Kemarin sore saat penulis pulang dari kantor, dari kaca spion penulis melihat kilasan lampu yang sangat terang dan menyilaukan. Diantara puluhan atau ratusan kendaraan baik mobil dan motor, cahaya itu terlihat sangat terang dan cukup membuat terkejut. Saat itu sudah mulai gelap sehingga banyak mobil yang sudah mulai menyalakan lampu, namun terangnya lampu mobil tetap masih kalah terang dengan sumber cahaya tersebut, lampu motor nggak ada apa – apanya dari lampu menyilaukan tersebut.
Karena penasaran, maka penulis coba mencari tahu kendaraan apa yang lampunya menyilaukan tersebut. Dan setelah kendaraannya dekat ternyata itu adalah Honda new CB150R yang sudah pakai lampu depan dari LED. Kepada pengendaranya penulis menyarankan agar pakai lampu dekat saja, tapi ternyata itu sudah lampu dekat! Itu jelas ngaco.
Kalau ada yang bilang bahwa pemakaian lampu LED sudah dipikirkan matang matang oleh Honda, kasus tersebut menunjukkan bahwa itu omong kosong. Seharusnya dengan sudah diperhitungkannya roda, suspensi dan perangkat lainnya, sudah bisa juga diperhitungkan posisi ketinggian lampu maksimum pada segala kondisi. Jadi harusnya setelan nggak pas sekalipun nggak sampai terjadi lampu dekat menyorot keatas. Namun nyatanya itu yang terjadi. Dalam kondisi lampu dekat sampai bikin silau jelas penerangan malam hari juga tidak maksimal. Lampu jauh bisa jadi menyorotkan ke atas pohon.
Lepas dari desain yang ngaco, ini juga menunjukkan betapa lemahnya kontrol kualitas Honda. Kalau di Suzuki, penulis ketahui bahwa setiap motor akan dikirim atau diservis akan dilakukan pengecekan semua fungsi, mulai dari rantai, tekanan ban dan termasuk juga ketinggian lampu. Jadi seandainya desainnya ngaco tapi pengecekan dilakukan dengan benar maka lampu dekat nggak akan sampai bikin silau. Sampai bisa terjadi motor di tangan konsumen dalam kondisi lampu dekat menyorotnya terlalu tinggi itu adalah bukti lemahnya kontrol kualitas Honda, atau mungkin lebih tepatnya Astra Honda Motor. Standar mutunya kurang.
Seandainya kasus ini terjadi cuma satu atau dua kali masih bisa dimaklumi, tapi masalahnya ini termasuk sering terjadi. Bahkan sampai motor yang diterima blogger pun setelan lampunya ngawur.
Ngetes kekuatan lampu LED Honda new CB150R….monggo intip video terlampir !! October 13, 2015
Selain itu posisi default LED bawaan pabrikan IMHO terlalu dongak keatas. Mencoba mencari-cari posisi penyetelan juga belum nemu. Mungkin masukan buat pabrikan…tidak hanya Honda, IMHO semuanya….mungkin desain headlamp LED kedepan diperhatikan soal adjustment panel supaya diletakan diposisi yang gampang diraih. Kayak headlamp model bohlam yang hanya diberikan baut kiri kanan misalnya (tipe sport).
Bila lampu dekat saja sampai bikin silau maka tidak perlu heran bila polisi sampai menilang.
Waduh !! Lampu LED di tilang polisi? January 11, 2016
Hello sobat semua, dimanapun anda berada. Kaget mendengar dari salah seorang di forum group FB yang menceritakan bahwa temanya membeli honda CB150R terbaru yang lampu utamanya sudah LED melakukan perjalanan sampai cirebon di tilang polisi dengan alasan lampu putih tidak sesuai dengan undang-undang.
