Pakai minyak goreng di oli mesin tidak membuat mesin kotor, malah bersih


Kembali ada bukti bahwa menggunakan minyak goreng di oli mesin bisa membantu dalaman mesin tetap bersih. Kali ini dari dua orang, yaitu dari bro Avika Dias Saputra di mesin GSX-150 Bandit yang sudah berumur 32 ribu km, oli mesin Total, minyak goreng Sunco dan Bimoli:

Berikutnya bro Iwan Probo, oli mesin Meditran SX dan minyak goreng tropical:

Berikut dalaman mobil penulis diintip dari tempat isi oli. Ayla 3 silinder 2014 akhir. Oli bawaan dipakai sampai 12 ribu km, lalu ganti oli Fatron Techno 15W50 sampai sekarang mendekati 20 ribu km. Minyak goreng Tropical, sekitar 5-10%:

Itu warna oli sudah kelihatan gelap. Tapi ketika dipakai suara mesin masih sangat halus. Jadi film strength masih mencukupi.

Sebagai perbandingan, berikut dalaman mobil Agya 2014 Achmad Subechi, hampir 100 ribu km. Tidak pakai minyak goreng, tidak pernah engine flush:

Sebelumnya bro Arieftc Gorib sudah pernah sharing hasil yang sama juga, mesin bersih:
Testimoni dari yang pakai minyak goreng sebagai aditif oli mesin sangat positif

Ini dalaman Kymco Grand Dink punya Arief TC Ghorib

Baik secara teori dan fakta, terbukti pakai minyak goreng bisa bikin mesin bersih. Tentu dengan syarat kondisi oli harus tetap diperhatikan. Jangan sampai telat. Kalau telat, walau oli full sintetik PAO pun ya bakal meninggalkan kerak!

Contoh mesin yang berkerak sharingan Achmad Subechi:

Berikut pakai oli layak pakai, tanpa minyak goreng tapi tak pernah engine flush.

Bro Avika share kondisi piston dan silindernya juga:

14 respons untuk ‘Pakai minyak goreng di oli mesin tidak membuat mesin kotor, malah bersih

  1. Om mau tanya misal oli full sintetik ato semi sintetik macam motul 7100 ato 5100 d campur minyak goreng bisa gak utk penggunaan d motor matic?kalo bisa takarannya brp2 ya?

    Suka

    • Bisa saja, namun rasanya rugi. Karena bila sudah campur minyak goreng, tidak perlu esternya lagi. Saya rasa oli motul itu terlalu mahal untuk kualitas olinya. Belum lagi sekarang banyak palsunya. Soalnya ngeri juga lihat yang hargnya 350 ribu tapi nomor batchnya sama semua:

      Suka

  2. apakah mesin sport kopling manual punya suzuki clan gsx series yang menggunakan bearing tambahan pada bagian sisi kanan sebagai “penyangga/penyeimbang” dari mangkok dan perangkat koplingnya ketika bergasing kencang?

    pantes saja mesin suzuki clan ini sangat minim vibrasi kalo begitu. lagi2 suzuki selalu selangkah di depan dlm membangun kontruksi mesin.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Mau tanya lagi mas, saya gunakan shell AX7 10w 40 utk inazuma selama 7 tahun ini, perlukah ditambah bimoli.?
    Memang setelah pemakaian 800-900km mesin menjadi kasar dan getaran cukup mengganggu bikin tangan cepat kesemutan.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.