Sebelumnya penulis heran mengapa hasil uji dari Suzuki GSX-R150 cuma beda sedikit dengan rival:
Setelah penulis amati lagi, penulis menemukan beberapa kejanggalan kejanggalan di hasil uji tersebut. Kejanggalan ini membuat uji dari otomotifnet jadi terasa aneh.
Hasil uji otomotifnet adalah sebagai berikut:
Komparasi Akselerasi Suzuki GSX-R150 VS CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Cepat?
Kejanggalan yang penulis temukan:
Angka 0-100m tidak matching dengan angka 0-80km/jam
Coba lihat angka akselerasi 0-80km/jam. Bila kita jejerkan angkanya, berdasarkan urutan GSXR, CBR dan R15:
0-80kpj : 6,8 – 7,2 – 7,6
0-100m : 7,3 – 7,2 – 7,4
Bisa dilihat sendiri anehnya, mengapa kok di 0-80km/jam bisa lebih cepat tapi kok di 0-100m bisa lebih lambat? Angka dari CBR dibanding R15 sudah sama, angka GSXR yang beda sendiri.
Selisih angka 0-201m dan 0-402m aneh
Yang aneh juga adalah selisih angka akselerasi jarak. Dari yang penulis tahu, tenaga besar itu efeknya akan makin terasa kalau hambatan angin sudah mulai besar. Jadi di kecepatan tinggi, kendaraan dengan tenaga besar akan makin unggul. Tapi hasil uji otomotifnet itu aneh.
Dengan urutan yang sama:
0-201m : 11,2 – 11,3 – 11,5
0-402m : 18 – 18,1 – 18,5
201-402 : 6,8 – 6.8 – 7
Terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk akselerasi dari 201m ke 402m antara GSXR dan CBR150R sama. Apa itu artinya kalau sudah mencapai 100km/jam GSXR bakal nggak bisa meninggalkan CBR150R? Menurut penulis itu aneh karena harusnya di kecepatan itu hp lebih berpengaruh. Juga dari hasil dyno yang dimuat di otomotifnet sendiri menunjukkan tenaga GSXR150 7% lebih besar daripada CBR150R.
Kecepatan yang diraih pada 402m pun terlihat GSX-R150 lebih pelan daripada CBR150R. Padahal dengar dengar GSX-R150 dibilang lebih tinggi top speednya di sentul? Dengan meraih top speed lebih tinggi di sentul bukannya harusnya waktu 201 ke 402m juga lebih cepat? Harusnya kecepatan yang diraih saat mencapai 402m lebih cepat?
Update:
Pembaca ada yang memberi masukan bahwa perbedaan rasio gir, lalu jarak antara gigi berpengaruh. Jadi jarak di gigi rendah rapat, dan jarak gigi tinggi jauh. Menurut penulis ini berpengaruh bila powerband sama. Tapi dari data dyno, powerband GSXR jauh lebih lebar, jadi seandainya jarak di gigi tinggi itu jauh, drop tenaga nggak jauh jauh aman. Nanti penulis akan cari data rasio gigi motor yang diuji dan coba simulasi.
Selain itu, perlu dipertimbangkan juga apakah suzuki gsxr itu waktu shifting / pindah gigi lebih cepat atau lebih lambat dari cbr.
faktor overbore dan nearsquare berpengaruh gak om?
SukaSuka
Kalau lihat hasil dyno, dengan power band yang lebih lebar dari yang lain harusnya walau salah shifting sekalipun tidak akan sampai separah itu. Kecuali kalau ridernya menerapkan cara shifting untuk CBR ke GSXR.
