Solusi gredek ADV gagal, muncul solusi baru untuk PCX 160, tapi kok debu tetap nggak disetop???


Sebenarnya di artikel untuk bahas soal ke(tidak)mampuan PCX 160 menyesuaikan bensin, penulis mau bahas gredek juga, tapi asli kelupaan.

Jadi kan katanya untuk PCX 160 ini, Honda telah memperkenalkan perubahan yang dijamin 100% bisa bebas gredek. Dijamin seluruh dunia nggak ada PCX 160 yang bakalan gredek.

Ada beberapa perubahan, seperti misalnya diameter pully belakang diperbesar:
BONGKAR MESIN HONDA PCX160🔥 | MASIH GREDEK-GREDEK?🤢

Akurasi balancing juga ditingkatkan (Catat: sebelumnya ternyata kurang balance).

Katanya sih kalau melakukan maintenance dengan baik maka gredek tidak terjadi. Gredek katanya cuma terjadi karena pulley kotor. Kotoran bikin kampas tidak menempel sempurna

Dengar dengar sih, gredek bisa terjadi beberapa hari setelah diservis, berarti harus servis CVT tiap minggu? Wah, makmur AHASSnya.
Honda PCX Bergetar Pada Tarikan Awal, Mohon Solusi Permanennya!

Saat servis pertama di AHASS CV Berkah Mandiri, CVT dibersihkan oleh teknisi. Tetapi beberapa hari kemudian getaran sebelumnya muncul lagi . Di bengkel AHASS, dilakukan pembersihan CVT yang tidak menyelesaikan masalah karena getaran muncul lagi dalam beberapa hari.

Tanggal 24 Juli 2018, saya menyerahkan data yang diminta ke AHASS dan diberitahukan untuk part pengganti akan dilakukan pemesanan. Tanggal 3 September 2018, part sudah datang dan dipasang ke motor saya. Ternyata setelah diganti hanya bertahan satu minggu tidak getar.

Untuk mengatasi gredek, Honda merubah desain mangkok pully dari yang asalnya 6 lubang menjadi 2 lubang:

Katanya sih untuk meningkatkan ketahanan terhadap debu, sehingga motor akan terasa lebih ringan dan halus. (Catat, solusi untuk ADV itu ternyata nggak cukup bagus).

 

Jadi untuk PCX 160 ini dijamin bebas gredek karena debunya sudah dicegah lebih baik dari sebelumnya (yang pencegahan debunya lebih jelek). Jadi dengan begitu, kotoran debu bakal lebih sulit masuk ke dalam mangkok.
Bukan soal Gredek, Komunitas Honda ADV 150 Malah Keluhkan Hal Ini

beberapa waktu lalu, jagad maya sempat dihebohkan kemunculan petisi di laman Change.org yang meminta pihak Astra Honda Motor (AHM) segera menarik ulang atau recall sepeda motor ADV 150 lantaran ditemukannya masalah gredek layaknya PCX. Azis Deswinandi humas iternal ADV Riders Bandung dengan santai menanggapi masalah gredek pada Honda ADV150, dirinya mengaku bahwa gejala gredek itu terjadi jika setelah membawa motor ADV 150 ke jalanan yang rusak, tanah dan berdebu.

“Saya pernah merasakan gredek ketika pulang dari daerah Panaruban, Bandung yang jalannya berdebu, saya komplain ke bengkel karena gredek. Tapi setelah bagian mesinnya dibersihkan gejala tersebut tak terasa kembali,” kata Azis. Azis berani mengklaim bahwa dari sekitar 200 anggota ADV Riders Bandung, hanya ada 3 orang yang mengeluh merasakan gredek.

Cuma, dengar dengar kok kotoran yang menyebabkan gredek itu sumbernya nggak hanya dari debu tapi juga dari kampas gandanya yang aus ya? Kampas ganda aus sehingga menjadi kotoran yang menyebabkan gredek.
Viral Petisi Masalah Honda PCX Lokal, Begini Cara Mengatasinya

Setiap servis mesti dibersihkan bagian mangkok koplingnya supaya enggak ada debu sisa gesekan kampas. Debu itu yang bikin gredek-gredek

Gredek itu kan dari debu hasil gesekan kampas sentrifugal dengan mangkok kopling.

Skutik Adventure Honda ADV 150 Dijamin Bebas Gredek, Ini Sebabnya

Misalnya membiarkan mangkuk kampas ganda kotor, sisa kotoran kampas ganda juga bikin kampas slip dan akhirnya gredek,” pungkas Endro Sutarno, Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM).

Pakai Mesin PCX 150, Honda ADV 150 Dijamin Bebas Gredek, Ada 6 Pilihan Warna

“Gredek itu umumnya karena debu dan kotoran, setelah dibersihkan, gejala itu hilang. Kemudian jalan santai juga pengaruh, karena kampas kopling dengan mangkoknya enggak mengigit kuat, sehingga menimbulkan gesekan dan debu,” jelas Endro Sutarno, Technical Service Divison AHM

Itu sumber debunya dari dalam. Jadi makin sulit keluar dong???

Yang bikin kaget juga adalah ternyata walau debu disebut sebagai penyebabnya gredek CVT, tapi di CVTnya PCX sendiri nggak ada filter udaranya menurut bro ongis nade!!! Debu disebut penyebab gredek, tapi ruang CVT sendiri tidak ada filter udara untuk penyaring debunya!!!