Kejadian ini bikin mengerutkan dahi saja karena memang aslinya itu lampu bawaan dari pabrik aslinya seperti itu kok masih saja di tilang, apakah polisi tidak tahu akan hal ini atau memang kurang update. entahlah dan lagi-lagi polisi cirebon yang terkenal dengan main tilang saja seperti kasus yang dahulu karena lampu yamaha R15 yang menyala cuma 1 di tilang padahal itu juga bawaan dari pabriknya.
Kalau ada yang bilang itu lucu atau menganggap polisinya kurang informasi, bagi saya itu enggak. Karena jelas waktu saya mengalami sendiri lewat kaca spion saja sudah begitu menyilaukannya, tidak bisa membayangkan jika mengalami itu pas lagi berpapasan di jalan kecil yang banyak halangannya. Sudah pantas polisi menilang motor yang seperti itu. Yang salah bukan LEDnya, tapi setelannya. Kalau setelannya benar maka lampu tidak akan menyilaukan. Namun repotnya setelan dari Honda ngawur dan tidak sesuai dengan aturan keselamatan.
Polisi nggak perduli itu asli dari pabrik atau tidak, karena jelas itu membahayakan pengendara lain maka tentu wajib ditilang. Justru aneh kalau ada kasus lampu menyilaukan seperti itu terus dibiarkan hanya dengan alasan sudah bawaan dari pabrik. Pengendara seharusnya juga sudah bisa tahu sendiri seandainya lampunya ketinggian. Apa ya enak kalau pakai motor lampunya ketinggian? Lampu ketinggian nggak nambah keren tapi bikin dimaki orang.
Tentunya bro semua juga tidak ingin membahayakan keselamatan orang lain juga. Jadi bagi pemilik Honda new CB150R yang sudah pakai Lampu depan LED, segera sesuaikan ketinggian lampu depan karena sepertinya besar kemungkinan ketinggiannya disetel ngawur oleh Honda. Caranya bisa dibaca di artikel berikut:
Senin,21 Des 2015 09:59 WIB, Setting Sendiri Ketinggian Sorot Lampu All New Honda CB150R, Mudah!
DIY: Setel Ketinggian Sorot Lampu Depan Honda New CB150R – Ternyata Gampang! 05/12/2015
salahkan pabriknya
http://orongorong.com/2016/02/19/wow-yamaha-yzf-r15-baru-akan-berkapsitas-155cc/
SukaSuka
ngga cuma kelas sport honda, varian matic honda khususnya vario series. Lampunya silau abis..bukan mau ngejelekin yaa tapi itu menurut pandangan ane kalo berpapasan sama itu motor
SukaSuka
Iya khususnya vario 110 yang LED. tapi dibanding dengan yang saya lihat sendiri masih jauh bedanya. Saat itu ada beberapa vario juga tapi silaunya masih kalau jauh dengan yang punya CB150R.
SukaSuka
Didaerah ane jarang lihat cb150r 😀 langka bgt ini motor
SukaSuka
Lah…baru ngeh ya om…kalo ahm itu pabrikan ngawur…sing penting laris..dibikin jelek aza laris ngapain bikin bagus..ntar profitnya sedikit…lednya dibikin dongak aza pd beli..perkara ditilang resiko sendiri…makan tuh merk!jleb..!
SukaSuka
Menurut saya, lampunya tidak menyilaukan. Saya sering kok berpapasan dengan Vario Techno 125 & 150 yang LED, Vario 110, New CB150R dan Sonic 150. Malah keliatan ngepas banget.
SukaSuka
Kalau yang setelannya benar ya nggak silau. Mungkin dealer di sekitar termasuk yang standarnya bagus. Kalau kelihatan ngepas, tinggal dilihat kalau nanti semua motor sudah pakai LED. Karena bisa jadi saat itu yang pakai bolam yang kelihatan sip.
