Lampu depan LED CB150R sangat pantas ditilang polisi


Kemarin sore saat penulis pulang dari kantor, dari kaca spion penulis melihat kilasan lampu yang sangat terang dan menyilaukan. Diantara puluhan atau ratusan kendaraan baik mobil dan motor, cahaya itu terlihat sangat terang dan cukup membuat terkejut. Saat itu sudah mulai gelap sehingga banyak mobil yang sudah mulai menyalakan lampu, namun terangnya lampu mobil tetap masih kalah terang dengan sumber cahaya tersebut, lampu motor nggak ada apa – apanya dari lampu menyilaukan tersebut.

Karena penasaran, maka penulis coba mencari tahu kendaraan apa yang lampunya menyilaukan tersebut. Dan setelah kendaraannya dekat ternyata itu adalah Honda new CB150R yang sudah pakai lampu depan dari LED. Kepada pengendaranya penulis menyarankan agar pakai lampu dekat saja, tapi ternyata itu sudah lampu dekat! Itu jelas ngaco.

Kalau ada yang bilang bahwa pemakaian lampu LED sudah dipikirkan matang matang oleh Honda, kasus tersebut menunjukkan bahwa itu omong kosong. Seharusnya dengan sudah diperhitungkannya roda, suspensi dan perangkat lainnya, sudah bisa juga diperhitungkan posisi ketinggian lampu maksimum pada segala kondisi. Jadi harusnya setelan nggak pas sekalipun nggak sampai terjadi lampu dekat menyorot keatas. Namun nyatanya itu yang terjadi. Dalam kondisi lampu dekat sampai bikin silau jelas penerangan malam hari juga tidak maksimal. Lampu jauh bisa jadi menyorotkan ke atas pohon.

Lepas dari desain yang ngaco, ini juga menunjukkan betapa lemahnya kontrol kualitas Honda. Kalau di Suzuki, penulis ketahui bahwa setiap motor akan dikirim atau diservis akan dilakukan pengecekan semua fungsi, mulai dari rantai, tekanan ban dan termasuk juga ketinggian lampu. Jadi seandainya desainnya ngaco tapi pengecekan dilakukan dengan benar maka lampu dekat nggak akan sampai bikin silau. Sampai bisa terjadi motor di tangan konsumen dalam kondisi lampu dekat menyorotnya terlalu tinggi itu adalah bukti lemahnya kontrol kualitas Honda, atau mungkin lebih tepatnya Astra Honda Motor. Standar mutunya kurang.

Seandainya kasus ini terjadi cuma satu atau dua kali masih bisa dimaklumi, tapi masalahnya ini termasuk sering terjadi. Bahkan sampai motor yang diterima blogger pun setelan lampunya ngawur.
Ngetes kekuatan lampu LED Honda new CB150R….monggo intip video terlampir !! October 13, 2015

Selain itu posisi default LED bawaan pabrikan IMHO terlalu dongak keatas. Mencoba mencari-cari posisi penyetelan juga belum nemu. Mungkin masukan buat pabrikan…tidak hanya Honda, IMHO semuanya….mungkin desain headlamp LED kedepan diperhatikan soal adjustment panel supaya diletakan diposisi yang gampang diraih. Kayak headlamp model bohlam yang hanya diberikan baut kiri kanan misalnya (tipe sport).

Bila lampu dekat saja sampai bikin silau maka tidak perlu heran bila polisi sampai menilang.
Waduh !! Lampu LED di tilang polisi? January 11, 2016

Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Kaget mendengar dari salah seorang di forum group FB yang menceritakan bahwa temanya membeli honda CB150R terbaru yang lampu utamanya sudah LED melakukan perjalanan sampai cirebon di tilang polisi dengan alasan lampu putih tidak sesuai dengan undang-undang.

Kejadian ini bikin mengerutkan dahi saja karena memang aslinya itu lampu bawaan dari pabrik aslinya seperti itu kok masih saja di tilang, apakah polisi tidak tahu akan hal ini atau memang kurang update. entahlah dan lagi-lagi polisi cirebon yang terkenal dengan main tilang saja seperti kasus yang dahulu karena lampu yamaha R15 yang menyala cuma 1 di tilang padahal itu juga bawaan dari pabriknya.

