Perkembangan teknologi membuat munculnya banyak inovasi yang bisa membantu pengendara untuk bisa lebih mudah mengendalikan kendaraan, mengurangi kesalahan atau memperbaiki performa. Sebelumnya penulis sudah membahas bagaimana ABS bisa membantu mengatasi kesalahan ajaran pemakaian rem, bagaimana traction control mengatasi pemakaian throttle saat akselerasi, bagaimana riding mode dipakai membantu pengendara mengendalikan motor di kecepatan rendah, bagaimana slipper clutch membantu mengatasi kesalahan pemakaian throttle saat shift down
- Pakai ABS tidak menjamin jarak pengereman lebih pendek, Prioritaskan pakai rem depan itu bukan berarti mendahulukan rem depan, tekan lemah dulu sama saja bahayanya
- ABG yang bikin motornya liar susah dikendalikan itu tidak sadar bahwa motor motogp itu paling nggak jantan sedunia
- Menimbang perlunya riding mode di Honda CBR250RR dilihat dari sisi macet dan respon mesin
- Slipper Clutch di Yamaha R15 bisa mencegah newbie celaka dan tidak mengganggu fungsi engine brake
Ternyata, ada juga inovasi yang bisa membantu mengurangi kesalahan saat ganti gigi, namanya quick shifter. Dulu orang yang pakai motor laki itu dianggap gagah karena ada koplingnya. Sekarang trennya justru motor kencang itu harus dilengkapi dengan quickshifter:
[BIKEHOLIC] Real Man use manual Clutch
Berikut penjelasan fitur quickshifter pada beberapa pabrik motor, yang kebanyakan hanya diterapkan pada motor kencang saja:
BMW:
S 1000 XR – IT’S GOT EVERYTHING.
DYNAMIC PACKAGE
With the optional Dynamic package, you can make your S 1000 XR even sportier. The Shift Assistant Pro makes every gear shift faster and easier. The ABS Pro improves stability and guarantees braking safety − on bends or when leaning in. The LED turn indicators show everyone your sporty side.
Dikatakan bahwa opsi dynamic package memberikan fitur shift assistant pro yang gunanya untuk mempercepat dan mempermudah ganti gigi. ABS Pro meningkatkan stabilitas dan keamanan pengereman, ketika di tikungan atau miring. Lampu indikator LED katanya bikin sporty.
Kawasaki:
Kawasaki Technology
KQS (Kawasaki Quick Shifter)
Designed to help riders maximise their acceleration on the circuit by enabling clutchless upshifts with the throttle fully open, KQS detects that the shift lever has been actuated and sends a signal to the ECU to cut ignition so that the next gear can be engaged without having to use the clutch. For some models, when a race kit ECU is used, clutchless downshifts are also possible.
Dikatakan bahwa quickshifter kawasaki membuat akselerasi maksimal dengan memungkinkan pemindahan gigi lebih tinggi tanpa penggunaan kopling walau gas dibuka penuh. KQS akan mendeteksi gerakan tuas persneling dan mengirimkan sinyal ke ECU untuk menghentikan pengapian sehingga gigi bisa dipindah ke yang lebih tinggi tanpa pemakaian kopling. Model yang dilengkapi ECU race kit, pindah gigi lebih rendah tanpa kopling juga memungkinkan.
KTM:
KTM 1290 SUPER DUKE R 2017
QUICKSHIFTER +
Upon your request, the 1290 SUPER DUKE R can be equipped with a quickshifter + that allows slick, clutchless up- and downshifts under any load. It reads and responds to your riding, so the shift action is fast when you are, but buttery smooth at half-throttle. A sensor placed inside the engine housing detects the pressure on the gear shift lever rod when the rider upshifts and the system cuts the ignition instantaneously. As soon as the system detects the gear engagement it reapplies the injection and opens the butterfly valve, ensuring fast and smooth action at all throttle openings and engine speeds. When downshifting, the system matches the engine speed to the speed of the lower gear. And if you’re in the mood for a bit of old school, you can just switch the system off.