SukaSuka
Jadi, sengajakah? #eh
SukaSuka
Padahal jika menilik pengaturan bukaan tutup katup R15 SOHC, harusnya tenaga diputaran bawah saat akselerasi lebih nampol ya om
http://bmspeed7.com/2017/01/30/perbandingan-spesifikasi-all-new-yamaha-r15-vs-suzuki-gsx-r150-vs-honda-cbr150r-k45g-mana-lebih-unggul/
SukaSuka
SOHC nya R15 4 valve, jadi mestinya tenaga di rpm bawah tidak sebagus yang SOHC 2 valve. Pernah saya bahas di artikel berikut
Jangan samakan SOHC 2 valve dengan SOHC 4 valve
SukaSuka
Ouh gitu ya om,jadi nambah ilmu nih..hehe
SukaSuka
sip
SukaSuka
Nanti suzuki harus bikin event gsx-r nantangin motor sport di indo macam event satria fu di tes dengam berbagai motor
SukaSuka
iya
SukaSuka
Iya aneh. Harusnya mah makin tinggi rpm, smkin jauh juga gap antara dohc overbore dengan dohc nearsquare (baca: overstroke), apalagi dg sohc overstroke..
SukaSuka
sip.
SukaSuka
ngga cma pengaruh so atau do sih bro, gear ratio gmn? kalo penerus dayanya payah ya sama aja…kejadian begini…
SukaSuka
Kalau berdasar data dyno on wheel otomotifnet.com, mestinya tetap GSXR yang lebih bertenaga. Nggak yakin gara gara gir rasio, karena reviewer saat pakai gsxr di sentul bilang akselerasi terasa paling kencang/enteng.
Komparasi Power di Atas Dyno GSX-R150 Versus CBR150R dan YZF-R15, Siapa Paling Besar?
SukaSuka
Tinggal mengubah2 parameter input saja, mudah memanipulasi outputnya. Kecuali mau dibuatkan laporannya secara ilmiah baru hasil itu bisa dipertanggung-jawabkan. Kasian konsumennya kalau di atas dyno menang telak, kalau di jalan malah jadi bulan2an.
SukaSuka
gear rasio ya jelas pengaruh,, karena menentukan kapan pindah giginya dan aksel tentunya
liat aja pada data 100 m, top speed gsxr lebih tinggi, tp waktu lebih lama
intinya apa? cbr finish duluan di 100m, tp gsx r mulai mengejar
lalu di 200m, gsxr yang tadi mengejar berhasil menyalip cbr,, terlihat dari top speed dan waktu yg lebih tinggi
dan di 400 m gimana?? waktunya lebih cepat gsxr, tp selisihnya sama, dan top speed lebih tinggi cbr. artinya? cbr yg ketinggalan di 200 m tadi berhasil menempel ketat, bahkan mulai mengejar lagi
yang perlu diperhatikan, capaian top speed 80kpj, 100kpj dst tidak linear dengan capaian 100m, 200m dst
lebih cepat mencapai 80kpj belum tentu lebih cepat mencapai 100m,, karena aksel motor itu tidak linear
kadang dia cepat kadang lambat, tergantung gear rasio
misal seperti ini, gear 1 dan 2 cbr rapat, namun gear 3 dan 4 renggang jadi ada rpm drop waktu pindah ke gear 4 sehingga aksel di 200m kalah, sementara gsxr ada gear yang renggang antara gear 4 dan 5, sehingga rpm drop jadi bisa ditempel kembali oleh cbr di 400m
SukaSuka
Entahlah, mencoba menghitung bingung juga. dari hitungan selisih waktu 0-100m gsxr kalah 0.1 detik, 100-201 menang 0.2 detik, 201-402 imbang.
Beda dengan data akselerasi CBR250RR, R25 dan ninja, dimana CBR selalu lebih cepat catatan waktunya baik untuk kecepatan ataupun jarak.
Komparasi CBR250RR vs R25 dan Ninja 250, Siapa Paling Bertenaga, Kencang, Irit dan Lengkap Fiturnya?