Kalau ada yang bilang itu lucu atau menganggap polisinya kurang informasi, bagi saya itu enggak. Karena jelas waktu saya mengalami sendiri lewat kaca spion saja sudah begitu menyilaukannya, tidak bisa membayangkan jika mengalami itu pas lagi berpapasan di jalan kecil yang banyak halangannya. Sudah pantas polisi menilang motor yang seperti itu. Yang salah bukan LEDnya, tapi setelannya. Kalau setelannya benar maka lampu tidak akan menyilaukan. Namun repotnya setelan dari Honda ngawur dan tidak sesuai dengan aturan keselamatan.

Polisi nggak perduli itu asli dari pabrik atau tidak, karena jelas itu membahayakan pengendara lain maka tentu wajib ditilang. Justru aneh kalau ada kasus lampu menyilaukan seperti itu terus dibiarkan hanya dengan alasan sudah bawaan dari pabrik. Pengendara seharusnya juga sudah bisa tahu sendiri seandainya lampunya ketinggian. Apa ya enak kalau pakai motor lampunya ketinggian? Lampu ketinggian nggak nambah keren tapi bikin dimaki orang.

Tentunya bro semua juga tidak ingin membahayakan keselamatan orang lain juga. Jadi bagi pemilik Honda new CB150R yang sudah pakai Lampu depan LED, segera sesuaikan ketinggian lampu depan karena sepertinya besar kemungkinan ketinggiannya disetel ngawur oleh Honda. Caranya bisa dibaca di artikel berikut:
Senin,21 Des 2015 09:59 WIB, Setting Sendiri Ketinggian Sorot Lampu All New Honda CB150R, Mudah!
DIY: Setel Ketinggian Sorot Lampu Depan Honda New CB150R – Ternyata Gampang! 05/12/2015

35 thoughts on “Lampu depan LED CB150R sangat pantas ditilang polisi

  1. ngga cuma kelas sport honda, varian matic honda khususnya vario series. Lampunya silau abis..bukan mau ngejelekin yaa tapi itu menurut pandangan ane kalo berpapasan sama itu motor

    Suka

  2. Lah…baru ngeh ya om…kalo ahm itu pabrikan ngawur…sing penting laris..dibikin jelek aza laris ngapain bikin bagus..ntar profitnya sedikit…lednya dibikin dongak aza pd beli..perkara ditilang resiko sendiri…makan tuh merk!jleb..!

    Suka

    • Kalau yang setelannya benar ya nggak silau. Mungkin dealer di sekitar termasuk yang standarnya bagus. Kalau kelihatan ngepas, tinggal dilihat kalau nanti semua motor sudah pakai LED. Karena bisa jadi saat itu yang pakai bolam yang kelihatan sip.

      Suka

  3. cb sama sonic sih menurut saya, yg vario ga sebanyak cb dan sonic, kalo pngalaman saya dari 6 cb, cuma 1 yg adem, yg lain sudah seperti hi beam. karena lampu led antara low beam sma hi beam beda nyalanya jd keliatan bget mana yg silau hi beam mana yg silau karna setelannya ngaco😀

    Suka

  4. Sebetulnya semacam itu terlalu subjektif untuk dibilang ‘kurang kontrol produksi’, bahkan imho pernyataan tersebut termasuk tuduhan yang sifatnya menjelekkan nama baik. Kejadian seperti itu kemungkinan hanya masalah settingan saja, bisa adjust sesuai kebutuhan. Bagi mereka yang memang punya unsur ‘kepentingan golongan’ , sangat mudah share artikel offensive seperti ini. Saya tidak bermaksud membela merk terkait. Kalau nanti ada iklan motor ahm di blog ini, apakah bapak bersedia menghapus artikel yang berbau black campaign seperti ini???

    Suka

    • Yang saya ungkap kenyataan. Karena saya merasa terganggu dengan hal itu, dan saya merasa itu juga mengganggu / membahayakan yang lain juga. Ini adalah masalah yang harus ditangani. Ini bukan sesuatu yang harus ditutup-tutupi.