Dikatakan bahwa 1290 Super Duke R dapat dilengkapi dengan quickshifter + yang memungkinkan perpindahan gigi naik dan turun tanpa pakai kopling secara mulus dalam kondisi beban bagaimanapun. Alat akan membaca dan merespon gaya berkendara sehingga pemindahan gigi akan cepat saat dilakukan, dan akan sangat halus bila gas separuh. Sensor yang ditempatkan pada bagian dalam mesin mendeteksi tekanan pada tuas persneling ketika pengendara pindah gigi lebih tinggi, sistem akan memutus pengapian dengan segera. Saat sistem mendeteksi gigi sudah masuk, maka pengapian dinyalakan kembali dan valve butterfly dibuka lagi, sehingga memastikan perpindahan gigi cepat dan halus pada semua bukaan gas dan rpm. Ketika pindah gigi lebih rendah sistem akan menyamakan rpm mesin dengan yang di gigi lebih rendah. Dan jika masih ingin pakai ganti gigi model lama, sistem ini bisa dimatikan.
Suzuki:
NEXT GENERATION GSX-R1000 CONCEPT WORLD-BEATING PERFORMANCE. AGAIN.
Quick shift system
The GSX-R1000 Concept also has a new racing-type quick shift system. The quick shift system allows the rider to upshift and downshift, without using the clutch. The system automatically interrupts power just long enough—between 50 and 75 milliseconds, depending upon the sensitivity adjustment – to unload the transmission gear dogs and allow a clean upshift at full throttle, producing practically uninterrupted acceleration. For quicker and smoother downshifts without blipping the throttle grip or using the clutch, the system automatically opens the throttle valves just enough to increase RPM and match engine speed to the lower gear ratio.
Dikatakan bahwa sistem quickshift memungkinkan pengendara untuk ganti gigi lebih tinggi atau lebih rendah tanpa menggunakan kopling. Sistem akan secara otomatis menghentikan tenaga antara 50 sampai 75 milidetik tergantung pada setelan sistem, untuk mencegah beban pada transmisi dan menjamin perpindahan gigi lebih tinggi saat gas penuh secara bersih, memungkinkan akselerasi yang tanpa jeda. Untuk pemindahan gigi lebih rendah lebih lancar dan cepat tanpa penggunaan teknik throttle blip atau memaksakan pakai kopling, sistem akan secara otomatis mengatur bukaan gas sehingga bisa menyesuaikan rpm dengan kecepatan mesin di di gigi yang lebih rendah.
Nggak perduli bukan real man, yang penting fast man, fast.
perfect man use paddle shift
SukaSuka
ha ha iya, mirip.
SukaSuka
quickshifter?
secara visual dia motorsport
secara sensasi……. (jadi inget skutik)
SukaSuka
jgn ngaku rider profesional,, kl masih mendut2 wktu downshift,,,hhehe
SukaSuka
kebanyakan cari cara curang biar nggak kelihatan ndut ndutan waktu downshift, pakai setengah kopling :). Bilangnya hemat rem, tapi malah habisin kampas kopling yang harga penggantian jauh lebih mahal.
SukaSuka
yang penting kalo kecepatan berlebih jelang belokan masih bisa RWS, jadi aman. =)
SukaSuka
iya 🙂
SukaDisukai oleh 1 orang
sejauh ini cuma aprilia rs125/rs4 125 yg pake quickshifter di mocil (125 cc)
SukaDisukai oleh 1 orang
wah baru tahu, keren, makasih infonya
SukaSuka
Apapun kendaraannya saya anggap real man ..!
saya sendiri naik matic dan sport..
yang saya ragukan adalah biker yg kebanyakan ngeluh… bwahahahaha
SukaSuka
Iya, real man ditentukan dari ridernya :).
SukaSuka
real man minumnya real good! (lhooo….???)
SukaSuka
[…] Real man use manual clutch itu kuno sekarang jamannya fast man use quickshifter […]
SukaSuka
[…] Cara kerja quick shift bisa dibaca di artikel berikut: Real man use manual clutch itu kuno sekarang jamannya fast man use quickshifter […]
SukaSuka
real man ………..tidak cengeng
bwahahaha
SukaSuka
[…] Namun repotnya, quick shifter itu caranya kasar. Real man use manual clutch itu kuno sekarang jamannya fast man use quickshifter […]
SukaSuka
[…] penulis sudah membahasnya: – Real man use manual clutch itu kuno sekarang jamannya fast man use quickshifter – Motor sport jadi seperti bebek atau matik karena fitur riding mode atau quick shifter tapi […]
SukaSuka