Berapa sih beda suhu oli mesin di saat dingin dan panas


Ada argumentasi bahwa suhu oli itu akan selalu sama walau kondisi cuacanya dingin atau panas. Tapi apa sebenarnya begitu?

Penulis sudah cari info ini sejak lama, tapi akhirnya nemu informasinya. Sharingan berikut ini. Ingat ya, penulis nggak ambil yang share data suhu mesin / coolant, tapi cuma yang suhu oli mesinnya saja. Data penulis konversi ke derajat celcius
Oil temps: Summer vs Winter

Dulu ketika saya memiliki A4 (mesin 1,8T), saya akan melihat suhu oli sekitar 93C selama musim panas dan sekitar 80C selama musim dingin, ketika suhu sekitar mendekati titik beku

Juga tergantung di mana sensor berada. Tapi saya ingat perbedaan 7-11°C.

E46 M3 biasanya berjalan dengan aman di bawah tanda tengah 210 pada pengukur, mungkin sekitar 93C atau lebih di musim dingin ketika saya biasa mengendarainya, dan 98C di musim panas.

Selama musim dingin (sekitar titik beku) pada suhu pengoperasian penuh di jalan raya, 103. Musim panas (suhu lingkungan di pertengahan 90-an) akan mencapai 107. VW Golf Sportwagen 1.8 2018, tahap 1 disetel.

Saya telah melihat 6 atau lebih derajat perubahan suhu musim panas ke musim dingin. Musim panas pasti lebih hangat.

VW Passat 1.8t 1.8t (EA888 gen 3) 2016 saya menjalankan suhu oli maksimum ~96C selama bulan-bulan musim panas terhangat dan menurut saya jauh lebih rendah selama musim dingin pada ~85C hingga ~88C. Saya sering berada di Pennsylvania, jadi suhu rendah tipikal selama musim dingin adalah 6C hingga 16C. Mobil ini dilengkapi dengan penukar panas oli-ke-pendingin dan juga pembacaan suhu oli di dasbor. Perbedaan ~ 11C antara musim panas dan musim dingin pasti mempengaruhi viskositas oli di bantalan dan bagian mesin lainnya setidaknya sampai tingkat tertentu. Meskipun saya ragu itu sangat penting. Saya menggunakan oli yang sama sepanjang tahun, tetapi menurut saya mengubah viskositas dari musim panas ke musim dingin mungkin tidak segila yang diyakini beberapa orang di papan ini.

Sebagai catatan, oli mesran SAE 40 disebut terlalu encer untuk rider di pontianak atau jakarta. Disebut terlalu kental untuk rider di malang atau bandung.

4 respons untuk ‘Berapa sih beda suhu oli mesin di saat dingin dan panas

  1. Wah. Mesran terlalu encer ya dipontianak? Saya dipontianak dan baru beli mesran sae40 dan baru isi dimotor, belum tes jalan

    Suka

      • Biasa pakai fastron techno hijau 10w-40
        Mesran udh saya tes jalan 50km lbih, sejauh ini rasanya mirip sama fastron techno, cuman pada saat mesin dingin, tarikan sedikit berat, setelah 1 menit sudah normal kembali

        Motor scoopy 2019

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.