      Ini bukan black campaign karena artikel ini bukan ditujukan ke salesnya Yamaha atau Suzuki tapi langsung ke Honda. Besar harapan saya Honda mau menangani masalah ini. Dan paling tidak pemakai motor Honda jadi tahu bahwa setelan lampu ketinggian itu membahyakan yang lain atau paling tidak resiko ditilang polisi sehingga berusaha memperbaiki. Nggak bisa pakai alasan “ini sudah bawaan dari pabrik”, karena alasan itu bisa tidak digubris oleh polisi. Polisi akan mengira setelan sengaja ditengadahkan oleh pemilik untuk gaya gayaan.

      Kenyataannya banyak terjadi setelan lampu terlalu tinggi. Memang ini cuma masalah setingan saja. Namun polisi bila menilang akan menyalahkan pemilik. Tentunya pemilik berharap motor setelannya benar saat diterima.

      Tanggung jawab setelan harusnya di pabrik. Dealer yang jual paling tidak juga mestinya melakukan pengecekan ulang. Kalau lolos dua duanya berarti ada kesalahan di kontrol kualitas.

      Menurut bro, siapa yang salah?

      Suka

  5. Gw jg pny pnglaman kurang enk dgn produk honda khususnya honda beat milik istri karena stlh deal beli, trnyta wktu tes drive settingan lampunya terlalu tinggi pdhl bkn high beam..
    Dgn trpksa gw bw ke bengkel ahass buat setting ulang lampu ini di servis pertama.
    QC honda mnrt gw itu paling jelek dibanding merk jepang lain..

    Suka

  6. untung motornya ga terlalu laku….bayangkan kalau populasinya sebanyak vixion….jalan raya bakal perang lampu high beam. hehehhe

    Suka

  7. honda itu kalau buat motor suka ngawur..
    karena mindset honda dah tertanam dijiwa bapak2 Indonesia..
    mau apapun kualitas motor honda tetep aja dibilang bagus.
    makanya buat motor seadanya..kan tetep laku.

    Suka

  8. Maaf sebelumnya bukan niatan untuk membela tapi,mas ini kan orang awam semua kendaraan yg di keluarkan dari pabrik itu sudah di tes tingkat kenyaman dan keamanannya pengemudi dengan pengendara lain. Kalo mas tidak tahu apa” jangan mengolok” perusahaan ternama. Memangnya engga punya kekurangan? Udah merasa perfect? Engga kan?

    Suka

    • Karena sudah terbukti banyak lampu Honda yang ketinggian, maka terbukti produk Honda kurang kontrol. Kalau memang kontrolnya ketat, mengapa kok bisa terjadi setelan lampu terlalu tinggi. Bisa jadi ketinggian lampu tidak termasuk check list pengecekan akhir. Sangat disayangkan karena dengan sistem yang sudah canggih tapi banyak hal yang kelolosan.

      Kekurangan itu wajar, tapi mestinya segera dibenahi.

      Saya buat ini bukan hanya untuk mengingatkan pabriknya tapi juga untuk pengguna agar segera mengecekkan motornya sendiri.

      Kalau tidak disosialisasikan yang kasihan penggunanya. Apa kalau dirahasiakan akan menguntungkan bagi konsumen motor Honda? Saya rasa justru sebaliknya.

      Suka

  9. Yoi bro Silau men tuh lampu led honda
    Dan yg paling aneh bener setelan low beam seperti high beam. Pengalaman Beberapa kali papasan sama cb , vario( paling banyak ini).
    Bikin mata kunang”
    Mungkin high beamnya ke arah langit kali ya kaya lampu konser” dangdut gitu.
    Saya aja bingung kenapa juga pake warna putih
    Seperti tidak ada saja lampu led 3000-3500kelv.
    Hati hati buat yg lampunya nyilauin orng tar banyak disumpahin.

    Suka

  10. guoblok lu yang nulis blog, bilang aja lu nge Black Market Honda, Dapet duit dari Yamaha ya ? dasar orang kampung gabisa lihat kemajuan teknologi
    namanya LED ya terang, apa disuruh pakek lampu bohlam terus
    Dasar kampung goblok

    Suka

    • Nggak ada untungnya bela kesalahan Honda. Rugi dapat mesin suaranya kasar, bikin jengkel nyetel lampu saja susah. Lampu kalau ketinggian lihat jalan susah, bikin yang lain silau, aneh kalau dipuji.