SukaSuka
Sy juga sering papasan sm mtr2 tsb diatas… ga silau kok, krn sy merem…
Wakakkakaka
SukaSuka
cb sama sonic sih menurut saya, yg vario ga sebanyak cb dan sonic, kalo pngalaman saya dari 6 cb, cuma 1 yg adem, yg lain sudah seperti hi beam. karena lampu led antara low beam sma hi beam beda nyalanya jd keliatan bget mana yg silau hi beam mana yg silau karna setelannya ngaco 😀
SukaSuka
Setuju, yang vario lebih sedikit yang ngaco.
SukaSuka
Sebetulnya semacam itu terlalu subjektif untuk dibilang ‘kurang kontrol produksi’, bahkan imho pernyataan tersebut termasuk tuduhan yang sifatnya menjelekkan nama baik. Kejadian seperti itu kemungkinan hanya masalah settingan saja, bisa adjust sesuai kebutuhan. Bagi mereka yang memang punya unsur ‘kepentingan golongan’ , sangat mudah share artikel offensive seperti ini. Saya tidak bermaksud membela merk terkait. Kalau nanti ada iklan motor ahm di blog ini, apakah bapak bersedia menghapus artikel yang berbau black campaign seperti ini???
SukaSuka
Yang saya ungkap kenyataan. Karena saya merasa terganggu dengan hal itu, dan saya merasa itu juga mengganggu / membahayakan yang lain juga. Ini adalah masalah yang harus ditangani. Ini bukan sesuatu yang harus ditutup-tutupi.
Ini bukan black campaign karena artikel ini bukan ditujukan ke salesnya Yamaha atau Suzuki tapi langsung ke Honda. Besar harapan saya Honda mau menangani masalah ini. Dan paling tidak pemakai motor Honda jadi tahu bahwa setelan lampu ketinggian itu membahyakan yang lain atau paling tidak resiko ditilang polisi sehingga berusaha memperbaiki. Nggak bisa pakai alasan “ini sudah bawaan dari pabrik”, karena alasan itu bisa tidak digubris oleh polisi. Polisi akan mengira setelan sengaja ditengadahkan oleh pemilik untuk gaya gayaan.
Kenyataannya banyak terjadi setelan lampu terlalu tinggi. Memang ini cuma masalah setingan saja. Namun polisi bila menilang akan menyalahkan pemilik. Tentunya pemilik berharap motor setelannya benar saat diterima.
Tanggung jawab setelan harusnya di pabrik. Dealer yang jual paling tidak juga mestinya melakukan pengecekan ulang. Kalau lolos dua duanya berarti ada kesalahan di kontrol kualitas.
Menurut bro, siapa yang salah?
SukaSuka
Sudah tau standard jarak sorot lampu sepeda motor?
SukaSuka
Di undang undang tidak ada pembatasan ketinggian lampu sorot:
Lampu sorot projie di spion atau rem silau bikin celaka dapat warning keras dari supir truk
Yang ada adalah aturan untuk tidak menyilaukan pengendara lain, pasal 34 dari PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 55 TAHUN 2012 TENTANG KENDARAAN
ayat
Dan menurut saya lampu CB tersebut sangat menyilaukan.
SukaSuka
Di bdg juga sama, motor honda yg pake Led rata2 pada dangak alias nembak ke atas lampu dekatnya.
SukaSuka
wah kontrol kualitas Honda memang perlu dipertanyakan, terima kasih infonya.
SukaSuka
Gw jg pny pnglaman kurang enk dgn produk honda khususnya honda beat milik istri karena stlh deal beli, trnyta wktu tes drive settingan lampunya terlalu tinggi pdhl bkn high beam..
Dgn trpksa gw bw ke bengkel ahass buat setting ulang lampu ini di servis pertama.
QC honda mnrt gw itu paling jelek dibanding merk jepang lain..
SukaSuka
Terima kasih infonya. Semoga langkah bro bis ditiru oleh yang lain, mengingatkan mekanik servis untuk mengkoreksi ketinggian lampu depan. Sayang juga karena servis pertama Honda sepertinya tidak mengikutkan pengecekan ketinggian lampu.