SukaSuka
karakter gear rasio fu fi adalah, gigi 1 panjang, gigi 123 rapat, gigi 4 agak renggang, lalu gigi 5 renggang dan bikin rpm agak drop, gigi 6 overdrive (hampir ga kepake)
sementara karakter gear rasio ncb gear 1234 sangat rapat dan pendek2, gear 56 agak renggang, tidak ada gear overdrive
kl gak salah, gear rasio dalam fu fi sama dengan gsxr, dan ncb sama dengan ncbr
jadi kl menyimpulkan, start di gear 1 cbr unggul, masuk gear 234 gsxr balik unggul, msuk gear 5 cbr unggul, cbr masuk gear 6 gsxr masih di gear 5 jadi gsxr balik unggul lagi (gear 5 gsxr bisa smpai 145kpj, gear 5 ncb hanya 124kpj, ncbr mungkin sedikit di atas itu – final drive ncb 15/46, ncbr 15/45)
SukaSuka
Mungkin juga. terima kasih infonya. Akan saya coba cari info rasio giginya untuk dibandingkan.
SukaSuka
Masih percaya statistik media otomotif?
Kalo ngga salah dulu pernah ada tes dyno yangmana hasilnya produk suatu brand lebih besar daripada brosurnya. Ngga lucu kan?
SukaSuka
Iya. Reputasi dan tipe dyno bengkel dynonya juga perlu dilihat juga.
SukaSuka
semoga media tersebut membuat sanggahan atas artikel ini.
SukaSuka
Akan lebih bagus kalau saat melakukan pengukuran di rekam dan di share. Jadi bisa tahu cara pengukurannya sehingga bisa tahu seberapa jauh akurasinya. Karena selama ini hasil pengukuran seperti ini dianggap 100% akurat.
SukaSuka
Berat pengendara apa juga berpengaruh ya? Padahal berat kosong GSX-R150 paling ringan lho…
SukaSuka
Berat pengendara katanya 63kg. Kalau ditotal berat gsxr, CBR & R15: 189kg, 198kg & 199kg. Berat GSXR masih 5% lebih ringan dari CBR.
Sekarang juga banyak yang share top speed GSX-R150 di sentul bisa mencapai 157km/jam pakai ban slick dan modif knalpot racing. Penasaran juga catatan waktu R15 dan CBR dengan modif yang sama berapa.
SukaDisukai oleh 1 orang
Kali ini analisanya kok one-sided view kangbro?
Seharusnya, jika memperhitungkan kurva tenaga-torsinya, ndak heran untuk jarak segitu nilainya ndak jauh beda. Otomotifnet setahu saya ngetes di sentul, dimana jarak lintasan lurusnya sekitar 820 meter…dan tepat sebelum titik pengereman optimum, top speed nyampe 147 kpj. Jadi unggul di lintasan panjang, kalau saja ada hasil dr 0-804 meter, rasanya opini saya valid kang.
SukaSuka
One sided ke sisi mana ya? Artikel ini membuat saya jadi bingung memutuskan perbandingan performa antara GSX-R150 dan CBR150R. Lihat dari 0-100km/jam, GSXR bisa meninggalkan CBR 0.5 detik. Lihat dari 0-201meter, GSXR cuma bisa meninggalkan CBR 0.1 detik. Beda itu menurut saya signifikan. Biasanya kalau lomba drag, yang 0-100km/jamnya tinggi yang lebih cepat waktunya.
Atau delay waktu terjadi karena shifting?
Akan lebih bagus bila otomotifnet bisa memberikan analisa mengapa 0-402m nya gsxr lambat. Semoga nanti bakalan ada yang coba sendiri di jalan. saat itu kita bisa tahu apa data otomotifnet itu matching atau tidak.
SukaSuka
nih bro, GSX di bandinginnya sama R15 v3.
GSX vs NMAX
R15 vs NMAX
memang ada yang aneh dengan hasil tes otomotif.net bro
SukaSuka
sip, terima kasih sharingnya.
SukaSuka
top speed beda jauh sm rival ibarat gsx pake mesin 175cc
SukaSuka
iya
SukaSuka