai sandar tengah matik Honda itu susah. Dan sekarang penulis praktekkan dan tunjukkan […]
SukaSuka