SukaSuka
Ah masak… kok jadi jelek2in Honda, bisa gak jelaskan yg dimaksud qc-nya, soalnya saya punya beberapa motor honda, dan saya beli lagi yg honda karena kualitasnya menurut saya paling bagus kok, maaf ya, matic vario cw saya produk tahun 1998 sampai sekarang gak turun speednya, kalau pakai gps bisa sampai 96 kpj, masih standar, gak pakai dikorek, di oprek, atau dipasangin komponen racing.., yg scoopy juga enak dipakai buat harian, gak ada komplain… lagi nabung buat beli vario 125-esp-iss-cbs-fi-dll he he he
SukaSuka
Honda kalau buatan thailand oke banget, disana terkenal motor yang bandel dan awet. Kalau buatan AHM beda lagi. Kualitas memang dibilang sendiri tidak pantas untuk ekspor.
Kalau mau awet, motor Honda jangan dimodif, karena kompresi tinggi kalau dimodif mesin bisa gampang hancur:
mesin rusak atau stang patah bukan karena kualitas bahan kurang tapi bisa karena pemakai tidak tahu pentingnya oktan dan resiko modif knalpot, pengapian dan filter udara 10 Juli 2016
Oli juga jangan pakai oli resmi Honda tapi pakai oli yang kualitasnya memenuhi standar. Suara jadi halus dan tarikan jadi lebih enteng.
Berikut rider rider yang motor Hondanya jadi kasar setelah servis pertama yang kemungkinan karena kualitas oli resmi Honda dibawah standar 10 Juli 2016
SukaSuka
untung motornya ga terlalu laku….bayangkan kalau populasinya sebanyak vixion….jalan raya bakal perang lampu high beam. hehehhe
SukaSuka
Iya, disangka yang lain si CB pakai highbeam, padahal cuma low beam yang setelannya nggak bener.
SukaSuka
honda itu kalau buat motor suka ngawur..
karena mindset honda dah tertanam dijiwa bapak2 Indonesia..
mau apapun kualitas motor honda tetep aja dibilang bagus.
makanya buat motor seadanya..kan tetep laku.
SukaSuka
Maaf sebelumnya bukan niatan untuk membela tapi,mas ini kan orang awam semua kendaraan yg di keluarkan dari pabrik itu sudah di tes tingkat kenyaman dan keamanannya pengemudi dengan pengendara lain. Kalo mas tidak tahu apa” jangan mengolok” perusahaan ternama. Memangnya engga punya kekurangan? Udah merasa perfect? Engga kan?
SukaSuka
Karena sudah terbukti banyak lampu Honda yang ketinggian, maka terbukti produk Honda kurang kontrol. Kalau memang kontrolnya ketat, mengapa kok bisa terjadi setelan lampu terlalu tinggi. Bisa jadi ketinggian lampu tidak termasuk check list pengecekan akhir. Sangat disayangkan karena dengan sistem yang sudah canggih tapi banyak hal yang kelolosan.
Kekurangan itu wajar, tapi mestinya segera dibenahi.
Saya buat ini bukan hanya untuk mengingatkan pabriknya tapi juga untuk pengguna agar segera mengecekkan motornya sendiri.
Kalau tidak disosialisasikan yang kasihan penggunanya. Apa kalau dirahasiakan akan menguntungkan bagi konsumen motor Honda? Saya rasa justru sebaliknya.
SukaSuka
Intinya ga usah nyalahin siapa2 klo udh ad undang2nya ya tandanya polisinya ngaco
SukaSuka
Yoi bro Silau men tuh lampu led honda
Dan yg paling aneh bener setelan low beam seperti high beam. Pengalaman Beberapa kali papasan sama cb , vario( paling banyak ini).