      Bicara soal maju, harusnya yang maju bukan cuma teknologi yang diterapkan tapi juga cara implementasinya. lampu yang terlalu tinggi berarti risetnya kurang. Lampu LED yang dipakai juga masih kalah teknologi sama lampu ruangan misalnya LED philips.

      Suka

  11. Saya baru liat nih blognya, btw, saya pengguna motor CB150r streetfire, lampu motor udah sesuai sm tinggi motornya. Yang namanya lampu jauh bikin silau ya wajar karena namanya lampu jauh itu juga buat keamanan penguna. Lampu jarak dekat terang? Kalo malem lampu redup? Mau nabrak? Malah semakin bagus dong makin terang. Padahal sm CB maupun motor sejenis dari pesaing2 honda menggunakan lampu yg dengan Watt sama. Entah apa yg ada dipikiran anda bisa mempersalahkan dan membuat tulisan sprti ini? Karena saat di jalan papasan sama motor yg pake lampu jauh? Hahaha. It’s funny. Masalah pilihan motor apa motor apa, tiap orang punya pilihan masing2 mau beli motor apa, jd menurut sya sangat tidak bermutu tulisan anda. Kalau memang anda tidak suka pengendara itu pakai motor dengan lampu jauh, lebih baik anda langsung tegur orang tersebut hampiri motornya and case close. Ini cuma “masalah pribadi” yg nanti pada akhirnya bikin orang2 berdebat. So, THINK SMART bro sblm menulis.

    Suka

    • Problemnya bro, itu lampu DEKAT yang pancarannya ketinggian. Yang menyala cuma separuh saja. Namun yang separuh itu menyorotnya terlalu keatas. Mau lebih terang no problem, tapi kalau lampu dekat sampai menyorotnya terlalu keatas, maka bagi pemilik jalan jadi tidak terang dan bagi orang lain bikin silau, rugi bagi semua orang. Saat itu juga ada ratusan kendaraan, dan sorotan lampu DEKAT dari CB150r bikin silau di spion bahkan mulai dari jauh.

      Mau watt besar kalau arah lampu nggak fokus ya percuma.

      Salut sama bro lampunya sudah disesuaikan.

      Disukai oleh 1 orang

  12. Yang membuat saya prihatin pada kasus penilangan lampu LED CB150R adalah bahwa polisi tsb menilang karena lampu yg digunakan adalah lampu (warna) putih, bukan karena menyilaukan. Padahal lampu LED bisa diatur agar tidak menyilaukan dgn mengatur sudut sorotan, maupun intensitas cahayanya.
    Kedua, dikatakan bahwa polisi tersebut tidak percaya bahwa itu lampu standar pabrik.
    Ketiga, menerima salam tempel 100rb, ini berarti polisi bisa saja hanya memberikan peringatan dan penjelasan mengenai lampu itu, tanpa harus menilang, alias mengayomi.

    Kutipan: “..lampu putih tidak sesuai dengan undang-undang.”
    Padahal menurut undang-undang, lampu depan yang diperbolehkan adalah kuning muda dan putih.

    Polisi seharusnya memberi penjelasan mengenai SILAUnya, bukan mematok rata bahwa lampu depan tidak boleh PUTIH, dan mau percaya bahwa ini kenyataanya memang standar pabrik (jangan ngotot).

    Suka

    • Iya, sepertinya tidak ada konsistensi antara yang dilapangan sama yang mengecek kelayakan desain. Iya, putih memang diperbolehkan, namun sayangnya tidak ada batasan macam diluar negeri, sehingga jadi bisa rancu. Kalau di luar negeri tingkat warna dan tingkat kecerahan pun dibatasi. Kalau di Indonesia sepertinya cuma dibatasi terangnya saja, minim 12000 candela kalau tidak salah.

      Kalau di luar negeri ada pembatasan warna yaitu 4800 kelvin.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s