Yang penulis tahu, di Suzuki Nex II penulis ada filter CVTnya. Contoh video:

Di NMAX juga ada:

Tapi waktu penulis cari video filter CVT PCX di youtube ternyata nggak nemu!

Penulis pun coba cari part catalogue untuk Honda PCX 160 di link berikut
Di Situs ini, Anda dapat melihat materi terkait servis seperti katalog part untuk sepeda motor Honda dalam format PDF.

Kok kayaknya nggak ada juga ya (ini untuk PCX 160, ada kata kata HEV)?

Sebagai perbandingan, di NMAX 2018:

Lho, katanya debu dari luar? Tapi kok bagian CVT nggak ada filter udaranya???

Asli nggak paham.

Jangan lupa bahwa mesinnya all new. Bisa jadi resep manjur untuk mengatasi gredek di versi lama tidak akan bisa diterapkan di PCX 160:

Penulis jadi kepikiran. Apa Honda rombak total bagian CVT biar nggak ada lagi yang pakai kampas ganda pakai punya NMAX atau mangkokan komplit Nex II?

btw, solusi mengatasi gredek dari pak Endro itu seingat penulis adalah kasih lubang biar debu gampang keluar. Protesnya cuma kalau nggak profesional bisa bikin nggak balance. Tapi solusi Honda Jepang malah dikurangi lubangnya. Dari Jepang sana juga rupanya cuek dengan masukan pak Endro bahwa gredek bisa bersumber dari debunya kampas ganda. Yang debunya dari dalam dibuat makin sulit keluar. Rupanya bagian teknis Jepang itu juga cuek bahkan dengan teknisi karyawan mereka sendiri ya di Indonesia ya? Padahal solusi Honda Jepang nggak bisa dibilang sukses.

34 respons untuk ‘Solusi gredek ADV gagal, muncul solusi baru untuk PCX 160, tapi kok debu tetap nggak disetop???’

  1. Ga yakin pxc 160 bebas gredek. Yg dulu2 juga begitu, pas awal adp150 sama pxc150 baru rilis juga bilang bebas gredek tp buktinya gredek tetap ada. Mungkin itu fitur dari hodna supaya kita bisa melek kagak ngantuk bisa merasakan gredek saat lagi bawa motor 😂

    Suka

  2. BIAR GREDEK, YANG PENTING NOMER SATU DI PENJUALAN… AWOKAWOKAWOKAWOK… (kadang ketika suatu manufaktur mengetahui produknya menjadi pilihan utama konsumen, mereka menjadi merasa jumawa dengan egonya sehingga kurang menaruh perhatian terhadap saran, kritik, dan masukan dari pihak manapun, termasuk dari pihak internal mereka sendiri)

    Disukai oleh 1 orang

  3. gredek2 itu berasal dari terlambatnya/kurang sigapnya kampas kopling ganda mekar/mengembang dan menjepit mangkok kopling nya, yg diakibatkan per sentrifugal daya regang nya kurang lembek/lunak, sehingga kampas kurang/tidak segera mendekap erat mangkoknya, makanya gredek2. (semoga paham dg penjelasannya)

    solusinya ialah coba diganti per sentrifugalnya yg lebih lunak seperti punya honda zoomer atau beat karbu (ini matic honda yg bisa dibilang paling minim gredek) kalo PnP.

    Suka

    • Ini hampir tepat. Tapi yang jadi biang keladi sebenarnya adalah kampas gandanya yang selain permukaan shoenya gak seberapa lebar, dia juga ‘ngejar keawetan’ jadi gak seberapa menggigit. Sekalinya bell housingnya driven pulley kotor, yasudah dia gigitannya gak seberapa, di rpm rendah dia gak sanggup segera engage, maka terjadilah gredek. Kasus yang sama juga sebenarnya terjadi di aerox, tapi atleast daya cengkramannya sedikit lebih baik drpd di pcx/vario, jadi mileage sebelum terjadi gredek lebih lama.

      Btw, per kopling beat dan zoomer itu identik, persis, bedanya cuma ada di warna, kemasan dan harga, wkwkwk. Dan jika per ini digunakan tanpa ada ubahan di bagian kampas gandanya tadi itu, dia justru malah makin memperparah gredeknya.

      Dan perkara gredek di pcx160, buat pak cahyo, kita lihat dulu saja nanti apakah gredek di motor tsb bakalan ada, lebih baik jangan membuat suatu kesimpulan dulu sblm ada laporan long term usage dari pemilik2 motor tsb.

      Suka

      • ok. Inti dari artikel ini adalah pengakuan Honda bahwa ADV pun masih kurang sempurna dan klaim sebelumnya bahwa 100% bebas gredek itu tidak terbukti. Juga mempertanyakan mengapa kalau tahu sumbernya debu, kok nggak diberi filter udara.

        Suka

      • per beat karbu dipasang di aerox ane gredek di putaran bawah berkurang signifikan bro, tarikan lebih responsif (dari kondisi diam) tapi problem yg belom ane tau penyebabnya, gredek terkadang bisa muncul diputaran menengah kebawah pasca motor dipake jalan kencang (70-90 kph) dalam waktu beberapa menit. entah apakah lantaran per sentri beat karbu melemah karna terkena suhu panas ato bagemana lom tau🤔🤔

        Suka

    • Ini ane udah pakek, per sentrifugal punya beat karbu, mangkok standar. Gredek hilang 3 minggu aja, sebelumnya pakek per ori seminggu stlh servis cvt gredek lagi

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.