Bikin mata kunang”
Mungkin high beamnya ke arah langit kali ya kaya lampu konser” dangdut gitu.
Saya aja bingung kenapa juga pake warna putih
Seperti tidak ada saja lampu led 3000-3500kelv.
Hati hati buat yg lampunya nyilauin orng tar banyak disumpahin.
SukaSuka
guoblok lu yang nulis blog, bilang aja lu nge Black Market Honda, Dapet duit dari Yamaha ya ? dasar orang kampung gabisa lihat kemajuan teknologi
namanya LED ya terang, apa disuruh pakek lampu bohlam terus
Dasar kampung goblok
SukaSuka
Nggak ada untungnya bela kesalahan Honda. Rugi dapat mesin suaranya kasar, bikin jengkel nyetel lampu saja susah. Lampu kalau ketinggian lihat jalan susah, bikin yang lain silau, aneh kalau dipuji.
Bicara soal maju, harusnya yang maju bukan cuma teknologi yang diterapkan tapi juga cara implementasinya. lampu yang terlalu tinggi berarti risetnya kurang. Lampu LED yang dipakai juga masih kalah teknologi sama lampu ruangan misalnya LED philips.
SukaSuka
anda sales kampungan ber IQ rendah,,
gk mau mngakui kl QC Dealer honda itu buruk?
saya punya verza,varioLED dan beat karbu,,
yg verza dan beat ndongak semua,,
saya harus setel sendiri,,males lihat mekanik ahass,,
oli jg dari baru lngsung gnti fastron,,
oli standart honda aq tuang di motor RC100 buat kesawah.
SukaDisukai oleh 1 orang
wah, merata ya.
SukaSuka
Saya baru liat nih blognya, btw, saya pengguna motor CB150r streetfire, lampu motor udah sesuai sm tinggi motornya. Yang namanya lampu jauh bikin silau ya wajar karena namanya lampu jauh itu juga buat keamanan penguna. Lampu jarak dekat terang? Kalo malem lampu redup? Mau nabrak? Malah semakin bagus dong makin terang. Padahal sm CB maupun motor sejenis dari pesaing2 honda menggunakan lampu yg dengan Watt sama. Entah apa yg ada dipikiran anda bisa mempersalahkan dan membuat tulisan sprti ini? Karena saat di jalan papasan sama motor yg pake lampu jauh? Hahaha. It’s funny. Masalah pilihan motor apa motor apa, tiap orang punya pilihan masing2 mau beli motor apa, jd menurut sya sangat tidak bermutu tulisan anda. Kalau memang anda tidak suka pengendara itu pakai motor dengan lampu jauh, lebih baik anda langsung tegur orang tersebut hampiri motornya and case close. Ini cuma “masalah pribadi” yg nanti pada akhirnya bikin orang2 berdebat. So, THINK SMART bro sblm menulis.
SukaSuka
Problemnya bro, itu lampu DEKAT yang pancarannya ketinggian. Yang menyala cuma separuh saja. Namun yang separuh itu menyorotnya terlalu keatas. Mau lebih terang no problem, tapi kalau lampu dekat sampai menyorotnya terlalu keatas, maka bagi pemilik jalan jadi tidak terang dan bagi orang lain bikin silau, rugi bagi semua orang. Saat itu juga ada ratusan kendaraan, dan sorotan lampu DEKAT dari CB150r bikin silau di spion bahkan mulai dari jauh.
Mau watt besar kalau arah lampu nggak fokus ya percuma.
Salut sama bro lampunya sudah disesuaikan.
SukaDisukai oleh 1 orang
bubarrrr bubarrrr ribut” aja, ada setelan sorotanya kok di bawah headlamp
SukaSuka
Iya, tinggal disetel.
SukaSuka
[…] penulis sudah mengulas ini dari sisi pemakaian (situasi malam/hujan), kenyamanan (mata), dan gangguan terhadap pengendara lain. Dari sisi tersebut lampu led tidak lebih bagus dari lampu […]
SukaSuka
Yang membuat saya prihatin pada kasus penilangan lampu LED CB150R adalah bahwa polisi tsb menilang karena lampu yg digunakan adalah lampu (warna) putih, bukan karena menyilaukan. Padahal lampu LED bisa diatur agar tidak menyilaukan dgn mengatur sudut sorotan, maupun intensitas cahayanya.
Kedua, dikatakan bahwa polisi tersebut tidak percaya bahwa itu lampu standar pabrik.
Ketiga, menerima salam tempel 100rb, ini berarti polisi bisa saja hanya memberikan peringatan dan penjelasan mengenai lampu itu, tanpa harus menilang, alias mengayomi.
Kutipan: “..lampu putih tidak sesuai dengan undang-undang.”
Padahal menurut undang-undang, lampu depan yang diperbolehkan adalah kuning muda dan putih.
Polisi seharusnya memberi penjelasan mengenai SILAUnya, bukan mematok rata bahwa lampu depan tidak boleh PUTIH, dan mau percaya bahwa ini kenyataanya memang standar pabrik (jangan ngotot).
SukaSuka
Iya, sepertinya tidak ada konsistensi antara yang dilapangan sama yang mengecek kelayakan desain. Iya, putih memang diperbolehkan, namun sayangnya tidak ada batasan macam diluar negeri, sehingga jadi bisa rancu. Kalau di luar negeri tingkat warna dan tingkat kecerahan pun dibatasi. Kalau di Indonesia sepertinya cuma dibatasi terangnya saja, minim 12000 candela kalau tidak salah.
Kalau di luar negeri ada pembatasan warna yaitu 4800 kelvin.
SukaSuka
[…] Lampu depan LED CB150R sangat pantas ditilang polisi […]
SukaSuka
Klo menurut saya kita di jalan ITU ga sendirian ada hak pengguna Jalan lain yang wajib kita toleransi jangan egois , tetap tertib Dan sopan lalulintas
SukaSuka
setuju.
SukaSuka
[…] Lampu depan LED CB150R sangat pantas ditilang polisi […]
SukaSuka
[…] soal lampu. Banyak motor Honda yang setelan lampu depan terlalu tinggi saat motor diterima konsumen. Pemilik mungkin tidak terlalu merasakan. Yang kena getahnya adalah pemakai jalan lain. Menurut […]
SukaSuka
motor cb150 yg lampunya udah led bentuknya jelek maaf kaya motor cina merk puuullar.hehehe
SukaSuka
Beliau ngatain engineer AHM ngawur,mungkin beliau mbahnya engineer AHM,semua setelan lampu itu sudah pasti lolos Pre Delivery Inspection,kalau toh memang sorotnya terlalu tinggi bisa jadi :
1.as skok depan ditinggikan
2.posisi prolink skok belakang dirubah (jadi
lebih soft),jadi
ketika motor dipakai boncengan posisi motor pun akan dongak keatas pada bagian depan karena beban dibelakang yg berlebih,
3.dudukan lampu yg sudah rusak/aus (misal motor yg habis kecelakaan)
Jadi ada beberapa faktor yg bisa menyebabkan hal itu terjadi,AHM udah riset berkali-kali sebelum motor itu dilaunching,kalau beliau ngatain engineer AHM ngawur,mungkin beliau perlu dipertimbangkan buat jadi Research and Development divison di AHM,nanti kalau salah desain tinggal kita katain balik beliau yg ngawur…salam satu hati,
SukaSuka
Sebelum menuduh hal tersebut terjadi karena motornya dimodif, sebaiknya coba ditanyakan langsung ke yang beli dan punya sendiri CB150R sejak masih baru. Beneran sorot lampunya ketinggian tidak?
Kalau dari yang saya tahu dan tanya sendiri, jawabannya adalah iya ketinggian.
SukaSuka